Bikin Bangga, Tenun Endek Bali Dipilih Sebagai Koleksi Terbaru Dior di Paris Fashion Week

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 30 September 2020 16:27
Bikin Bangga, Tenun Endek Bali Dipilih Sebagai Koleksi Terbaru Dior di Paris Fashion Week
Kain tenun endek jadi pilihan brand Dior dalam koleksi terbarunya.

Bali merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang tak hanya dikenal karena keindahan alamnya, namun juga warisan budayanya. Salah satunya adalah tenun endek bali yang baru-baru ini mendapat apresiasi dari mode internasional.

Rumah mode ternama dan mewah, Christian Dior baru-baru ini mengangkat kain tenun endek khas Bali sebagai salah satu koleksi terbarunya.

Direktur Artistik Dior Maria Grazua Chiuri mengeksplor tenun endek untuk koleksi Christian Dior Spring/Summer 2021. Koleksi tersebut diperkenalkan kepada dunia untuk pertama kalinya pada acara bergengsi di Paris Fashion Week, Selasa (29/9/2020).

1 dari 2 halaman

Harapan

Tenun endek untuk koleksi Christian Dior Spring/Summer 2021 © Diadona

" Penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior, merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional," ujar Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir yang dilansir dari CNNIndonesia.com.

Arrmanatha yang juga menghadiri fashion show tersebut berharap, hadirnya kain endek dalam koleksi Dior dapat menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali untuk tetap berkarya meski tengah menghadapi krisis COVID-19.

Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior, ada sekitar 9 motif kain endek Bali yang digunakan. Tak hanya pada pakaian, namun juga pada aksesori seperti tas.

2 dari 2 halaman

Alasan Memilih Kain Endek

Tenun endek untuk koleksi Christian Dior Spring/Summer 2021 © Diadona


Dalam diskusi dengan Dubes RI Paris, Maria Maria Grazua Chiuri yang juga seorang aktivis feminis mengungkapkan bahwa Christian Dior memang selalu mengapresiasi nilai-nilai budaya, terutama bagi para penenun perempuan.

Hal itu lah yang menjadi salah satu alasan Christian Dior memilih kain endek sebagai koleksi terbarunya. Menurut tim riset Christian Dior, kain endek Bali sarat akan nilai budaya.

Sebelumnya brand Dries Van Noten juga diketahui merilis koleksi yang bertema batik lho. Nah, brand-brand international saja sudah mulai melirik warisan budaya kita. Jangan lupa untuk cintai dan pakai produk lokal ya, sis!

Beri Komentar