5 Tips Penting Bikin Makeup Tahan Keringat dan Anti Leleh, Yuk Kepoin!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 3 November 2021 09:15
5 Tips Penting Bikin Makeup Tahan Keringat dan Anti Leleh, Yuk Kepoin!
Ini nih cara bikin makeup awet sepanjang hari.

Cuaca yang panas seringkali bikin kita keringatan. Apalagi jika kita sering beraktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari bisa merusak makeup yang kita pulaskan.

Kadangkala, keringat yang bercucuran bikin makeup jadi berantakan. Namun kamu nggak perlu panik, karena ada tips untuk bikin makeup awet sepanjang hari loh!

Melansir dari Her World, begini 5 cara bikin makeup tahan keringat dan nggak leleh meski diterpa sinar matahari. Simak ulasan selengkapnya ya..

1 dari 6 halaman

1. Awali dengan membersihkan kulit

Ilustrasi Membersihkan Wajah © Diadona

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memulas makeup adalah dengan memastikan kulit benar-benar bersih secara menyeluruh. Hilangkan kotoran dan minyak berlebih yang masih menempel di wajah dengan menggunakan toner. Pastikan pula kulit dalam kondisi yang terhidrasi agar siap dipulas dengan makeup.

2 dari 6 halaman

2. Jangan lewatkan primer

Bagi kamu yang tinggal di daerah dengan iklim panas dan lembap, berkeringat adalah suatu kondisi yang nggak bisa dihindari. Pada zona-T dan area mata juga lebih rentan memproduksi minyak berlebih.

Untuk itulah, kamu perlu mengaplikasikan primer untuk menjaga makeup tetap utuh. Selalu gunakan primer yang sesuai jenis kulit. Kamu bisa menggunakan primer mata khusus untuk area bawah mata agar concealer yang nantinya dipulas bisa bekerja maksimal.

3 dari 6 halaman

3. Pakai makeup dengan formula powder

Ilustrasi Memakai Face Powder © Diadona

Menghadapi musim panas, sebaiknya kamu menggunakan makeup dengan formula powder. Meski kerap dianggap mudah hilang, makeup dengan formula powder justru bisa menyempurnakan penampilan dengan cara yang tepat. Pilih produk yang tepat agar penggunaannya tetap bisa optimal dan membantu makeup menempel dengan sempurna.

4 dari 6 halaman

4. Pilih multi-tasker

Cuaca panas nggak cuma bikin makeup leleh dan luntur, tapi juga bisa menumbulkan caking di wajah. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memilih produk hybrid yang teksturnya ringan.

Produk hybrid yang multi-tasker ini bisa membatasi lapisan produk pada kulit. Cobalah beberapa produk seperti pelembap, lip balm, serta moisturizer.

5 dari 6 halaman

5. Kunci dengan setting spray

Ilustrasi menggunakan setting spray © Diadona

Usai mengaplikasikan seluruh makeup, kunci penampilanmu dengan menggunakan setting spray. Sebenarnya setting spray nggak cuma mengunci makeup, tapi juga membantu riasan tampak lebih alami. Pegang semprotan sejauh satu lengan sebelum menyemprotkannya langsung ke wajah.

Beri Komentar