Begini Cara Pakai Bedak yang Tepat agar Kulit Terlihat Flawless

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 5 Oktober 2021 12:15
Begini Cara Pakai Bedak yang Tepat agar Kulit Terlihat Flawless
Ternyata bukan sekadar usap.

Bedak termasuk dalam satu rangkaian makeup yang nggak boleh ketinggalan. Jadi salah satu item penting, tentunya bedak nggak bisa dipakai sembarangan.

Sebagus apapun merknya atau semahal apapun harganya, tapi kalau diaplikasikan sembarangan tentunya nggak akan memberikan hasil yang optimal. Bahkan saking parahnya, pemilihan dan pemakaian bedak yang salah justru bisa merusak penampilan.

Lantas, seperti apa sih penggunaan bedak yang tepat agar memberikan kesan flawless dan paripurna di wajah? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Pilih shade yang sesuai warna kulit

Ilustrasi Bedak © Diadona

Hal pertama yang perlu diperhatikan, yakni pilihlah bedak dengan shade yang sesuai warna kulit. Pasalnya, nggak semua shade bisa cocok dengan warna asli kulit kita.

Sebaiknya pilih shade dengan warna yang mirip dengan warna asli kulit kita. Jangan memilih bedak dengan shade satu tingkat lebih terang karena bisa membuat kulit tampak abu-abu. Serta jangan pula memilih bedak dengan shade lebih gelap, karena akan menimbulkan kesan kusam di wajah.

2 dari 6 halaman

2. Bersihkan wajah dan selalu pakai moisturizer

Sebelum memakai bedak, maka kamu harus memastikan wajah benar-benar dalam kondisi yang bersih. Jaga pula kelembapan kulit agar bedak bisa menempel sempurna dan memberikan hasil optimal.

Kamu bisa menggunakan moisturizer dan base makeup seperti primer atau foundation, sebelum mengaplikasikan bedak. Hal ini bisa membantu makeup lebih tahan lama di kulit.

3 dari 6 halaman

3. Perhatikan jenis kulit sebelum menggunakan bedak

Ilustrasi Perempuan Mengaca © Diadona

Hal yang satu ini juga perlu diperhatikan sebelum memulas bedak di wajah, yakni dengan mengenali jenis kulit. Beda jenis kulit, nyatanya juga beda cara mengaplikasikannya.

Untuk jenis kulit kering sebaiknya tidak menggunakan bedak terlalu tebal karena bisa membuat makeup jadi cakey dan patchy. Sedangkan untuk kulit berminyak, bisa diaplikasikan di seluruh wajah utamanya area yang sering berminyak.

4 dari 6 halaman

4. Aplikasikan menggunakan brush besar

Memulas bedak di wajah juga nggak bisa menggunakan sembarang aplikator. Seringkali, penggunaan spons atau powder puff akan 'menggeser' makeup jika diusapkan sembarangan.

Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan brush berukuran besar. Selain memudahkan penggunaan bedak agar merata di seluruh wajah, brush juga memberikan hasil yang lebih oke tanpa menekan area kulit.

5 dari 6 halaman

5. Kunci dengan memakai face mist

Face Mist © Diadona

Langkah yang satu ini bisa menjadi pengunci, yakni dengan menggunakan face mist. Dengan bahan dasar air yang lebih mudah meresap ke dalam kulit, face mist membantu mengunci makeup yang sudah dipulas ke wajah.

Face mist akan menyatukan bedak dan foundation dengan menjaga kondisi kulit tetap lembap usai dirias. Hal ini sekaligus membantu makeup terlihat lebih flawless.

Beri Komentar