Wanita Pakai Sabun Cuci Muka Khusus Pria, Apa Jadinya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 5 Maret 2021 12:25
Wanita Pakai Sabun Cuci Muka Khusus Pria, Apa Jadinya?
Ternyata begini fakta pemakaian sabun muka khusus pria.

Sabun muka atau face wash merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Sebagai wanita, ada berbagai produk dengan kandungan berbeda yang dapat di pilih.

Namun ada juga nih face wash yang dikhususkan untuk pria, perbedaan antara produk perawatan pria dan wanita ini kerap kali disebut hanya strategi marketing. Padahal nggak juga lho, ada perbedaan antara produk pria dan wanita.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Cuci Muka © Diadona

Dilansir dari TimesofIndia.com, menurut ahli dermatologi Dr Geeta Oberoi, struktur kulit pria berbeda dengan wanita. Faktor hormon lah yang paling memengaruhi kondisi kulit pria dan wanita.

" Biasanya, kulit pria 20 sampai 30 persen lebih tebal, sehingga teksturnya lebih kencang dan daya serapnya terhadap air juga lebih tinggi," ujarnya.


Karena kulit yang lebih tebal, terdapat ketahanan yang lebih pada proses pengelupasan kulit. Karena itulah kebanyakan perawatan kulit untuk pria, seperti sabun buka atau scrub memiliki butiran yang lebih kasar.

2 dari 2 halaman

7 Rekomendasi Face Wash yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat © Diadona

Begitu juga pelembap, umumnya diformulasi dengan tekstur yang lebih ringan dan bebas minyak. Mengingat faktor hormon membuat kulit sebagian besar pria cenderung berminyak.

Ketika wanita menggunakan produk pria, efek yang ditimbulkan pada wajah umumnya tidak telalu signifikan. Namun jika terus menerus digunakan, hal ini beresiko merusak kulit wanita yang umumnya cenderung lebih tipis dan halus.

Pemakaian jangka panjang dapat berpotensi merusak kulit, mulai dari kulit kering hingga iritasi. Memakai produk yang tidak tepat juga bisa mempercepat timbulnya kerutan pada wajah.

Nah jadi sebaiknya tak menggunakan kulit wanita tak menggunakan produk face wash pria dalam jangka waktu panjang ya, guys.

Beri Komentar