12 Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih secara Alami, Cepat dan Permanen

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 31 Januari 2020 10:36
12 Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih secara Alami, Cepat dan Permanen
Dari konsumsi ramuan tradisional hingga mengubah sedikit gaya hidup sehari-hari, ini lho cara menghilangkan bau badan biar kamu makin pede menjalani hari.

Bersosialisasi memang penting, tapi pernah nggak sih kamu malas dekat dengan seseorang karena badannya yang bau banget? Bukan perkara bajunya yang kotor atau hal di luar tubuhnya, tapi bau keringatnya.

Bau badan umumnya dikasihlan oleh keringat yang berbau. Keringat ini sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yakni accrine dan apokrin. Kelenjar accrine ini merupakan tempat di mana kelenjar bening dan nggak berbau danh dihasilkan sejak bayi, dan berfungsi untuk menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu. Keberadannya di telapak tangan, punggung, dan dahi.

Nah, sedangkan penyebab bau keringat dihasilkan oleh kelenjar apokrin yang letaknya jauh di dalam kulit, dan ada di bagian-bagian lipatan tubuh. Salah satunya yakni ketiak yang punya pori-pori besar, dan berfungsi untuk mengeluarkan keringat. Reaksi kelenjar ini dengan bakteri bakalan menimbulkan bau badan yang nggak sedap. Kelenjar apokrin sendiri baru aktif setelah pubertas.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Alami

39 Manfaat Daun Sirih Merah dan Hijau Untuk Mata, Wajah, Juga Bagi Wanita © Diadona

Kamu pasti sudah tahu kalau masalah cara menghilangkan bau badan bisa kamu lakukan dengan berbagai macam ramuan dari bahan-bahan alam, salah satunya yakni daun sirih dan daun beluntas. Berikut ulasannya.

Daun Sirih

Daun ini telah dipercaya sejak dulu sebagai cara menghilangkan bau badan. Ini kemungkinan karena kandungan dalam daun sirih berupa senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau.

Keefektifannya dari daun sirih ini setara dengan antibakteri dari senyawa asam fusidat dan tawas. Nggak cuman sebagai cara menghilangkan bau badan, ramuan sirih juga dikenal sebagai warisan nenek moyang untuk masalah yang berkaitan dengan keputihan.

Sebagai cara menghilangkan bau badan, coba ikuti langkah berikut:
Untuk menghilangkan bau badan menggunakan daun sirih, caranya adalah:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air
  • Kemudian campurkan pada bak air yang kamu gunakan untuk mandi
  • Mandi dengan rebusan air tersebut

Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih dengan meminumnya:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rendam dalam air panas.
  • Minum airnya

Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih dan kapur sirih:

  • Ambil bebertapa lembar daun sirih dan kapur sirih
  • Haluskan
  • Oleskan di ketiak beberapa saat
  • Bersihkan dengan air

Daun Kemangi

Dalam daun kemangi dipercaya mengandung minyak atsiri yang dapat sebagai cara menghilangkan bau badan. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Kamu cukup memakannya untuk teman makan sambal, atau bisa kamu masukkan dalam olahan makanan.

Daun Beluntas

Selain daun sirih, tanaman beluntas juga sudah dikenal untuk cara menghilangkan bau badan. Nggak cuman itu, daun beluntas juga akan menghilangkan bau mulut lho. Tanaman ini bisa kamu temukan dengan mudah, dan untuk menggunakannya sebagai cara menghilangkan bau badan, kamu cuman perlu mengukus dan mengkonsumsinya atau bisa dengan dilalap langsung.

Temulawak

Untuk memanfaatkan temulawak sebagai cara menghilangkan bau badan, cukup rebus lalu minum airnya. Parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan.

Jeruk Nipis

Kegunaan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan bau badan sepertinya masih belum terkenal dibandingkan dengan daun sirih yah. Padahal dari hasil penelitian menyebut, senyawa antibakteri yang ada dalam jeruk nipis punya efektivitas yang lebih tinggi dibanding sirih dalam membunuh bakteri penyebab bau badan.

Untuk menggunakanya sebagai cara menghilangkan bau badan, kamu perlu memotongnya menjadi dua bagian, lalu oleskan di ketiak. Hati-hati karena jeruk nipis akan sangat menyakitkan saat terkena kulit yang terluka.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih

Ilustrasi Bawang Putih © Diadona

Selain konsumsi makanan tersebut, kamu juga bisa melakukan langkah-langkah sederhana berikut sebagai cara menghilangkan bau badan:

Keringkan Tubuh dengan Handuk

Setelah mandi, keringkat badan dengan handuk sampai benar-benar kering sebagai cara menghilangkan bau badan. Mengapa? Karena saatbajumu basah, sangat mungkin sebagai tempat tumbuh yang baik oleh bakteri.

Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Nggak cuman nafas yang berbau, apa yang kamu makan bisa bangte lho berpengaruh sama bau badan kamu. Misalnya, makanan yang mengandung belerang seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat memengaruhi aroma kamu. Bawang dan bawang putih sering jadi penyebabnya. Atau kadang juga makanan kari atau yang berempah tinggi bisa mempengaruhi bau badan kamu.

Kekurangan nutrisi dalam zinc juga bisa menjadi penyebab bau badan. Tes medis di Imperial College, London, menunjukkan, orang yang bermasalah dengan bau badan memiliki ketidakseimbangan dalam sistem pencernaan atau
akibat ketidakseimbangan asupan nutrisi. Diet tinggi lemak, tinggi gula, tinggi daging merah, dan rendah serat bisa memicu bau badan pula.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Cepat

Ilustrasi Deodoran © Diadona

Ada banyak langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan bau badan. Yang paling praktis dan juga cepat sih, denganggan menggunakan deodoran atau antirespiran. 

Menggunakan Deodoran

Jangan sampai melupakan beda penting ini dalam rutinitas perawatan tubuhmu yah! Deodoran dapat sebagai cara menghilangkan bau badan dengan mencegah keringat biar nggak berbau tetapi nggak menghentikan keringat itu sendiri.

Deodoran dan antirespiran sebagai cara menghilangkan bau badan ini seringkali berbasis alkohol, dan membuat kulit kamu menjadi asam. Alkohol ini lho juga akan menghambat bakteri untuk terbentuk yang menyebabkan bau keringat.

Menggunakan Antiperspiran

Yang wajib kamu tahu, antiperspiran ini beda dengan deodoran yah. Karena antiperspiran membantu mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan dengan memblokir sementara pori-pori yang melepaskan keringat. Semakin sedikit keringat yang datang ke permukaan kulit kamu maka, semakin sedikit bau yang dihasilkan.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan secara Permanen

ilustrasi wanita mandi © Diadona

Sebenarnya sangat normal kok untuk punya keringat karena itu adalah hasil metabolisme tubuh kamu. Bau yang nggak terlalu mengganggu juga sebaiknya nggak perlu kamu takuti. Tapi kalau sudah berefek pada gimana hubungan sosial kamu sih, sepertinya memang kamu harus segara mencari cara menghilangkan bau badan.

Mandi dengan Sabun Antibakteri

Setelah beraktifitas yang membuat kamu mengeluarkan keringat, kamu haruis segera mandi untuk membunuh bakteri. Usahakan juga menggunakan sabun antibakteri atau antiseptik.

Mencukur Bulu Ketiak

Dilansir dari healthline.com (31/01), penelitian yang dilakukan di tahun 2016 mengungkap, mencukur atau waxing ketiak dapat sebagai cara menghilangkan bau badan secara signifikan. Ini karena pembersihan lebih efektif pada kulit yang dicukur atau di-wax.

Botox

Tahu ngak sih kalau botox tuh nggak cuman digunakan sebagai perawatan kulit, tapi juga bsia sebagai cara menghilangkan bau badan, lho! Menurut Archives of Dermatology yang dilakukan oleh peneliti Jerman mengungkpakan, praktek menyuntikkan botok disebut dapat sebagai cara menghilangkan bau badan.

Beri Komentar