Cegah Kulit Kering dan Kasar, Ini Tips Rawat Kaki di Musim Panas

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 23 September 2022 17:15
Cegah Kulit Kering dan Kasar, Ini Tips Rawat Kaki di Musim Panas
Cuaca yang panas dan kering bisa pengaruhi kondisi kaki.

Di musim yang panas, kita cenderung memakai sandal, sepatu berujung terbuka, atau sejenisnya. Cuaca semacam ini bisa membuat kaki terpapar panas tinggi dan permukaan yang panas. Disadari atau tidak, kondisi ini bisa membuat kaki jadi kering, kasar, dan beragam masalah lain yang memengaruhi tampilan kaki.

Melansir dari Asia One, para ahli merekomendasikan untuk meningkatkan perawatan kaki selama musim panas. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah untuk melindungi kesehatan dan keindahan kaki.

Seperti apa caranya, simak ulasan berikut ini yaa~

1 dari 6 halaman

1. Eksfoliasi adalah kunci

Ilustrasi Eksfoliasi Kulit KakiIlustrasi Eksfoliasi Kulit Kaki © shutterstock.com/g/Nikolay+Litov

Seringkali terlupakan, eksfoliasi pada kaki juga perlu dilakukan setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Tujuannya tentu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit jadi kering dan kasar.

Dengan eksfoliasi rutin, semua produk yang diaplikasikan bisa terserap lebih baik. Ada beberapa opsi eksfoliasi kaki yang bisa dilakukan, seperti menggunakan sugar scrub, batu apung, atau kikir kaki. Tentukan sesuai kebutuhan kulit dan pilih produk yang tetap lembut dan aman agar tidak semakin merusak kulit.

2 dari 6 halaman

2. Sunscreen itu wajib!

Selama ini, sunscreen lebih banyak difokuskan pada area wajah, leher, dada atas, hingga belakang leher. Padahal, ketika indeks UV tinggi, paparan sinar matahari bisa menimbulkan bintik hitam pada area kulit yang terbuka, termasuk kaki.

Barbara Hershfelt, direktur penjualan dan pemasaran perawatan kuku Cutex, menjelaskan jika sunscreen nggah hanya untuk kulit. Kuku menjadi bagian yang rentan terhadap kerusakan akibar sinar UV, sehingga perlu mendapat perlindungan agar terjaga kelembapannya.

Perlu diketahui, sinar matahari, udara yang sangat kering, kelembapan tinggi, dan air asin bisa membuat kutikula dan kulit di sekitar kuku mengalami kekeringan. Jika hal ini terjadi, biasanya akan membuat kuku jadi rusal dengan kesehatan kaki yang terganggu.

3 dari 6 halaman

3. Jaga kelembapan

Ilustrasi Pakai Foot CreamIlustrasi Pakai Foot Cream © shutterstock.com/g/duracell

Bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan, kaki akan rentan menerima panas, sehingga lebih cepat kering dari biasanya. Umumnya, kulit di sekitar tumit akan lebih cepat berubah kering dan kasar.

Itulah sebabnya, penting untuk selalu melembapkan kaki, utamanya di bagian tumit. Pakai foot cream atau lotion untuk melembapkan kaki dan selalu oleskan seusai mandi, karena kulit lebih mudah menyerap produk-produk saat masih basah.

4 dari 6 halaman

4. Jangan biarkan kaki lembap atau basah dalam waktu lama

Tau nggak sih, ternyata kaki memegang peranan penting dalam mengatur suhu tubuh kita. Telapak kaki cenderung mudah berkeringat dan sebenarnya hal itu normal.

Namun, keringat yang ada pada telapak kaki bisa memicu banyak masalah, mulai dari pertumbuhan bakteri, kapalan, bau, bahkan jamur. Jika memang kamu lebih suka memakai sepatu tertutup, usahakan untuk memakai kaus kaki agar dapat menyerap sebagian kelembapannya.

5 dari 6 halaman

5. Hindari berjalan tanpa alas kaki

Ilustrasi Jalan Tanpa Alas KakiIlustrasi Jalan Tanpa Alas Kaki © shutterstock.com/g/eakkaluktemwanich

Sebagian orang mungkin sudah terbiasa berjalan tanpa alas kaki, tapi jika dilakukan saat musim panas, tentu bisa menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Saat kaki telanjang, panas di permukaan yang dipijak akan lebih mudah terserap, sehingga membuat kulit kemerahan bahkan terbakar dalam hitungan detik.

Berjalan tanpa alas kaki juga memungkinkan timbulnya luka dari partikel kecil berbahaya yang tidak terlihat oleh mata. Lebih parahnya, kulit telapak kaki bisa mengalami kurap, kutu air, serta infeksi bakteri dan virus.

Beri Komentar