Sering Patah dan Kering, Ini 8 Langkah Atasi Rambut Rontok dan Rusak!

Reporter : Diba
Rabu, 23 Agustus 2023 15:00
Sering Patah dan Kering, Ini 8 Langkah Atasi Rambut Rontok dan Rusak!
Atasi rambut rontok dan rusak dengan 8 langkah ini, pasti ampuh!

Rambut rontok adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh para perempuan. Rambut rontok dan rusak sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti debu, memakai produk yang mengandung bahan kimia hingga tidak memperhatikan kebersihan kulit kepala dan rambut.

Sehingga, untuk mendapatkan rambut yang sehat dan tidak kering atau gampang patah perawatan pada rambut juga harus ditingkatkan. Berikut 8 langkah atasi rambut rontok dan rusak yang bisa kamu lakukan sejak dini agar rontok pada rambut berkurang!

1 dari 8 halaman

1. Pemilihan Shampoo

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Mungkin terlihat sepele tetapi pemilahan shampoo sangat perlu diperhatikan untuk seseorang yang memiliki masalah rambut rontok. Selain itu, shampoo juga adalah treatment pertama untuk rambut sehingga penggunaan dan jenis produknya harus lebih diperhatikan.

Untuk produk shampoo sendiri kamu bisa mencoba Makarizo Salon Daily Shampoo atau L'Oreal Expert Shampoo. Kamu juga bisa menggunakan shampoo lain yang mengandung bahan seperti biotin, keratin dan vitamin B12 untuk memperbaiki rambut kamu kembali sehat.

2 dari 8 halaman

2. Keramas 3 Kali Seminggu

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Selain memperhatikan pemilihan shampoo, rambut yang sering rontok juga harus diperhatikan kebersihannya. Untuk mengatasi dan mengurangi adanya rambut rontok maka keramas harus dilakukan 3 minggu sekali. Ini berfungsi mengurangi lepek dan gugurnya rambut serta mengurangi adanya rambut patah.

3 dari 8 halaman

3. Gunakan Conditioner

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Seseorang yang memiliki rambut yang sering rontok maka harus merawatnya dengan extra. Salah satunya dengan penggunaan conditioner. Untuk penggunaan conditioner jika memungkinkan carilah produk yang memiliki kandungan keratin agar rambut lebih kuat.

4 dari 8 halaman

4. Gunakan Masker Rambut

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Selain memberikan conditioner, memasker rambut setiap minggu juga perlu. Masker rambut berfungsi menjaga dan melindungi rambut melalui nutrisi yang berada pada produk.

Untuk masker rambut sendiri, produk yang bagus juga yang mengandung keratin. Namun, jika sulit mendapatkan masker rambut yang memiliki keratin maka memakai masker rambut alami seperti penggunaan aloe vera dan minyak zaitun.

5 dari 8 halaman

5. Styling Rambut Seperlunya

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Jika kamu dalam perawatan untuk mengurangi rambut rontok maka kamu harus mengurangi styling pada rambutmu seperti pemakaian cat rambut yang berlebihan atau catok rambut terus-menerus. Rawatlah rambut rontok kamu terlebih dahulu hingga benar-benar sehat kembali lalu kamu bisa melakukan styling rambut yang kamu inginkan.

6 dari 8 halaman

6. Konsumsi Makanan Sehat

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Selain menjaga rambut dengan berbagai perawatan, rambut rontok juga perlu dijaga dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang mengandung protein, omega-3, zat besi, zinc dan vitamin A, C dan E bisa mengurangi permasalahan rambut rontok kamu loh.

7 dari 8 halaman

7. Hindari Stress Berlebihan

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Isi kepala juga mempengaruhi rambut rontok. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki masalah rambut harus rajin melakukan olahraga yang menurunkan tingkat stress seperti Yoga. Perasaan stress yang tidak terselesaikan dapat membuat rambut rontok lebih parah.

8 dari 8 halaman

8. Konsultasi dengan Dokter

8 Langkah Atasi Rambut Rontok © Diadona

Jika rambut kamu sudah rontok dan rusak sangat parah, maka rambut kamu harus dikonsultasikan kepada profesional salah satunya konsultasi dengan dokter spesialis kulit atau dermatologis agar mendapatkan perawatan intensif.

Itulah tadi 8 langkah atasi rambut rontok dan rusak. Lakukan secara konsisten dan terus perhatikan rambut kamu yah agar tidak rontok apalagi hingga mengalami kebotakan. Selamat mencoba Diazens!

 

 

 

Beri Komentar