10 Penyebab Jerawat Batu di Pipi dan Dagu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 9 Agustus 2020 04:20
10 Penyebab Jerawat Batu di Pipi dan Dagu
Kalau sudah datang, jerawat ini meninggalkan jaringan parut yang bertahan selamanya di kulit. Dengan tahu apa sih penyebab jerawat batu maka bisa membuat kita cari cara mencegahnya.

Kalau kepala batu berarti sifat yang keras kepala, mungkin hal yang sama juga mengapa dinamakan jerawat batu. Mengenali penyebab jerawat batu mungkin akan sedikit membantu mencegah atau mempersiapkan gimana cara menghilangkannya.

Jerawat batu adalah jerawat adalah jenis jerawat yang paling serius dan muncul ketika kista terbentuk jauh di bawah kulit. Jerawat batu ini nggak pernah naik ke permukaan kulit. Mungkin ini alasan penyebab jerawat batu meninggalkan jaringan parut. Eh tapi nggak usah khawatir, ada beragam cara menghilangkan jerawat batu kok.

Siapapun bisa terkena jerawat, tapi jerawat batu cenderung muncul pada mereka dengan kulit berminyak. Jerawat ini sering menyakitkan, meradang, dan nggak bisa hilang dengan sendirinya. Karena mencegah lebih baik daripada kesel sama jerawat itu sendiri, cari tahu yuk apa saja penyebab jerawat batu ini.

1 dari 3 halaman

Penyebab Jerawat Batu

Penyebab Jerawat Batu © Diadona

Jerawat batu ini muncul di berbagai bagian wajah, mulai dari pipi, dagu, jidat, yang lainnya. Jerawat batu yang telah hilang biasanya meninggalkan jaringan parut yang sangat mengganggu tekstur kulit.

Penyebab jerawat batu dimulai dari proses berikut : Pori-pori kulit memiliki kelenjar sebaceous yang mengeluarkan zat berminyak yang dikenal sebagai sebum. Sebum ini normal kok dan bertugas untuk membantu melindungi folikel rambut dan kulit.

Tapi, produksi sebum dan sel kulit yang berlebihan bisa menyebabkan pori-pori jadi tersumbat. Lalu ini merupakan kondisi yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri.

Dilansir dari Medical News Today, secara umum, penyebab jerawat batu yakni karena masalah minyak berlebih. Masalah tersebut berakar dari perubahan hormon, dan juga didukung oleh faktor lainnya.

Perubahan Hormon

Ini merupakan faktor terbesar penyebab jerawat batu pada masa remaja. Selama masa pubertas, kadar hormon androgen yang bersirkulasi meningkat secara dramatis, yang menyebabkan peningkatan produksi sebum. Lalu bakteri tumbuh terperangkap di dalam pori-pori. Selain itu, sel kulit juga mulai tumbuh lebih cepat.

Akibatnya, terjadi peradangan pada kulit dan jadi penyebab jerawat batu ini. Selain itu ada pula faktor lain yang terlibat, yaitu:

Genetika

Coba kamu perhatikan deh kalau ternyata masalah jerawat batu ini dialami oleh orang tua dan anaknya. Mengapa ini terjadi? Karena masalah minyak berlebih yang jadi penyebab jerawat batu ini cenderung diturunkan dari orang tua. Ini berasal dari atribut keturunan kelenjar sebaceous yang berukuran besar. Bila itu terjadi, maka kulit cenderung mengeluarkan minyak berlebih.

Make Up

Kalau kamu punya kecenderungan kulit berminyak, penting banget untuk selalu memakai produk perawatan yang nggak bikin kulit makin 'glowong'. Gunakan produk berlabel bebas minya atau nonkomedogenik.

Lingkungan

Kelembapan dan cuaca panas cenderung merangsang sekresi sebum, yang menyebabkan lebih banyak minyak pada kulit. Inget kan, inilah yang jadi penyebab jerawat batu, Sebaliknya, di iklim kering atau dingin, kulit bisa mengering, menyebabkan kelenjar minyak menjadi overdrive untuk mengimbanginya

Konsumsi Obat

Beberapa obat dan bahan kimia, misalnya kortikosteroid, litium, fenitoin, dan isoniazid dapat memperburuk atau menyebabkan benjolan yang mirip dengan jerawat. Selain itukKontrasepsi oral dan pengobatan penggantian hormon dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak penyebab jerawat batu.

Kulit berminyak adalah salah satu kemungkinan efek samping penggunaan steroid jenis tertentu. Banyak obat juga dapat menyebabkan dehidrasi yang mengarah pada produksi minyak berlebih.

Terlalu Sering Cuci Muka

Alih-alih mmebersihkan wajah yang terlalu berminyak, cara ini justru malah jadi penyebab jerawat batu lho. Saat kulit menerima perlakuan exfoliator kasar dan abrasif, hal ini justru bisa menghilangkan kelembaban alami kulit. Lalu akhirnya kulit bakalan mengeluarkan minyak untuk menjaga kelembaban tersebut, dan membuat produknya jadi berlebihan.

2 dari 3 halaman

Apa Penyebab Jerawat Batu di Pipi?

Penyebab Jerawat Batu © Diadona

Banyak banget informasi yag mengatasnamakan penelitian kesehatan yang berusaha menghubungkan antara letak jerawat dengan kesehatan organ tertentu. Dikutip dari Healthline, menurut kepercayaan China, hal tersebut mungkin saja. Hanya saja belum ada bukti ilmiah yang menghubungkan antara lokasi jerawat dengan tanda penyakit dalam tubuh.

Dari pada kecewa, mending kamu cari tahu apa saja kemungkinan penyebab jerawat di pipi ini dan buru-buru mengatasinya.

Seprai dan Bantal Kotor

Seberapa sering kamu mengganti seprai dan sarung bantal? Kalau jarang diganti maka sel kulit mati, debu, bakteri, sisa make up bakalan berkumpul di permukaan tersebut, lho.

Selanjutnya saat kamu tidur dan menempelkan pipimu di sana, maka bakteri tersebut akan berpindah ke pipi dan jadi penyebab jerawat batu.

Terlalu Sering Menyentuh Pipi 

Tentu kamu nggak bsia menjamin bakteri apa saja yang menempel di tangan kamu. Bisa saja bakteri tersebut berasal dari benda lain dan terbawa di tangan. Saat kamu terlalu sering menyentuh pipi, maka bakteri tersebut pindah ke pipi dan jadi penyebab jerawat batu.

Peralatan Make Up yang Tidak Bersih

Jangan-jangan peralatan make up kamu malah sebenarnya jadi sarang bakteri penyebab jerawat batu lho. Untuk menghindarinya, sering bersihkan yuk!

Ponsel yang Kotor

Ponsel yang kamu pakai juga mungkin jadi tempat berkumpulnya bakteri penyeab jerawat batu.

3 dari 3 halaman

Penyebab Jerawat Batu di Dagu

Penyebab Jerawat Batu © Diadona

Nah, di sinilah sebenarnya pemetaan wajah yang akurat. Jerawat pada dagu dan rahang sering kali disebabkan oleh fluktuasi hormon, yang berarti ada gangguan pada sistem endokrin. Ini biasanya akibat kelebihan androgen , yang merangsang kelenjar minyak secara berlebihan dan menyumbat pori-pori.

Ketidakseimbangan hormon penyebab jerawat batu ini juga bisa dikaitkan dengan pola makan, meski sepertinya masih sangat lemah. Trus juga ada penelitian yang percaya kalau kesehatan unsu juga pengaruh sebagai penyebab jerawat batu di dagu, terutama pada tingginya produksi karbohidrat dan produk susu yang sudah ditambah hormon.

Beri Komentar