16 Cara Mencegah Jerawat Batu dan Menghilangkan Bekasnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 4 April 2020 16:20
16 Cara Mencegah Jerawat Batu dan Menghilangkan Bekasnya
Memang lebih baik mencegah timbang mengobati, ya nggak sih?

Muka tanpa jerawat adalah idaman setiap orang. Sayangnya, yah, namanya juga manusia, nggak semua yang kita pengen bisa terlaksana. ]

Jerawat yang kita sebelinitu terjadi saat kelenjar minyak di kulit terlalu aktif dan pori-pori menjadi meradang. Beberapa jenis bakteri juga dapat memperburuk jerawat. Makanya, jerawat bisa aja muncul di mana aja, misalnya punggung, leher, meski yang paling sering sih terjadi di wajah.

Mengganggu penampilan banget, kan?

Kalau jerawat ini udah terjadi, biasanya pengen tahu gimana cara ngilanginnya. Setelah hilang, eh muncullah bekasnya yang bandel dan nggak mau pergi. Tapi kalau belum muncul, pasti pengen tahu ada nggak sih cara mencegah jerawat biar nggak nongol dan mengganggu perdamaian dunia?

Ada, dan banyak! Berikut Diadona kasih tau apa aja sih yang bisa kamu lakukan sebagai cara mencegah jerawat. Well, mungkin ngak sepenuhnya berhasil di kamu, tapi nggak ada salahnya mencoba kan?

1 dari 3 halaman

Cara Mencegah Jerawat secara Alami

Ilustrasi mencuci muka © Diadona

Cara mencegah jerawat yang alami bakalan jadi opsi yang murah dan aman. Untuk efektivitasnya sendiri sih, tergantung kondisi kulit kamu dan banyak hal lainnya. Yuk dicoba!

Cuci Wajah yang Benar

Ini kayaknya jadi aturan utama dalam cara mencegah jerawat. Karena penting untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan keringat setiap hari, si penyebab jerawat. Namun, mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dapat memperburuk jerawat.

Lho, kok bisa?

Karena dengan sering mencuci wajah maka artinya kamu membersihkan minyak alami di kulit, lalu kulit bakalan produksi minyak lagi, yang mungkin bakalan berkontribusi pada munculnya jerawat baru.

Untuk cara mencegah jerawat, jangan mencuci wajah dengan pembersih kasar yang mengeringkan kulit. Gunakan pembersih bebas alkohol.

Mengenali Jenis Kulit Kamu

Siapapun bisa kena jerawat, nggak cuman merekak yang punya kulit berminyak doang. Tapi, kulit berminyak sih emmang yang paling rentan. Trus jenis kulit kedua yang rentan kena jerawat yaitu kulit kombinasi, yaitu kulit yang punya area kering dan area beminyak.

Dengan tahu jenis kulit kamu maka bisa menentukan cara menjegah hjerawat mana nih yang paling coock untuk kamu. Misalnya untuk kamu wahai pemilih kulit berminya, cara mencegah jerawat bisa kamu lakukan dengan menggunakan produk pembersih wajah noncomedogenic yang nggak menghalangi pori-pori.

Melembabkan Kulit

Lah tadi katanya cara mencegah jerawat yaitu untuk membersihkan minyak di kulit, kok malah justru disuruh melembabkan? Karena kulit yang kering juga nggak baik, gengs, bikin kulit rentan teriritasi trus gampang keriput.

Makanya, pelembab untuk cara mencegah jerawat dengan pelembab pun harus dipilih yang bebas pewangi dan noncomedogenic.

Jangan Menggosok Kulit terlalu Keras

Beberapa orang mengosok kulit mereka kencenga banget, atau menggunakan butiran scrub yang kasar. Akibatnya, ini bakalan mengiritasi kulit, menyebabkan peradangan dan bisa memunculkan jerawat atau justru bikin jerawat makin buruk.

Untuk cara mencegah jerawat, coba deh pakai scrub yang lembut. Scrub memang perlu banget untuk eksfoliasi kulit, tapi gunakan dengan bijak ya!

Menjaga Kebersihan Rambut

Apa hubungannya nih rambut sama cara mencegah jerawat? Jadi kelebihan minyak di rambut bakalan menyebar ke kulit, bakana menjadi cikal bakal jerawat atau memperburuk jerawat yang udah ada.

Mencuci rambut secara teratur dapat menghentikan timbulnya jerawat, cara mencegah jerawat terutama yang dekat dengan garis rambut.

Yang mungkin baru kamu tahu nih, jangan juga menggunakan produk rambut sampai terkena wajah ya, karena ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan berjerawat.

Pilih Makanan dengan Bijak

Ada orang yang katanya sih tiap habis makan makanan tertentu langsung jerawatan keesokan paginya. Tapi, dilansir dari laman medicalnewstoday.com, sampai saat ini dokter masih nggak yakin kalau ada hubungan antara makanan dengan jerawat.

Tapi, penelitain baru-baru ini menunjukkan kalau ada beberapa makanan yang memang dapat memicu jerawat untuk orang tertentu, jadi cara mencegah jerawat untuk orang tersebut yaitu dengan tahu mana makanan yang bikin dia berjerawat.

Jangan Keseringan Pegang Wajah

Setiap kali tangan kamu meyentuh mwajah, maka sama aja memindahkan kotoran dan minyak. Ini kebiasaanyang penting untuk cara mencegah jeraewat, tapi susah banget dilakuin.

Jangan Pernah Mencet Jerawat

Jangan, please. Emang sih ngegemesin banget, tapi jerawat yang udah timbul bisa jadi meradang, trus muncul jerawat baru atau bikin munculnya jaringan parut setelah si jerawat berajhir.

Mengganti Seprai dan Sarung Bantal setiap Dua Minggu

Jangan males ya, karena ini bisa jadi cara mencegah jerawat yang efektif. Seprai dan sarung bantal yang kamu pakai bisa jadi sarang bakteri penyebab jerawat muncul.

Pakai Sunscreen Tiap Keluar Rumah

Nggak cuman biar kulitmu nggak gosong, tapi ini juga sebagai cara mencegah jerawat. Terlalu banyak atahari memiliki banyak efek merusak pada kulit. Sengatan matahari juga dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak yang membuat jerawat muncul dan lebih buruk.

Untuk cara mencegah jerawat, pakai sunscreen minimal SPF 15.

Banyak Minum Air Putih

Kalau tubuh lagi dehidrasi, maka tubuh bakalan ngasih sinyal ke kelenjar minyak di kulit untuk menghasilkan miny. Apa akibatnya? Yes, muncullah jerawat.

Maka untuk cara mencegah jerawat, banyakin minum air putih ya. Kamu perlu seenggaknya 8 gelas tiap hari. Nggak cuman sebagai cara mencegah jerawat, tubuh nggak terhidrasi dengan baik bakalan membuat kulit bercahaya dan ngga kusam.

Batasi Make Up Tebal

Emang pake make up tebal tuh menggoda banget yak. Eits, tapi jangan sering-sering karena bisa mennyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat.

Kalau memang kepepet banget, maka cara mencegah jerawat yaitu bisa dengan menggunakan produk yang noncomedogenic, tipis, hindari foundation yang berminyak dan berat.

2 dari 3 halaman

Cara Mencegah Jerawat Batu

Ilustrasi Jerawat © Diadona

Sama aja kayak namanya, jerawat batu tuh batu banget! Udahlah ukurannya besat, merah, mana sakit banget.

Kemunculan jerawat batu ini juga momok banget, mengingat dia bakalan meninggalkan bekas yang susah hilang di wajah.

Pada dasarnya sih, cara mencegah jerawat batu sama aja kayak jerawat yang lainnya, yaitu kayak yang udah Diadona jelasin di atas.

Memang sih ada faktor lain yang bisa menyebakan dan meningkatkan level jerawat, misalnya genetika dan lain sebagainya. Tapi cara mencegah jerawat batu penting banget kamu ketahui biqr nggak berurusan sama si jerawat batu di kemudian hari.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Cara mencegah jerawat mungkin nggak mempan untuk beberapa orang, dan kalau udah terlanjur kejadian, kamu kepo dengan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Ada banyak cara menghilangkan jerawat kok, mulai dari yang alami, hingga perawatan dokter. Silahkan dipilih mana yang cocok dengan kulit kamu, dan tingkat kemageran kamu.

Trus kalau udah hilang tapi bekasnya masih muncul? Wah, ini sih musibah banget. Walaupun bisa ditutupin pake make up, tapi bekas jerawat jelas mengganggu penampilan. Nggak putih merata lagi deh.

Gimana cara mencegah jerawat dan menghilangkan bekasnya?

Jeruk Nipis

Kandungan senyawa Alpha Hidroxy Acid (AHA) yang ada di dalam jeruk nipis diklaim mampu menjadi cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat, mengikis sel kulit mati dan membuat kulit jadi lebih halus.

Lidah Buaya

Aloesin di dalam gel lidah buaya dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Aloesin bisa menjadi menghilangkan bekas jerawat di wajah karena bisa mengurangi kelebihan produksi melanin.

Vitamin C

Vitamin C telah terbukti dapat menurunkan pembentukan melanin yang jadi pemicu flek hitam. Biar nggak ribet mengambil esktrak vitamin C dari bahan alami, kamu juga bisa langsung menggunakan produk kosmetik dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

Chemical Peeling

Nggak cuman untuk menghilangkan bekas jerawat, chemical peeling juga bisa untuk cara mencegah jerawat karena fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit lapisan luar yang sudah mati atau rusak dan menggantinya dengan lapisan kulit baru yang sehat dan bersih. Metode ini dianggap lebih baik daripada peeling fisik karena tidak lebih rentan terjadi iritasi.

Beri Komentar