7 Manfaat Bio Oil untuk Payudara, Jerawat dan Perawatan Wajah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 7 Januari 2021 19:36
7 Manfaat Bio Oil untuk Payudara, Jerawat dan Perawatan Wajah
Manfaat Bio Oil banyak disebut bisa mengurangi jerawat hingga mengurangi tampilan stretch mark.

Di Indonesia, bio oil lebih merujuk pada suatu nama merk dagang untuk suatu produk kecantikan kulit. Sedangkan di luar negeri, nama bio oil juga merujuk pada suatu minyak dengan bahan-bahan meliputi

  • Minyak mineral
  • Minyak biji bunga matahari
  • Tokoferil asetat (vitamin E)
  • Minyak bunga anthemis nobilis (chamomile)
  • Minyak lavandula angustifolia (lavender)
  • Minyak rosmarinus officinalis (rosemary)
  • Ekstrak calendula officinalis (marigold)
  • Minyak glisin soja (kedelai)

Dalam klaimnya, beberapa manfaat bio oil antara lain

  • Memperbaiki tampilan bekas luka baru dan lama
  • Memperbaiki tampilan stretch mark
  • Memperbaiki tampilan hiperpigmentasi baik untuk jenis kulit gelap maupun terang
  • Menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah dan tubuh yang menua
  • Mempertahankan kelembaban kulit

Lebih lanjut mengenai manfaat bio oil, yuk kepoin ulasan Diadona yang udah dikumpulin dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Manfaat Bio Oil untuk Payudara

Manfaat Bio Oil © Diadona

Konon ada beberapa minyak yang katanya bisa memberikan efek pada payudara seperti pengencangan, membesarkan dan melembutkan kulit payudara. Pertanyaannya, apakah ada manfaat bio oil untuk memperbesar payudara? Hhm..

Meskipun ada banyak ragam manfaat bio oil untuk kulit, tapi mengencangkan payudara hanya bisa dilakukan dengan operasi atau dengan latihan dan olahraga. Manfaat bio oil untuk payudara mungkin nih bisa didapatkan melalui pemijatan dengan teknik tertentu. Pengen cobain?

Kalau kamu duah etrlanjur beli bio oil untuk payudara, yah, mungkin kamu bisa menggunakan manfaat bio oil lainnya untuk tujuan berikut ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Bio Oil untuk Jerawat

Manfaat Bio Oil © Diadona

Meredakan Jerawat

Minyak vs jerawat, apakah bisa? Yup, ternyata bisa lho!

Meskipun Bio-oil tidak dianggap sebagai pengobatan jerawat, salah satu bahannya digunakan untuk mengobati jerawat. Ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang melibatkan minyak rosemary antbakteri terhadap Propionibacterium acnes (P. acnes), bakteri yang hidup di kulit dan berkontribusi pada jerawat.

Manfaat bio oil sebagai perawatan jerawat ini didukung dengan sifatnya yang nonkomedogenik , artinya tidak akan menyumbat pori-pori. Namun beberapa dokter akan cenderung mentarankan perawatan selain bio oil untuk jerawat, misalnya :

  • Benzoil peroksida
  • Asam salisilat
  • Asam alfa hidroksi (AHA)

Membantu Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat Bio Oil untuk menghilangkan jerawat paling terasa kalau dioleskan ke jerawat baru, meskipun tetap bisa sih untuk meringankan jerawat lama. Penelitian yang dilakukan nunjukin kalau sebanyak 84% koresponden mengalami perbaikan pada keseluruhan kondisi bekas jerawat mereka, dan lebih dari 90 persen mengalami perbaikan pada warna bekas luka.

Sayangnya, penelitian ini menggunakan jumlah, umur dan ras subjek yang terbatas. Untuk mendapatkan klaim lebih lanjut mengenai manfaat Bio Oil ini, diperlukan penelitian yang lebih luas lagi dengan lebih banyak koresponden.

3 dari 3 halaman

Manfaat Bio Oil untuk Wajah

Manfaat Bio Oil © Diadona

Kamu bisa mendapatkan manfaat Bio Oil di wajah dengan mengoleskan beberapa tetes untuk kulit kering atau gunakan sebagai oil cleanser. Beberapa orang membiarkan Bio Oil semalaman di wajah mereka, tapi cuman ada sedikit penelitian yang membuktikan kemanjurannya.

Membantu Mengatasi Kerutan

Kerutan di kulit tanda penuaan bisakah dihilangkan dengan mengambil manfaat Bio Oil? Ternyata menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2007, vitamin A yang ditemukan pada Bio Oil ini bisa memperbaiki kerutan halus lho.

Vitamin A dalam bentuk retinol udah terbukti menyamarkan kerutan halus. Ini karena induksi glikosaminoglikan yang signifikan yang diketahui dapat menahan banyak air serta kemampuannya untuk meningkatkan produksi kolagen.

Tapi manfaat Bio Oil dan kandungan retinol ini baru bisa terlihat setelah 24 minggu pemakaian secara rutin ya! Yup, 24 minggu. Jadi nggak bisa tuh kalau kamu pengen kulit bebas kerutan dari manfaat Bio Oil cuman dengan satu atau dua kali olesan doang.

Perawatan Bekas Luka

Manfaat Bio Oil udah diteliti bisa mengurangi jaringan parut 14% lebih baik ketimbang bagian kulit yang nggak dirawat. Bio Oil disebut bisa bekerja dengan meregenerasi sel-sel kulit dari kulit yang rusak atau juga bisa dengan dengan meningkatkan kolagen.

Untuk mendapatkan manfaat Bio Oil secara maksimal untuk penyembuhan luka, gunakan di fase awal pengobatan. Kemungkinan nih dalam satu minggu kamu udah bisa melihat adanya penutupan luka dan mempercepat penyusutan luka.

Manfaat Bio Oil sebagai penyamar bekas luka didapat dari kandungan vitamin A nya.

Membantu Menyamarkan Strech Mark

Salah satu manfaat Bio Oil yang paling dikenal adalah kemampuannya dalam memudarkan strech mark hingga mencegah kemunculannya. Pernah denger kan produk yang memberikan klaim demikian sehingga ramai digunakan oleh ibu hamil? Tapi, apakah proiduk tersebut telah terbukti ampuh?

  • 93% pasien menyatakan kalau Bio Oil bikin kulit mereka lebih lembut dan kenyal tahan lama
  • 61% menyatakan kalau Bio Oil bikin penampilan kulit jadi lebih baik
  • 51% dari koresponden menyatakan manfaat Bio Oil mampu membuat bekas lebih cepat hilang

Mengurangi Flek Hitam di Wajah

Beberapa penelitian menujukkan manfaat Bio Oil untuk mengatasi hiperpigmentasi. Hasilnya mengagumkan lho! Sebanyak 86% orang yang menggunakan Bio Oil selama 12 minggu penunjukkan adanya pemerataan warna kulit secara signifikan. Tapi kalim ini dibuktikan oleh produsen Bio Oilnya sendiri sehingga mengenai kebenaran manfaatnya, perlu adanya penelitian independen.

Perawatan Kulit Berminyak

Bentar bentar, kok malah bisa ya ada manfaat Bio Oil untuk kulit berminyak? Apa nggak terkesan kontraproduktif

Eh, ternyata menurut Healthline, kulit tampak berminyak karena sebenarnya tidak memiliki cukup minyak, dan kelenjar sebaceous memberikan kompensasi berlebih dengan memproduksi terlalu banyak.

Manfaat Bio Oil yang udah Diadona sebutkan di atas sebagian besar merupakan klaim dari produsennya. Masih diperlukan penelitian independen untuk mengetahui khasiat dari minyak satu ini.

Beri Komentar