15 Manfaat Belerang bagi Kesehatan Kulit dan Kecantikan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 1 Maret 2021 12:05
15 Manfaat Belerang bagi Kesehatan Kulit dan Kecantikan
Meski memiliki aroma yang menyengat, manfaat belerang ternyata sudah lama dikenal, terlebih dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat. Bahkan, untuk mewujudkannya tak jarang diantara kalian rela menghabiskan banyak waktu dan biaya agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tapi, tahu nggak sih kalau ada bahan alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit? Yaps, bahan alami tersebut ialah belerang atau sulfur. Di dalam dunia farmasi, manfaat belerang untuk kulit sudah lama digunakan, guys.

Lantas, apa saja sih manfaat belerang lainnya bagi kecantikan dan kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 6 halaman

Manfaat Belerang untuk Kulit

Penyebab Panu © Diadona

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat belerang, alangkah baiknya kalau kamu memahami apa itu belerang. Belerang merupakan unsur alami yang terdapat dalam tubuh manusia.

Nah, setelah tahu apa itu belerang, mari simak penjelasan manfaat belerang untuk kulit berikut ini.

1. Mengobati Panu dan Kurap

Manfaat belerang untuk kulit pertama bisa kamu jadikan sebagai pengobatan panu dan kurap. Ya, banyak yang percaya bahwa belerang biasa digunakan untuk mengobati panu dan kurap.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, yakni mencampurkan bubuk belerang dengan minyak sayur, lalu oleskan pada bagian kulit yang terdapat kurap dan panu.

2. Menangani Kulit Gatal Akibat Gigitan Tungau

Selain untuk mengobati panu dan kurap, ternyata manfaat belerang juga bisa menangani kulit gatal akibat gigitan tungau lho, guys. Salah satu cara untuk mengatasi keluhan karena gigitan tungau ialah dengan mengoleskan salep yang mengandung belerang pada area kulit yang terkena.

2 dari 6 halaman

3. Pengobatan Infeksi Skabies

Ilustrasi Gatal-Gatal © Diadona

Manfaat belerang selanjutnya adalah untuk pengobatan infeksi skabies. Skabies merupakan salah satu infeksi yang bisa terjadi pada kulit. Dimana gejalanya berupa keluhan gatal, yang sering memburuk ketika malam hari, berkeringat atau terpapar cuaca panas.

Untuk pengobatannya cukup mengoleskan salep yang mengandung belerang pada bagian kulit yang terinfeksi. Mudah, bukan?

4. Mengatasi Gatal-gatal

Seperti diketahui, gatal-gatal pada kulit biasanya disebabkan karena bakteri dan kuman. Sehingga apabila tidak segera diatasi, lama kelamaan kulit tersebut akan menjadi iritasi karena terlau sering di garuk. Untuk mengatasi kulit gatal-gatal ini, kamu bisa berendam di air belerang.

5. Membersihkan Kotoran di Pori-pori

Manfaat belerang untuk kulit juga bisa digunakan guna membersihkan pori-pori kulit, lho. Ya, penggunaan belerang pada kulit ini akan membuat bakteri yang ada di dalam pori-pori tertarik keluar. Tak hanya itu, minyak di wajah yang menyumbat pori-pori juga bisa dibersihkan keluar.

3 dari 6 halaman

6. Mengurangi Ketombe

Ilustrasi Ketombean © Diadona

Selain untuk mengobati panu dan kurap, ternyata belerang pun bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kulit kepala yang bermasalah seperti ketombe. Cara kerja belerang ini bisa melakukan tindakan eksfoliasi pada kulit rambut secara teratur sehingga akan menghilangkan ketombe di rambut.

7. Meredakan Gejala Dermatitis

Manfaat belerang untuk kulit berikutnya ternyata juga bisa mengurangi kemerahan akibat peradangan, guys. Seperti dalam kasus penyakit seperti eczema (eksim atau dermatitis atopik), seboroik, dermatitis serta dermatitis numularis.

4 dari 6 halaman

Manfaat Belerang untuk Wajah

Ilustrasi Jerawat © Diadona

Selain untuk kesehatan kulit, belerang juga bisa dimanfaatkan dalam mengobati kulit wajah. Seperti masalah jerawat hingga memberikan efek anti penuaan. Untuk lebih jelasnya, simak artikelnya di bawah ini.

8. Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat belerang untuk wajah ialah mengobati jerawat. Hal ini dikarenakan belerang mengandung anti-bakteri yang mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat serta memulihkan bagian kulit yang terdapat bekas jerawat.

Sehingga, kalau kamu mengalami jerawatan dan ingin jerawat tersebut cepat hilang, maka gunakan obat-obatan jerawat dengan kandungan belerang sekaligus resorcinol atau sodium sulfacetamide.

Tapi, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan jerawat apa pun ya, terutama buat jerawat kamu yang tergolong parah.

9. Mengurangi Sebum

Manfaat belerang untuk wajah selanjutnya adalah mampu meminimalkan produksi minyak atau sebum pada kulit. Seperti yang diketahui, sebum yang berlebihan bisa menyumbat pori-pori sehingga bakteri penyebab jerawat ini bisa berkembang biak di dalamnya.

5 dari 6 halaman

10. Mengatasi Penyakit Rosacea

 

Ilustasri Penyakit Rosacea © Diadona

Ternyata manfaat belerang juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rosacea, lho. Penyakit ini memiliki gejala kemerahan pada wajah yang diakibatkan oleh bakteri dan radang. Sehingga penggunaan belerang pada wajah yang mengalami penyakit ini bisa meredakan peradangan yang terjadi hingga menghambat pertumbuhan bakteri.

11. Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat memang sulit dihilangkan, tapi jangan salah. Kamu bisa kok mencoba mengatasinya dengan belerang. Ya, manfaat belerang ini mampu mengelupas sel-sel kulit mati sehingga akan membantu dalam memudarkan bekas jerawat yang kamu miliki.

Eits, tapi kamu juga sebaiknya tak hanya bergantung pada penggunaan belerang untuk memudarkan bekas jerawat, ya. Apalagi kalau noda jerawat ini susah sekali hilang.

 

 

6 dari 6 halaman

12. Memperlambat Tanda-tanda Penuaan

Ilustrasi wanita antipenuaan © Diadona

Selain untuk mengatasi penyakit Rosacea, belerang juga dimanfaatkan untuk memperlambat tanda-tanda penuaan lho, Guys. Bahkan, penggunaan masker belerang juga dipercaya mampu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan mata panda. Wow, cukup menarik, ya.

13. Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Perlu diketahui, bahwa penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat wajah menjadi kusam, oleh karena itu sel-sel tersebut harus segera dibersihkan. Nah, penggunaan belerang ini bisa dijadikan sebagai solusi yang tepat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Sebab, belerang memiliki sifat keratolitik yang mampu membersihkan sel kulit mati pada wajah.

Nah, itulah beberapa manfaat belerang untuk kesehatan dan kulit wajah yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu tertarik untuk membuktikannya seluruh manfaat tersebut? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar