Jangan Dibiarin Gitu Aja, Begini Cara Jitu Merawat Rambut Pendek

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 12 April 2021 15:15
Jangan Dibiarin Gitu Aja, Begini Cara Jitu Merawat Rambut Pendek
Rambut pendek juga perlu perawatan khusus loh~

Perempuan memang identik dengan rambut panjang, tapi banyak juga yang lebih nyaman dengan model potongan rambut pendek. Kebanyakan perempuan memilih rambut pendek karena lebih simpel dan nggak butuh banyak perawatan.

Namun jangan salah, rambut pendek juga butuh perawatan khusus agar tetap indah dan sehat loh. Melansir dari Stylist, begini cara jitu merawat rambut pendek yang perlu kamu ketahui. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Jangan terlalu sering disisir

Ilustrasi Rambut Pendek © Diadona

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan jika memiliki rambut pendek yakni jangan terlalu sering menyisirnya. Sebaiknya, kamu menggunakan jari-jari aja untuk merapikan, menambah volume, dan membentuk rambut.

Kamu juga perlu memilih sisir yang tepat, yakni sisir bristle yang bentuknya seperti sikat. Jenis sisir ini bisa membantu rambut jadi lebih halus loh!

2 dari 6 halaman

2. Batasi penggunaan alat styling panas

Ilustrasi Heat Styling © Diadona

Di zaman sekarang, penggunaan alat styling panas seperti hair dryer, catokan, serta pengeriting memang seolah menjadi kebutuhan. Namun bagi kamu yang memiliki rambut pendek, sebisa mungkin batasi penggunaan alat-alat tersebut agar nggak mudah merusak batang rambut.

Sapphire Lewis, manager salon Bleach London punya trik jitu untuk merapikan rambut pendek tanpa mengenakan alat styling panas. Manfaatkan kapas yang sudah dibasahi untuk merapikan ujung-ujung rambut yang mencuat. Setelah ujung rambut agak basa, rapikan dengan jari agar tidak mencuat lagi. Kamu bisa melengkapinya dengan produk penambah volume rambut agar rambut lebih mudah diatur.

3 dari 6 halaman

3. Rutin potong rambut

Ilustrasi Potong Rambut © Diadona

Jika kamu ingin terlanjur nyaman dan ingin mempertahankan rambut pendek, maka ada baiknya jika kamu rutin memotongnya setiap 3-6 minggu sekali. Paul Edmons, penata rambut selebriti Hollywood menyebut jika pemotongan rambut secara rutin bisa menjaga tekstur, ketebalan, dan kerapian rambut.

Namun jika rambutmu nggak pendek-pendek banget, kamu masih bisa membiarkannya hingga 3 bulan sebelum akhirnya dipotong lagi untuk menjaga model dan kesehatan rambut.

4 dari 6 halaman

4. Keramas tiap hari

Ilustrasi keramas © Diadona

Seringkali nggak disadari, rambut pendek ternyata lebih cepat kotor loh. Itulah sebabnya, kamu perlu keramas tiap hari untuk menjaga kebersihannya.

Selain keramas, kamu perlu juga menambahkan produk perawatan seperti kondisioner dan masker rambut. Gunakan kondisioner setiap keramas agar rambut tetap halus dan indah. Serta aplikasikan masker rambut dua kali seminggu untuk menjaga nutrisi pada rambut.

5 dari 6 halaman

5. Hindari penggunaan air hangat saat keramas

Ilustrasi Keramas © Diadona

Mandi air hangat seusai seharian bekerja memang ampuh bikin tubuh jadi rileks. Tapi, jangan sampai kamu memakai air hangat itu untuk keramas juga ya..

Usahakan untuk selalu keramas dengan air dingin agar rambut tampak berkilau. Selain itu, keramas dengan air dingin juga bisa menghindarkan rambut dari risiko bercabang.

Beri Komentar