10 Manfaat Baby Oil untuk Wajah dan Rambut, Bikin Glowing!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 8 Maret 2021 13:16
10 Manfaat Baby Oil untuk Wajah dan Rambut, Bikin Glowing!
Manfaat baby oil untuk kecantikan ini bisa kamu coba, lho.

Mungkin selama ini dalam benak kalian baby oil sangat bermanfaat dalam perawatan kulit bayi. Seperti mengatasi masalah kulit kepala bayi, ruam karena popok hingga membersihkan kulit bayi yang kotor.

Namun, tahu nggak sih kalau selama ini manfaat baby oil juga berperan untuk kecantikan orang dewasa, lho. Hal ini karena kandungan baby oil yang memiliki formula ringan, sehingga tidak akan menyebabkan reaksi alergi kulit pada kebanyakan orang.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai manfaat baby oil untuk kecantikan, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Wajah

Manfaat Baby Oil © Diadona

Sebelum membahas mengenai manfaat baby oil untuk wajah, yuk kenali terlebih dahulu apa itu baby oil. Baby oil merupakan produk perawatan yang bersifat hypoallergenic (tidak rentan menimbulkan alergi) serta bebas dari kandungan phthalate, paraben, dan zat pewarna.

Meskipun kegunaan baby oil awalnya ditujukan untuk melembapkan dan merawat kulit bayi, sebenarnya ada beberapa manfaat baby oil untuk wajah orang dewasa, lho. Berikut diantaranya:

1. Membersihkan Makeup

Manfaat baby oil untuk wajah yang pertama yaitu sebagai salah satu cara dalam  mengangkat eye shadow dan eyeliner tanpa mengiritasi kulit. Caranya, cukup oleskan beberapa tetes baby oil pada kapas bersih lalu gosokkan dengan hati-hati pada wajah.

Kandungan baby oil ini nantinya akan membantumu menghapus sisa bedak, maskara, eyeshadow serta makeup lainnya yang menempel pada wajah.

2. Melembapkan Kulit

Ternyata, baby oil juga mampu mengatasi kulit kering serta menjadikan kulit lebih halus dan lembut, lho. Ya, biasanya kulit kering ini disebabkan oleh hilangnya air di lapisan atas kulit.

Sehingga, manfaat baby oil untuk wajah ini mampu  membentuk lapisan berminyak di bagian atas kulit yang memerangkap air di kulit karena mineral oil dan bahan lain yang ada pada baby oil itu sendiri.

3. Scrub Bibir

Tak hanya digunakan untuk membantu merawat kulit wajah. Baby oil pun bisa digunakan untuk membantu merawat bibir supaya tidak kering dan pecah-pecah akibat terlalu sering menggunakan lipstik.

Untuk mencobanya, cukup gunakan beberapa tetesan baby oil, kemudian campurkan dengan perasan jeruk lemon segar dan setengah sendok teh gula pasir. Setelah itu, aplikasikan ke area permukaan bibir, dan gosok secara perlahan lalu bilas dengan air bersih

2 dari 4 halaman

4. Samarkan Kantung Mata

Penyebab Kantung Mata © Diadona

Selain sebagai pelembab yang sangat baik, manfaat baby oil untuk wajah juga bisa membantu mengurangi bengkak dan kantung mata. Hal ini dikarenakan baby oil kaya akan Vitamin E, sehingga mampu membantu mengurangi kantung mata.

Untuk pengaplikasiannya, kamu cukup campurkan beberapa tetes baby oil dengan air kemudian celupkan pada kapas dan tempelkan di bagian mata selama 20 menit.

5. Cegah Penuaan Dini

Efek melembapkan dan pengangkatan kotoran di wajah ternyata juga bisa mencegah kulit dari proses penuaan, lho. Yaps, wajah yang lembap juga bisa mengencangkan kulit hingga mencegah keriput. Maka dari itu, sesekali cobalah memijat wajah dengan baby oil untuk menjaga elastisitas kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat baby oil yang satu ini lakukan dengan rutin ya, guys.

6. Cerahkan Kulit Wajah

Dikarenakan kandungan baby oil mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran, maka tak heran jika manfaat baby oil yang satu ini juga mampu membuat wajah lebih cerah. Menggunakan baby oil sebagai pelembap secara rutin bisa membuat wajah kamu jadi lebih glowing dan bersih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Baby Oil yang Lainnya

Ilustrasi Kutu Rambut © Diadona

Selain digunakan sebagai salah satu produk perawatan kulit wajah, manfaat baby oil juga berperan penting dalam urusan kecantikan rambut dan kuku. Berikut manfaatnya:

7. Menghilangkan Kutu

Siapa nih yang punya kutu di rambut? Hih, jangan sampai kamu kondisi ini ya, DiaZens. Nah, salah satu manfaat baby oil untuk kecantikan adalah sebagai cara alami dalam menghilangkan kutu di rambut.

Caranya, aplikasikan baby oil yang dicampur dengan obat kutu di seluruh rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan selama 8 jam sebelum di cuci, dan bilas dengan sampoo.

8. Merawat Kuku

Kuku yang terlalu sering diberi pewarna, ternyata akan membuat kuku jadi tampak kering, berwarna kuning, dan mudah pecah. Maka sebelum menggunakan kutek, oleskan baby oil terlebih dahulu untuk membantu menjaga kesehatan kuku, supaya kuku tetap sehat serta tidak mudah rapuh.

4 dari 4 halaman

9. Mengurangi Stretch Mark

Ilustrasi Stretch Mark © Diadona

Seperti yang diketahui, stretch mark merupakan garis halus yang muncul akibat adanya kerusakan pada jaringan kulit. Untuk menghilangkan kondisi ini, manfaat baby oil bisa kamu lakukan dengan mengoleskannya pada area kulit yang mengalami stretch mark, lalu biarkan baby oil meresap di kulit semalaman.

10. Menghilangkan Ketombe

Salah satu masalah dalam rambut yang kerap dialami semua orang ialah tentang ketombe. Yaps, ketombe biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Namun, dengan menggunakan baby oil sebagai pelembap hal ini akan mengatasi kulit kepala kering penyebab ketombe.

Manfaat baby oil yang satu ini bisa kamu lakukan dengan memijat kulit kepala yang diberi beberapa tetesan oil untuk mengangkat serta menghilangkan kulit kering dan bersisik.

Itulah beberapa manfaat baby oil untuk wajah dan perawatan rambut yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat ya, guys!

Beri Komentar