16 Cara Mengatasi Bibir Kering, Mengelupas, Pecah-Pecah dan Hitam secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 26 Januari 2020 03:00
16 Cara Mengatasi Bibir Kering, Mengelupas, Pecah-Pecah dan Hitam secara Alami
Walaupun sering tertutup oleh lipstik, secara alami, setiap perempuan pasti ingin bibir yang lembut dengan kelembaban alami.

Kondisi bibir pecah-pecah, atau yang juga dikenal sebagai cheilitis, merupakan masalah yang umum tapi tetep saja bikin nggak nyaman. Bibir yang kering juga terlihat nggak sehat. Padahal walaupun tanpa memakai produk kecantikan, banyak wanita ingin tampilan bibir yang lembut, kenyal, merah alami dan sedikit bercahaya.

Sebenarnya, kulit pada bibir jauh lebih tipis dan lebih halus dibanding bagian tubuh lainnya. Bibir juga terkena unsur-unsur, termasuk matahari, udara dingin, udara kering, yang membuatnya rentan terhadap kondisi bibir kering, retak dan mengelupas.

Bibir nggak punya kelenjar minyak sendiri sehingga nggak bisa memproduksi kelembaban sendiri. Namun, pelembab yang diberikan di bibir sebagai cara mengatasi bibir kering, bisa sangat membantu. Yuk simak dulu 16 cara mengatasi bibir kering yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Ilustrasi Bibir © Diadona

Bibir yang mengelepupas bisa dikarena kondisi yang udah kering banget, dan lapisan kulit mati pada bibir. Begini lho cara mengatasi bibir kering yang sebenarnya mudah dan murah.

Pakai Lips Balm

Beberapa lip balm memang bisa mengatasi bibir kering dan pecah, namun beberapa lagi justru membuat kondisinya makin parah. Misalnya, banyak lip balm mengandung mentol atau mint lainnya. Memang sih, bahan ini akan memberikan sensasi dingin di bibir, tetapi mint sangat kering dan dapat membuat bibir lebih pecah-pecah daripada sebelumnya.

Sebagai cara mengatasi bibir kering, cari lip balm dengan kandungan bahan-bahan seperti minyak bumi, lanolin, lilin lebah, dan ceramides.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal untuk menenangkan peradangan, sekaligus bisa sebagai cara mengatasi bibir kering Ini karena Gel lidah buaya mengandung vitamin , mineral, antioksidan , dan anti-inflamasi yang menenangkan dan merehidrasi kulit yang rusak.

Avokad Mentega

Menurut sebuah penelitian, avokad mentega bisa sebagai cara mengatasi bibir kering karena bekerja dengan baik sebagai pelembab dan pengental pada lip balm. Bahan ini tidak berminyak dan diserap dengan baik oleh kulit. Avokad mentega sebagai cara mengatasi bibir kering juga mengandung beberapa asam lemak dan antioksidan yang dikenal bermanfaat bagi kulit, termasuk asam oleat dan linoleat.

Petroleum Jelly

Akademi Dermatologi Amerika menyarankan penggunaan petroleum jelly sebagai cara mengatasi bibir kering. Oleskan di bibir sepanjang hari dan sebelum tidur untuk melembabkan bibir.

 

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ilustrasi Bibir © Diadona

Bibir yangg kering bisa menyebabkan pecah-pecah dan berdarah di beberapa titik. Rasanya jauh lebih nggak nyaman. Untuk itu, sebelum mencari cara mengatasi bibir kering, yuk cari tahu dulu gimana sih pencegahan bibir pecah-pecah.

Menjilat bibir akan membasahi bibir selama beberapa saat, tapi akan membuatnya lebih kering dengan segera. Ini air liur menguap dengan cepat, sehingga bibir kamu jadi lebih kering setelah menjilatnya daripada sebelumnya.

Jangan Gunakan Lip Balm Beraroma

Saat kamu mengoleskan sesuatu yang lezat di bibir, maka kamu akan tergoda untuk menjilatnya.

Pakai Tabir Surya

Tabir surya untuk bibir bisa membantu menjaga bibir biar tidak terbakar , dan kering atau mengelupas.

Banyak Minum

Udara dingin bisa membaut bibir kamu makin kering, jadi, lindungi diri kamu biar tetap hangat. Jangan lupa minum banyak air untuk menghindari dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit dan bibir kering.

Risiko bibir pecah dapat semakin meningkan apabila kamu mengkonsumsi beberapa obat-obatan meliputi vitamin A, lithium, atau obat kemoterapi. Orang yang mengalami dehidrasi atau kurang gizi juga rentan mengalami ini.

Selanjutnya, gimana sih cara mengatasi bibir kering dan pecah?

Eksfoliasi

Saat bibir kamu pecah-pecah, bibir terasa kasar dan mulai mengelupas. Namun, melepas kulit yang tidak sepenuhnya mati dapat menyebabkan perdarahan dan rasa sakit. Cara mengatasi bibir kering bisa dengan mengoleskan exfoliator lembut seperti scrub gula dan madu menggunakan jari kamu.

Berhenti Menggigit Bibir

Beberapa orang punya kebiasaan menggigit bibir bawah mereka, yang justru membaut bibir kering dan pecah-pecah. Maka, cara mengatasi bibir kering adalah dengan menghentikan kebiasaan tersebut. Karena bibir termasuk bagian kulit yang paling lembut, maka memberikan tekanan di bibir bisa menyebabkannya pecah-pecah.

Jangan Mengelupas Kulit di Bibir

Kulit kering dan pecah-pecah memang bikin risih sih. Bagian kulit terluarnya sering bikin gemes dan nggak tahan buat menariknya lepas dari bibir. Padahal, kalau kamu mencari cara mengatasi bibir kering, maka jangan lakukan hal tersebut.

Mengelupas kulit bibir yang belum sepenuhnya mati bisa memperpanjang proses penyembuhan, membuat bibir lebih kering, dan berpotensi membuat kerusakan jangka panjang.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

ilustrasi bibir © Diadona

Bibir yang hitam bisa dikarenakan paparan berlebih terhadap sinar matahari langsung, reaksi alergi, penggunaan kosmetik berkualitas rendah, merokok berlebihan, hingga ketidakseimbangan hormon. Namun bisa semua faktor tersebut nihil, bisa saja bibir hitam terjadi karena faktor keturunan. Terlebih bila bibir tersebut kering, aduh, makin nggak pede buat tampil no make up kan? Kalau begitu, nggak ada salahnya nih mencoba cara mengatasi bibir kering dan hitam ala Diadona.

Masker Lemon dan Gliserin

Untuk kamu yang berbibir kering, mengelupas dan kehitaman, kedua bahan tersbeut cocok banget sebagai cara mengatasi bibir kering. Ini karena gliserin sangata ampuh sebagai pelembab sementara lemon akan bekerja untuk mencerahkan.

Masker Strawberry

Buah ini sangat ampuh untuk pengelupasan kulit, menghilangkan bibir kusam sehingga cocok sebagai cara mengatasi bibir kering dan kehitaman,

Untuk menjadikan campuran lemon dan gliserin sebagai cara mengatasi bibir kering, campur kedua bahan dengan perbandingan yang sama, oleskan pada bibir secara teratur. Ini karena kandungan vitamin C pada buahnya, dan fungsi mencerahkan serta menambah vitalitas kulit.

Kapsul Vitamin E

Vitamin nggak cuman harta karun untuk kulit dan bibir, tapi juga sebagai cara mengatasi bibir kering dan kehitaman. Kamu bisa dengan mudah menemukan kapsul ini di toko. Yang kamu harus lakukan untuk menjadikan vitamin E sebagai cara mengatasi bibir kering yakni dengan memecahkan kapsulnya, lalu oelskan secara merata ke bibir.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering secara Alami

Ilustrasi Madu © Diadona

Kalau kamu adalah tipe yang sangat membatasi penggunaan bahan kimia untuk perawatan diri, cara mengatasi bibir kering secara alami berikut pasti yang kamu cari.

Minyak Kelapa

Cara mengatasi bibir kering bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kelapa. Minyak ini akan menghilangkan peradangan dan merupakan emolien, yang dapat menenangkan dan melembutkan kulit.

Madu

Madu memang sangat melembabkan, nggak cuman untuk kulit tapi juga bisa sebagai cara mengatasi bibir kering dan mengelupas. Madu juga mengandung antioksidan dan sifat antibakteri yang membantu mencegah infeksi berkembang di bibir kering atau pecah-pecah.

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan mineral, juga mengandung polifenol untuk mengurangi peradangan. Untuk menggunakan teh hijau sebagai cara mengatasi bibir kering, rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut ke bibir. Teknik ini lebih lembut dari pengelupasan tradisional.

Dari ulasan Diadona tersebut, pasti ada deh salah satu cara mengatasi bibir kering cocok untuk kesibukan kamu. Mau pilih yang mana?

Beri Komentar