4 Aturan Umum untuk Merawat Tas Berbahan Kulit, Catat ya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 8 November 2022 12:15
4 Aturan Umum untuk Merawat Tas Berbahan Kulit, Catat ya!
Ini nih cara membersihkan dan merawatnya biar awet~

Tas kulit yang asli biasanya dikerjakan dengan sangat detail, sehingga dibanderol dengan harga yang mahal. Bisa dikategorikan sebagai barang mewah, tas ini tentunya harus diperlakukan dengan hati-hati.

Apalagi jika kita mengoleksi tas kulit ini sebagai bentuk investasi, maka perawatannya harus benar-benar dengan ekstra. Melansir dari Asia One, ada beberapa aturan umum untuk merawat tas kulit agar awet dengan kondisi yang tidak berubah.

Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

Simpan di dalam dust bag

Ilustrasi Tas KulitIlustrasi Tas Kulit © asiaone.com

Tips agar tas kulit tetap awet, disarankan untuk membersihkan tas menggunakan kain bersih dan kering setiap kali setelah dipakai. Jika di dalam tas masih tertinggal partikel halus, maka balikkan bagian dalam ke luar, lalu gunakan lint roller untuk membersihkan.

Tas yang sudah dibersihkan, kemudian simpan di dalam dust bag dan letakkan di tempat yang sejuk dan jauh dari sinar matahari langsung. Hindari menyeka tas dengan kain lembap. Kamu bisa menyimpan seluruh tas di dalam lemari khusus untuk menjaga kelembapannya.

2 dari 5 halaman

Pertahankan bentuk asli, tapi jangan beri isian dari koran

Ilustrasi Tas KulitIlustrasi Tas Kulit © asiaone.com

Ada sebagian tas kulit yang cenderung lentur dan tidak berbentuk. Untuk mempertahankan bentuk aslinya, sebaiknya gunakan kembali isian yang disediakan atau kamu bisa menggantinya dengan bahan lembut seperti poliester atau handuk katun.

Jangan sekali-kali menggunakan koran sebagai isian, karena bisa menodai bagian dalam isi tas, terutama yang berwarna terang. Jangan juga menggunakan vinil atau plastik sebagai media penyimpanan karena bisa menjebak kelembapan, mendorong pembentukan jamur, serta mengubah warna produk.

3 dari 5 halaman

Kemas kosmetik sebelum dimasukkan di dalam tas

Ilustrasi Tas KulitIlustrasi Tas Kulit © asiaone.com

Membawa makeup dalam tas kulit boleh-boleh saja dilakukan, tapi ada sebagian produk yang rentan tumpah dan bisa menodai lapisan di dalam tas. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menggunakan pouch terpisah untuk menyimpan produk makeup yang akan dibawa.

Setelah selesai digunakan, langsung keluarkan seluruh produk dari tas agar tidak menimbulkan noda atau kerusakan yang tidak diinginkan. Baru deh simpan tas dengan cara yang tepat~

4 dari 5 halaman

Manfaatkan layanan pembersihan secara profesional

Ilustrasi Tas KulitIlustrasi Tas Kulit © asiaone.com

Jika beragam cara sudah kamu lakukan tapi merasa pembersihannya tidak maksimal, kamu bisa banget loh memanfaatkan layanan permbersihan secara profesional. Biasanya, sejumlah toko tas akan menawarkan layanan restorasi/perbaikan, sekaligus pembersihan untuk tas karya desainer.

Layanan pembersihan secara profesional biasanya nggak cuma membersihkan bagian yang kotor, tapi sekaligus memperbaiki bagian-bagian yang rusak, atau bahkan memperbaiki warna yang mulai pudar. Gimana, lengkap banget kan?

Beri Komentar