Ini Bahaya Gelombang Sinar UV untuk Kulit - Buat Kamu Gak akan Lupa Pakai Sunscreen!

Reporter : Diba
Kamis, 27 Juli 2023 15:00
Ini Bahaya Gelombang Sinar UV untuk Kulit - Buat Kamu Gak akan Lupa Pakai Sunscreen!
Radiasi sinar UV bisa bahaya untuk kulit kamu, berikut penjelasannya!

Sinar matahari memang memiliki peran penting berjalannya semua kehidupan di alam semesta. Tapi tahukah kamu bahwa sinar matahari juga membawa gelombang sinar UV yang tidak baik untuk kulit pada jam-jam tertentu. Efek dari sinar UV sendiri sangat banyak jika berlangsung lama di bawah sinar UV.

Meski matahari adalah sumber utama dari adanya sinar UV, handphone yang kalian gunakan juga memiliki sinar UV yang tidak terlalu baik untuk beberapa bagian tubuh, termasuk kulit wajah dan mata. Lalu apa saja sih bahaya dari sinar UV untuk kulit? Berikut penjelasannya yang telah Diadona rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Penuaan Dini

Ini Bahaya Gelombang Sinar UV untuk Kulit

Efek samping dari dari kulit yang terus terpapar sinar UV yang tidak sehat akan membuat kulit mengalami penuaan dini. Kulit jadi lebih muda keriput meski umur masih mudah.

Hal ini disebabkan karena kulit bersentuhan langsung dengan sinar UV tanpa perlindungan apapun dalam jangka waktu yang cukup lama. Dilansir dari farmaku.com, radiasi sinar UV mengurangi adanya fleksibilitas kulit karena rusaknya kolagen alami dari tubuh.

2 dari 4 halaman

2. Kulit Terbakar

Ini Bahaya Gelombang Sinar UV untuk Kulit

Bahaya dari radiasi sinar UV adalah mengakibatkan kulit akan terbakar. Menurut alodokter.com, jika kulit mengalami sunburn (kulit terbakar) dapat membuat kulit menjadi bengkak dan melepuh. Sehingga akan sangat bahaya jika tidak mendapatkan perawatan lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

3. Membuat Kulit Lebih Gelap

Ini Bahaya Gelombang Sinar UV untuk Kulit

Selain bisa membuat kulit terbakar, radiasi UV juga bisa buat kulit kamu jadi lebih gelap dan akan susah untuk mengembalikannya lagi dalam waktu dekat. Kulit menjadi gelap apabila kulit kamu berada dalam 2-4 jam di bawah sinar matahari tanpa produk pelindung kulit seperti sunblock.

4 dari 4 halaman

4. Kanker Kulit

Ini Bahaya Gelombang Sinar UV untuk Kulit

Dampak paling bahaya dari efek sinar UV adalah kanker kulit. Meski terlihat biasa aja, tetapi ketika kamu berada dalam sinar matahari terus menerus, maka dampak paling bahaya yang bisa diterima adalah adanya kanker kulit.

Dikutip dari farmaku.com, kanker kulit yang terjadi akibat radiasi sinar UV membuat kromosom rusak dan berdampak pada DNA yang akan bermutasi sehingga menjadi kanker kulit.

Itulah tadi bahaya sinar UV untuk kulit. Jangan lupa buat pakai sunscreen dan sunblock yah Diazens ketika akan keluar rumah!

 

 

Beri Komentar