4 Hal ini Bikin Kulit Ketiak Jadi Menghitam, Hati-Hati ya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 30 Juli 2021 12:15
4 Hal ini Bikin Kulit Ketiak Jadi Menghitam, Hati-Hati ya!
Ini dia kebiasaan sepele yang memengaruhi kulit ketiak.

Kulit ketiak memang tidak terlalu sering terekspos. Apalagi jika kamu cenderung lebih suka berpakaian tertutup, kulit ketiak jarang mendapat sorotan.

Letaknya yang tersembunyi kadangkala membuat kulit ketiak juga jarang diperhatikan. Alhasil kulit ketiak bisa jadi menghitam atau mengeluarkan bau kurang sedap karena tidak dirawat.

1 dari 6 halaman

Ketiak hitam menjadi salah satu permasalahan yang dialami banyak orang. Beragam cara pun dilakukan untuk mengembalikan keindahan dan kesehatan kulit ketiak.

Namun tahu nggak sih, kulit ketiak yang menghitam ternyata bisa disebabkan oleh hal-hal sepele loh! Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah penyebab ketiak hitam yang sering nggak disadari.

2 dari 6 halaman

1. Bercukur

Ilustrasi BercukurIlustrasi Bercukur © shutterstock.com/id/g/namtipStudio

Melansir dari Skincare By L'Oreal, kulit ketiak yang menghitam ternyata bisa terjadi jika kamu sering bercukur dengan tidak tepat. Seorang dokter kulit bernama dr. Joshua Zeichner menyebut bahwa, bercukur bisa menyebabkan peradangan yang akhirnya membuat area kulit ketiak jadi memiliki lebih banyak pigmen daripada area lain. Bercukur tidak akan menghilangkan seluruh folikel rambut, justru rambut yang ada di bawah permukaan kulit, menyebabkan warna ketiak cenderung menggelap.

3 dari 6 halaman

2. Pakai deodoran yang salah

Ilustrasi Pemakaian DeodorantIlustrasi Pemakaian Deodorant © shutterstock.com/id/g/dolgachov

Pemilihan deodoran yang tidak tepat juga bisa memengaruhi warna ketiak loh, hal ini disampaikan oleh Adam Friedman, profesor dermatologi di Washington. Pasalnya, deodoran yang tidak cocok bisa menimbulkan iritasi yang akhirnya membuat kulit jadi menghitam. Jadi, hati-hati dalam memilih deodoran dan hentikan pemakaian jika warna kulit ketiak mulai mengalami perubahan.

4 dari 6 halaman

3. Gesekan dengan pakaian

Ilustrasi Pakaian KetatIlustrasi Pakaian Ketat © shutterstock.com/id/g/MarkNazh

Penyebab yang satu ini benar-benar tidak terduga. Gesekan dari pakaian ternyata juga bisa bikin kulit ketiak jadi hitam loh! Mengingat area kulit ketiak merupakan sangat sensitif, maka gesekan yang kuat dan kasar bisa memengaruhi kondisi kulit. Sebisa mungkin, pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman agar tidak menempel terlalu rapat di ketiak.

5 dari 6 halaman

4. Penumpukan sel kulit mati

Ilustrasi Ketiak HitamIlustrasi Ketiak Hitam © shutterstock.com/id/g/Doucefleur

Satu lagi penyebab kulit ketiak jadi hitam, yakni karena adanya penumpukan sel kulit mati akibat kulit ketiak tidak dirawat. Untuk mengatasi hal ini, coba deh aplikasikan scrub lembut yang bisa melembapkan dan mengelupas sel kulit mati. Aplikasikan dengan cara melingkar untuk mendapat hasil yang maksimal.

Beri Komentar