Gaya Rambut Katanya Bisa Memengaruhi Rasa Percaya Diri, Emang Bener ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 14 Desember 2020 11:15
Gaya Rambut Katanya Bisa Memengaruhi Rasa Percaya Diri, Emang Bener ya?
Namanya juga mahkota kepala..

Kita pasti udah nggak asing lagi dengan sebutan bahwa rambut adalah mahkota kepala, hal ini seringkali dikaitkan dengan para perempuan. Maka nggak heran, hampir semua perempuan pasti berusaha menata dan merawat rambutnya dengan sebaik mungkin.

Perawatan rutin seperti keramas dengan sampo, pakai kondisioner, vitamin, serum, bahkan hair spa seringkali dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan indah. Tapi nggak cuma itu, berbagai model dan gaya rambut pun kerap dijajal untuk mendapat penampilan terbaik.

1 dari 3 halaman

Nah tanpa disadari, kondisi rambut (kebersihan, keindahan dan gaya) seringkali jadi penilaian saat pertama kali bertemu. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Yale University menemukan fakta bahwa rambut bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang loh.

Manakala rambut tidak tertata sesuai keinginan, seseorang cenderung menerima kritikan yang berakibat turunnya rasa percaya diri. Tapi jika rambut tertata dalam kondisi yang prima, keyakinan dan kepercayaan diri pun cenderung meningkat.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Perempuan di Salon

Penelitian lain yang dilakukan oleh HairRX pada 1000 responden mengungkapkan bahwa gaya rambut memang memengaruhi penampilan. Mayoritas responden pun menginginkan rambut yang bisa meningkatkan rasa percaya diri, sehingga nggak heran jika mereka sering masuk-keluar salon untuk memperbaiki kondisi rambutnya.

Menurut seorang psikolog klinis Nirmala Ika, rambut dan wajah adalah satu kesatuan. Jika rambut tertata dalam keadaan rapi dan sesuai keinginan, maka rasa percaya diri akan bertambah dan hal itu bisa terlihat dari wajah seseorang.

3 dari 3 halaman

Namun perlu dipahami, setiap orang memiliki preferensi gaya rambut tertentu yang bisa membuatnya lebih percaya diri. Ada yang lebih pede jika rambut dalam kondisi sangat rapi, namun ada yang merasa nyaman-nyaman saja meski agak berantakan.

By the way, kalau kamu lebih pede dengan gaya rambut seperti apa nih? Disisr rapi atau dibiarkan tergerai bebas?

Beri Komentar