9 Kesalahan yang Membuat Ketombe Makin Parah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 21 November 2023 00:29
9 Kesalahan yang Membuat Ketombe Makin Parah
Di anatar kesalahan tersebut adalah keramas dengan air panas, menggunakan suhu tinggi untuk mengeringkan rambut, terlalu sering keramas hingga jarang keramas.

Ketombe merupakan permasalahan yang dialami banyak orang dan tentunya bikin frustasi. Untuk menghilangkannya, kamu butuh perawatan khusus dan menghindari kesalahan yang membuat ketombe justru makin parah.

Keberadaan ketombe di kulit kepala  membentuk persepsi orang tentang kebersihan diri. Dikira jorok lah, atau jarang keramas. Padahal nih sampai saat ini belum diketahui mengapa ketombe bisa muncul di kulit kepala.

Yang bisa kamu lakukan adalah melakukan perawatan untuk menghilangkan ketombe dan juga menghindari hal-hal yang bikin ketombe makin parah.

Apa saja?

 

1 dari 4 halaman

Kesalahan yang Bikin Ketombe Makin Parah © Diadona

Keramas Menggunakan Air Panas

Emang sih, keramas pakai air panas tuh bikin tenang apalagi saat suhu udara sedang dingin. Namun, air panas bisa merusak kulit kepala kamu lho. 

Keramas memakai air panas tuh bisa bikin kelembaban rambut kamu hilang dan juga bikin akar rambut kamu semakin lemah. Nah, ketombe bisa makin parah kalau kulit rambut kamu kering dan teriritasi.

Menggosok Terlalu Keras

Kesalahan yang bikin ketombe makin parah selanjutnya adalah menggosok rambut terlalu keras ketika keramas. 

Bukannya hilang, kulit rambut kamu malah makin sakit dan terjadi pendarahan. Akibatnya, kulit kepala kamu rentan terhadap infeksi. Nah, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan sampo dan memijatnya perlahan hingga ke akar.

 

2 dari 4 halaman

Kesalahan yang Bikin Ketombe Makin Parah © Diadona

Menggunakan Suhu yang Terlalu Panas saat Mengeringkan Rambut

Sering terjadi pas kamu lagi buru-buru nih. Biasanya kalau udah kamu udah terlambat, kamu bakal menggunakan hair dryer pada tingkat paling panas untuk mempercepat pengeringan rambut. Padahal, suhu yang panas ini justru bisa bikin kulit kepalamu kering, berpotensi merusak lapisan luar kulit kepala dan merupakan kesalahan yang membuat ketombe makin parah.

Ada baiknya gunakan suhu yang lebih rendah dan nyaman di tangan kamu. Hindari penggunaan hair dryer pada satu titik di kulit kepala.

Jarang Keramas

Mager keramas bisa bikin ketombe kamu makin parah lho. Saat kamu jarang keramas, rambut kamu akan lebih berminyak dan berakibat serpihan ketombe lebih banyak. Oleh karena itu, salah satu kunci untuk mengurangi ketombe adalah dengan keramas secara teratur.

3 dari 4 halaman

Kesalahan yang Bikin Ketombe Makin Parah © Diadona

Terlalu Banyak Menggunakan Produk Rambut

Beberapa orang berusaha melengkapi hair care mereka untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, kamu perlu tahu nih kalau terlalu banyak produk rambut juga nggak baik. Terutama produk-produk yang fungsinya untuk menambah aroma rambut dan menjaga tatanan rambut. 

Penggunaan produk rambut yang terlalu banyak bahan kimia justru dapat merusak kulit kepala dan folikel rambut.

Pola Makan Tidak Sehat

Eits, pola makan tuh berpengaruh ke berbagai sistem di tubuh kamu termasuk permasalahan ketombe ini. Terlalu banyak mengonsumsi makanan instan dan junk food bisa bikin peradangan kemudian memperparah ketombe di kulit kepala. Jadi jangan lupa yah penuhi asupan sayur segar dan buah-buahan dalam makananmu sehari-hari.

Terlalu Sering Keramas

Nah lho, jarang keramas aja udah salah, sekarang terlalu sering keramas juga salah? Perlu kamu ingat nih Diazens, kalau sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tuh juga nggak baik. 

Mungkin kamu berpikir semakin sering keramas maka ketombe akan hilang. Nyatanya, mencuci rambut setiap hari bakal menghilangkan minyak rambut alami yang menjaga kulit kepala. 

Idealnya, kamu melakukan keramas setiap dua hingga tiga hari sekali biar nggak terlalu sering ataupun jarang.

 

4 dari 4 halaman

Kesalahan yang Bikin Ketombe Makin Parah © Diadona

Stres

Kamu udah menerapkan banyak cara untuk mengurangi ketombe di kulit kepala, tetapi kalau kamu masih aja stres hasilnya bakal sama aja. Bahkan, stres berkepanjangan bisa memperparah ketombe karena melemahnya imun tubuh.

Solusinya adalah kamu bisa melakukan relaksasi, berolahraga, pergi bersama orang tersayang, dan melakukan aktivitas yang kamu suka.

Keramas Terlalu Cepat

Buru-buru saat keramas bisa bikin kamu jadi kurang bersih pas membilas kulit kepala dan rambut. Akibatnya, ketombe di kulit rambut makin banyak dan parah.

Kamu juga perlu menghilangkan kebiasaan menggosok rambut terlalu keras saat mengeringkan rambut agar kulit kepala kamu nggak mengelupas dan ketombe makin banyak.

Well, kalau kamu merasa seluruh kebiasaan di atas udah kamu tinggalkan tetapi ketombe ini nggak hilang-hilang dan malah makin parah, kamu bisa pergi ke dokter untuk memeriksakannya ya!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar