Atasi Rambut Kusut dengan Trik Khusus dari Para Ahli, Yuk Catat Tipsnya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 8 Desember 2022 19:15
Atasi Rambut Kusut dengan Trik Khusus dari Para Ahli, Yuk Catat Tipsnya!
Kenali dulu penyebabnya, baru cari tahu cara mengatasinya~

Rambut kusut jadi salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada beragam jenis rambut. Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan rambut jadi kusut. Tentunya, cara mengatasinya juga perlu disesuaikan dengan penyebab rambut kusut.

Melansir dari Asia One, rambut kusut ditandai dengan kondisi kutikula (lapisan luar) yang menonjol ke segala arah. Saat hal ini terjadi, keringat dan kelembapan udara akan menembus untaian rambut dan menyebabkan jadi berubah bentuk bahkan mengembang.

"Rambut adalah struktur berpori. Jumlah air yang diserap dari lingkungan ditentukan oleh seberapa kering serat rambut. Semakin kering rambut, semakin banyak air yang bisa diserap, dan semakin kusut," ujar Dr Sharon Wong, dokter kulit spesialisasi gangguan rambut dan kulit kepala asal Inggris.

1 dari 7 halaman

Penyebab rambut kusut

Ilustrasi Rambut Kusut © Diadona

Menurut Bianca Hillier, pewarna rambut selebritas dan duta besar merek Olaplex, penyebab rambut kusut terbagi dalam empat faktor utama. Pertama adalah kondisi lingkungan, kelembapan mengganggu ikatan hidrogen pada rambut sehingga menyebabkan rambut kusut dan menyusut.

Faktor lainnya adalah ketebalan rambut. Semakin tebal rambut, maka semakin sulit untuk memodifikasi dan mengarahkannya ke bentuk semula.

Faktor ketiga berkaitan dengan seberapa keriting rambut yang kamu miliki. Semakin keriting rambutnya, maka semakin sulit untaiannya disejajarkan dengan tepat.

Kemudian, rambut rusak lebih rentan mengalami kusut. Bahkan lebih dari itu, rambut akan bercabang, kehilangan kutikula, serta patah, sehingga sulit untuk kembali ke bentuk semula.

2 dari 7 halaman

Lantas, seperti apa cara memperbaikinya?

Ilustrasi Hair Conditioner © Diadona

Salah satu kunci untuk melawan rambut kusut adalah dengan melembapkannya. Perpaduan sampo dan kondisioner akan membantu mengurai rambut sekaligus menghaluskannya.

" Anda mulai membangun kelembapan pada rambut dengan sampo dan kondisioner Anda. Jadi pilih satu yang dirancang untuk menyuntikkan kelembapan dan langsung menghidrasi rambut Anda," saran Camille Friend, penata rambut selebriti Hollywood.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Rambut Basah © Diadona

Rambut paling rapuh saat dalam kondisi basah, itulah sebabnya penting banget untuk memakai produk yang tepat sebelum rambut mengering. Rambut kusut juga bisa tergantung pada pemilihan handuk.

Serat handuk katun yang berukuran besar dan kaku bisa merobek helai rambut dan merusaknya. Sebagai tips, gunakan handuk serat mikro agar meminimalisir gesekan dan tekanan pada rambut. Selain itu, tipe handuk yang ini juga bisa menyerap air lebih cepat.

4 dari 7 halaman

Ilustrasi Hair Serum © Diadona

Serum rambut ternyata juga membuat perbedaan besar pada bagaimana rambut membentuk dirinya sendiri. Umumnya, serum rambut diformulasikan dengan molekul silikon yang membantu meluruskan serat rambut, membuat helai rambut jadi lebih lembut, serta berkilau,

" Menambahkan minyak dan serum ringan ke rutinitas perawatan rambut Anda akan membantu mengatasi rambut kusut dan kering," saran Bianca Hillier.

Namun jika kamu kurang suka menggunakan serum dengan kandungan silikon, maka pilihlah bahan hemisqualane yang bisa melindungi rambut dari paparan warna dan panas.

5 dari 7 halaman

Ilustrasi Keramas © Diadona

" Pembersihan berlebihan sebenarnya bisa mengeringkan rambut dan kulit kepala, menyebabkan rambut jadi kusut," ujar penata rambut Lorin Van Zandt.

Jika kamu sering mengalami rambut kusut, maka sebaiknya cukup keramas dua kali dalam seminggu. Di sela-sela keramas, kamu bisa menggunakan dry sampo atau bilasan cuka sari apel. Jika memang ingin keramas lebih sering, cukup gunakan air dan kondisioner.

6 dari 7 halaman

Ilustrasi Penggunaan Heat Styling © Diadona

Heat styling sebenarnya juga menimbulkan kerusakan pada rambut, seperti mengering dan kusut. Jika kamu sering menggunakan heat styling, sebaiknya gunakan pada pengaturan terendah atau gunakan diffuser rambut utnuk membatasi paparan panas secara langsung.

Selalu terapkan perlindungan panas lebih dulu. Hal ini bertujuan utnuk menghalangi kerusakan akibat panas, sekaligus menyegel kelembapan agar untaian rambut lebih halus dan berkilau.

Beri Komentar