13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Tanpa Bekas

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 09:10
13 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami Tanpa Bekas
Ada banyak solusi untuk jerawat kamu yang suka banget mengganggu, mulai dari perawatan secara alami hingga perawatan dokter. Kamu tinggal memilih mana yang paling cocok buatmu.

Wajah mulus bekas jerawat sudah pasti jadi impian semua orang. Tapi sayangnya, nggak semua orang dianugerahi wajah cantik tanpa masalah. Beberapa orang berjuang dengan jerawat yang nggak mau hilang dan terus mencari cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bikin wajah nggak bisa glowing.

Ditambah, benjolan jerawat bikin sakit! Rasanya kadang berdenyut-denyut kalau dipencet. Bentuknya saat meradang nggak bisa ditutupi cuman dengan make up tipis. Yah, masak harus make up heboh kemana-mana?

Eh jangan khawatir. Sebenaranya ada banyak cara menghilangkan jerawat, mulai dari yang alami hingga penanganan dokter. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan jerawat batu yang bisa kamu terapkan untuk kulitmu:

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Ilustrasi Lidah BuayaIlustrasi Lidah Buaya © 2019 https://www.diadona.id / @pixabay

Setelah jerawat musnah dari wajah, sering kali kamu dihadapkan dengan flek hitam bekas jerawat yang lebih menyebalkan. Kenapa? Karena meskipun flek hitam ini bisa ditutup dengan make up, tapi keberadaannya tetap saja menganggu.

Setelah peradangan karena jerawat, kulit kamu bakalan membentuk sel kulit baru. Mungkin saja sel baru tersebut punya kandungan melanin yang tinggi, makanya muncul bekas jerawat berubah flek flek hitam.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat?

Vitamin C

Banyak studi menyebut vitamin C sudah terbukti menurunkan pembentukan melanin yang jadi pemicu flek hitam. Salah satu sumber vitamin C yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yakni buah lemon.

Aloe Vera

Selain untuk cara menghilangkan jerawat, aloe vera ternyata ampuh juga untuk menghilangkan bekas jerawat dengan alami. Penelitian membuktikan kalau pemakaian aloe vera secara konsiten bisa menstabilkan pembentukan melanin pada sel.

Sunblock

Perawatan dalam cara menghilangkan jerawat yang membekas  harus dimulai dari perlindungan kulit terhadap sinar matahari. Yup! Dengan memakai tabir surya minimal 30 SPF setiap hari bisa membantu mencegah kerusakan pada kulit kamu.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami

Ilustrasi MaduIlustrasi Madu © 2019 https://www.diadona.id/@womenshealthmag

Masalah jerawat yang umum menimpa kulit wajah membuat produk pembasmi jerawat laris di pasaran. Setiap merek disesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing pengguna. Kalau kamu punya tipe kulit yang sensitif terhadap kandungan bahan tertentu, nggak ada salahnya lho mencoba cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

Kompres dengan Air Hangat

Suhu hangat dapat membantu cairan yang ada di dalam jerawat mengalir lebih cepat ke dalam sistem limfatik. Cara menghilangkan jerawat dengan cara dikompres juga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh kamu dan berperan untuk perlindungan terhadap infeksi.
Namun perlu diketahui walaupun cara menghilangkan jerawat seperti ini direkomendasikan secara luas oleh para dokter terkemuka, tapi masih belum ada bukti ilmiah yang mendukung sebagai cara menghilangkan jerawat.

Tea Tree Oil

Minyak essensial ini lagi tren banget untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya sebagai cara menghilangkan jerawat. Dari penelitian menyebut, tea tree oil punya kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur.

Beberapa jerawat batu terbentuk karena rambut yang tumbuh ke arah dalam dan menyebabkan infeksi kelenjar sebaceous. Nah, kandungan antibakteri dari tea tree oil ini dapat membunuh bakteri tersebut, atau paling tidak mengurangi bengkak akibat jerawat biar nggak terlihat besar-besar amat.

Teteskan tea tree oil ke dalam air hangat atau air panas yang bersih dengan perbandingan dua sampai tiga tetes untuk satu sdm air. Usapkan ke jerawat yang meradang sebanyak beberapa kali dalam satu hari.

Cara menghilangkan jerawat secara alami seperti di atas cocok untuk kamu yang takut dengan penggunaan bahan kimia, atau punya kulit yang sensitif dan tidak mau ambil resiko.

Madu

Dengan sifat anti bakterinya, madu juga dipercaya sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Kamu cukup mengoleskan madu langsung ke jerawat kamu, dan tunggu beberapa saat. Semakin lama, maka akan semakin baik.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

 

Ilustrasi Wajah CantikIlustrasi Wajah Cantik © 2019 https://www.diadona.id/@wonderslist

Sebelum beranjak pada informasi gimana sih cara menghilangkan jerawat batu, nggak ada salahnya kamu tau dulu apa itu jerawat batu.

Jerawat jenis ini terbentuk jauh di bawah jaringan kulit dengan ukuran yang cukup besar disertai dengan warna kemerahan. Pasti pernah mengalami kan? Jerawat ini juga sakit kalau disentuh.

Gejala kemunculannya hampir sama dengan jenis jerawat lain dan mudah ditebak. Bentuknya hampir selalu menarik perhatian karena menjadi jenis jerawat yang paling parah dibandingkan jerawat yang lainnya.

Sebelum kamu beranjak pada informasi cara menghilangkan jerawat batu, lebih baik kamu simak dulu deh mengapa jerawat itu bisa muncul. Mencegah lebih baik daripada menghilangkan jerawat yang sudah terlanjur nongol, bukan?

Penyebab Jerawat Batu
1. Faktor Hormon
Mungkin jawaban dari pertanyaan mengapa kamu selalu dianugerahi jerawat yakni karena faktor hormon. Pada umumnya jerawat tersebut muncul karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang biasanya terjadi menjelang periode mestruasi kamu.

Dalam masa tersebut, produksi hormon androgen yang meningkat dapat memicu tingginya produksi sebum, mengubah aktivitas sel kulit kamu,terjadi peradangan, dan munculnya bakteri Porpionibacterium di folikel rambut-rambut halus di wajah. Keempat proses ini nih yang jadi penyebab jerawat.

2. Make Up dan Skin Care yang Kurang Tepat
Kalau jerawat kamu muncul setelah kamu mengganti produk kecantikan, bisa saja penyebabnya memang pada kandungan bahan yang kurang cocok di kulit kamu. Untuk itu, penting buat kamu tahu kondisi kulit dan bahan apa saja sih yang sebaiknya nggak kamu pakai.

Kosmetik memang bikin wajah jadi terlihat cantik. Penggunaannya bisa menyamarkan kekurangan kulit wajah, baik berupa warna maupun tekturnya. Tapi perhatikan juga kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

3. Faktor Keturunan
Coba perhatikan, apakah orang tua mu juga cenderung punya masalah dengan jerawat batu? Jika iya, kemungkinan jerawat batu yang kamu alami sekarang ini karena faktor keturunan.

4. Gaya Hidup Tidak Sehat
Saat kamu merokok, maka pembuluh darah di kulit kamu bakalan menyempit dan merusak sel-sel kulit. Apa akibatnya? Saat sel kulit kamu rusak, maka kotoran akan mudah menumpuk dan menjadi penyebab jerawat. Lebih lanjut, peneliti juga menemukan kalau merokok dapat meningkatkan produksi zat-zat yang membuat sel kulit kamu tidak sehat, dan kekurangan vitamin E.

Kalau jerawat batu kamu sudah terlanjur nongol, maka memang harus segera mencari tahu cara menghilangkan jerawat tersebut.

Sebenarnya ada beberapa langkah yang dianggap efektif sebagai cara menghilangkan jerawat, baik secara alami maupun dengan bantuan bahan kimia. Dikutip dari laman healthline.com, Apa saja?

Meskipun dianggap efektif, tapi cara menghilangkan jerawat batu secara alami masih dianggap kurang cepat. Kadang kamu butuh cara yang sedikit terburu-buru karena nggak pengen si jerawat terlalu lama menguasai wajah cantikmu.

Untuk itu, ada beberapa cara menghilangkan jerawat dengan cepat sesuai rekomendasi Allure (13/12) yang nggak ada salahnya kamu coba di rumah.

Asam Salilat

Beberapa obat jerawat biasanya nggak ampuh banget buat menyingkirkan jerawat batu yang ada di bagian bawah permukaan kulit kamu. Kalau begitu, kamu bisa coba melakukan ekfoliasi lembut dengan menggunakan asam salisilat untuk menghilangkan kelebihan minyak, yang secara lebih lanjut akan dipromosikan sebagai cara menghilangkan jerawat.

Joshua Zeichner, Ketua Peneliti Kosmetik dan Kecantikan Rumah Sakit Mount Sinai, New York, mengungkapkan, kalau kamu punya kulit yang kering maka tetap pakai produk pembersih punyamu sendiri, dan pakai asam salisilat hanya di waktu-waktu tertentu.

Asam salisilat udah jamak banget ditemui di berbagai produk jerawat yang dijual di pasaran. Tinggal kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kamu aja deh.

Benzoil Peroksida

Kalau dengar nama zat ini sih, mungkin kamu sudah membayangkan sebagai zat yang berbahaya. Tenang saja, ternyata benzoil peroksida memang sudah umum dipakai sebagai obat jerawat. Obat ini mampu mengurangi peradangan, membunuh bakteri jerawat, membuka pori-pori yang tertutup dan bertindak sebagai cara menghilangkan jerawat,

Salep Hidrokortison

Krim ini mengandung steroid yang dapat membantu mengecilkan jerawat dan mengurangi efek kemerahan. Kamu bisa membeli krim ini di apotek terdekat. Tapi untuk hidrokortison yang lebih kuat atau yang sering disebut dengan hidrokortison butirat, kamu harus membelinya dengan resep dokter untuk cara menghilangkan jerawat.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil

Ilustrasi Perawatan WajahIlustrasi Perawatan Wajah © 2019 https://www.diadona.id/@pexels

Selain jerawat batu, jerawat berbentuk kecil yang ada di wajah juga sangat mengganggu. Warnanya memang tidak kemerahan, namun sangat terlihat walau tertutup make up. Bentuknya seperti bintik atau benjolan kecil berwarna putih.

Keberadaannya disebabkan oleh penyumbatan pori-pori karena kombinasi sel kulit mati, minyak dan juga bakteri. Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat-jerawat kecil yang menganggu ini?

Menggunakan Krim Retinoid

Retinoid akan mengekfoliasi lapisan terluar kulit kamu sekaligus menghilangkan sumbatan pada permukaan kulit yang membuat si milia terperanakap.

Masker dari Bahan Alami

Memakai masker wajah ampuh untuk mengusir milia sekaligus sebagai cara menghilangkan jerawat. Kamu bisa membuat masker sendiri dari madu, gula pasir, lemon, atau putih telur. Aplikasikan ke wajar selama 20 - 30 menit selam 2 - 3 kali seminggu.

Perawatan Dokter

Kalau cara menghilangkan jerawat kecil tersebut masih kurang efektif, jangan ragu untuk datang ke dokter untuk cryotheraphy, laser, dan peeling. Meskipun biayanya lumayan mahal, tapi setara untuk menghilangkan milia yang sudah lama ada di wajah kamu.

Beri Komentar