Cara Menghilangkan Stretch Mark di Bokong, Betis dan Perut secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 9 Januari 2020 18:37
Cara Menghilangkan Stretch Mark di Bokong, Betis dan Perut secara Alami
Saat ini memang nggak ada cara menghilangkan stretch mark sepenuhnya dan bikin kulit kamu mulus seperti sedia kala. Tapi, ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk memudarkannya.

Stretch mark merupakan tanda pertumbuhan. Mengapa bisa demikian? Saat seseorang mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dari tinggi dan berat badan, maka kulit akan seperti ditarik. Kulit memang elastis, namun saat merenggang, produksi kolagen pada kulit akan terganggu. Akibatnya, bekas luka akibat peregangan akan terbentuk dan itulah yang disebut dengan stretch mark.

Saat berat badan kamu naik dengan tingkat pertumbuhan yang lebih cepat daripada kulit kamu, menyebabkan kolagen dan elastin nggak bisa mengimbang . Dengan kata lain, kulit kamu nggak cukup elastis untuk mengimbangi perubahan ffisik yang cepat. Serat dalam kulit melampaui kapasitas elastiusitasnya lalu akan patah di bawah tekanan. Saat akhirnya kulit mencoba memperbaik dirinya sendiri dan kembali ke bentuk aslinya, stretch mark ini kemudian akan muncul di lapisan tengah kulit kamu. Sebagai cara menghilangkan stretch mark, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark di Bokong

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Kalau kamu punya garis-garis ini di tubuh kamu, tenang aja, kamu nggak sendirian. Sebuah laporan di tahun 2013 menyatakan kalau sekitar 50 sampai 80 persen orang punya stretch mark kok. Kebanyakan stretch mark muncul di bokong, payudara, pingang, atau paha. Sebagian besar wanita bakalan punya stretch mark saat hamil, meski nggak menutup kemungkinan kalau laki-laki pun juga bisa punya stretch mark sih.

Cara menghilangkan stretch mark bisa kamu lakukan dengan penggunaan minyak essensial. Bukan mengada-ngada, keseluruhan cara yang Diadona tulis bersumber dari penelitian, kok.

Minyak Argan

Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak argan didapat karena manfaatnya membantu elastisitas pada kulit. Penggunannya juga sangat mudh, yakni mengoleskannya ke area stretch mark sesering mungkin, baik pagi atau malam sebelum tidur.

Minyak Rosehip

Minyak rosehip dibuat dari buah atau biji mawar. Bahan inis udah dikenal di seluruh dunia sebagai pahlawan dalam cara menghilangkan stretch mark. Dengankandungan omegas dan vitamin, minyak ini mudah diserap dan telah terbukti mampu mempersempit area stretch mark, termasuk dari segi tekstur, lebar dan warna. Kamu pasti tau supermodel Miranda Kerr, kan? Nah, dia saja sampai bersumpah kalau minyak rosehip ini membuatnya nggak punya satupun stretch mark setelah rutin mengoleskannya di masa-masa kehamilan.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark di Betis

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Orang dengan berat badan berlebih cenderung punya stretch mark dibanding mereka yang kurus.  Di awal kemunculannya, garis ini akan terlihat berwarna merah atau keungan, mencolok, dan punya tekstur yang berbeda dibandingkan dengan kulit di sekitarnya. Seiring dengan waktu, tampilannya akan lebih memudar, samara tau bahkan bisa menghilang. Berikut cara menghilangkan stretch mark:

Krim Retinoid

Berasal dari vitamin A, retinoid yang diaplikasikan pada kulit dapat menjadi cara menghilangkan stretch mark yang berusia beberapa bulan. Dalam prosesnya, retinoid bekerja dengan membentuk kembali kolagen dalam kulit sehingga kulit kamu jadi terlihat lebih normal.

Kalau kamu sedang hamil atau menyusui, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara menghilangkan stretch mark dengan krim ini.

Gel Silikon

Cara menghilangkan stretch mark dengan gel silicon ini bisa dnegan mudah kamu lakukan, karena produknya dapat kamu temukan dengan mudah di apotek dengan klaim penghilang bekas luka. Dalam penelitian yang melibatkan 20 orang membuktikan bahwa gel ioni akan meningkatkan produksi kolagen dan menurunkan melanin pada stretch mark. Artinya, warna dan bentuk stretch mark bakalan lebih memudar.

Terapi Laser

Dalam cara menghilangkan stretch mark, perawatan laser akan menghilangkan lapisan luar kulit untuk membentuk restrukturisasi kulit. Selama prosedur ini, sinar cahaya digunakan dalam jumlah yang terkonsentrasi untuk mendorong pertumbuhan kulit baru. Laser tidak dapat menghapus luka sepenuhnya, namun membuat garis-garis stretch mark jadi lebih halus sehingga mengurangi penampakan mereka, yang secara lebih lenjut menjadi cara menghilangkan stretch mark. Sama halnya dengan perawatan bekas luka pasca jerawat, terapi laser juga  akan menginduksi pembentukan kolagen.

 

3 dari 4 halaman

Cara Alami Menghilangkan Stretch Mark

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Lalu, apa sih yang menyebabkan munculknya stretch mark? Selain peningkatan berat, penurunan berat badan juga akan menimbulkan garis garis ini lho? Karena saat berat kamu menyusut dalam waktu singkat, kulit akan gagal menyusut dalam kecepatan yang sama dengan tubuh. Akhirnya, kamu jadi terlihat seperti kelebihan kulit.

Karena tidak ada area permukaan yang cukup untuk menampung kulit berlebih tersebut, maka bentuknya akan ‘terlipat’ dan ‘menindih’ kulit lainya. Kalau kamu ingin mencoba cara menghilangkan stretch mark, coba deh lakukan dengan bahan berikut:

Minyak Delima

Berasal dari ekstraksi buah delima, minyak ini dapat sebagai cara menghilangkan stretch mark. Menurut studi di tahun 2017 menyebut, penggunaan minyak yang dikombinasikan dengan ekstrak darah naga, terbuksit dapat mencegah dan menyadarkan stretch mark yang muncul dikulit 10 wanit partisipan, dibandingkan mereka yang tidka menggunakan krim sama sekali.

Minyak Almond Pahit

Minyak ini berbeda dengan minyak almond manis  yang biasa kita konsumsi, lho. Karena almond pahit ini bisa menyebabkan keracunan dengan tingkat yang sama seperti sianida.

Penelitian di tahun 2012 membuktikan, pijatan menggunakan minyak almond ini bisa menahan laju peningkatakan stretch mark hingga 80 persen pada wanita yang menjadi partisipan, sehingga tentu bisa banget jadi cara menghilangkan stretch mark.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stretch Mark di Perut

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa kamu coba, meskipun beberapa laporan menyatakan kalau nggak ad acara yang bisa bikin kulit kamu kembali mulus pasca munculnya stretch mark, seperti sedia kala.

Induksi Kolagen

Perawatan ini melibatkan perangkat listrik untuk menyuntikkan kelembaban, vitamin dan antioksidan di kulit, sekaligus merangsang pembentukan sel dan kolagen baru. Prosedur ini menajdi cara menghilangkan stretch mark yang efektif dan teruji secara klinis,.

Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan stretch mark dengan mikrodebrasi melibatkan proses peniupan kristal-kristal di permukaan kulit yang dengan lembut akan menghilangkan lapisan kulit atas dan mendorong pertumbuhan kulit baru yang lebih elastis.

Cara menghilangkan stretch mark akan lebih efektif bila kamu mengimbanginya dengan langkah-langkah untuk mengurangi penyebab peregangan kulit. Kamu bisa mulai menerapkan langkah perawatan diri.

Beri Komentar