10 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Bopeng, sudah Lama dan Menghitam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 20 Januari 2020 15:05
10 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Bopeng, sudah Lama dan Menghitam
Menyakit cacar nggak cuman menyiksa karena rasa gatal saat terjangkitnya, namun juga menyisakan bekas yang hampir nggak bisa hilang.

Karena penularannya yang sangat mudah, bisa dipastikan hampir semua dari kamu pernah mengalami yang namanya cacar air. Meski begitu sebenarnya sudah ada vaksin untuk mencegah terjangkitnya penyakit ini. Sayang, kesadaran masyarakat yang rendah pada beragam jenis vaksin membuat penyakit ini seolah memang sudah umum terjadi.

Diketahui, virus cacar air menular dengan sangat mudah. Saat daya tahan tubuh lemah, bukan nggak mungkin kamu bisa terserang cacar hanya karena kontak udara dengan seseorang yang sedang sakit. 90 persen cacar diderita oleh anak kecil, tapi bukan berarti orang dewasa bisa bebas dari cacar air.

Bintik cacar di kulit menyebabkan rasa gatal dan gemas banget pengen digaruk. Sayangnya, menggaruk justru akan menyebabkan kerusakan di kulit. Karena, saat kulit kamu rusak dari dalam, tubuh bakalan mnenghasilkan jaringan yang lebih tebal. Nah, jaringan ini lho yang disebut dengan jaringan parut.

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Ilustrasi Madu dan Lemon © Diadona

Selain murah, cara menghilangkan bekas cacar air dengan ketiga bahan di bawah ini mudah dan cukup aman untuk kamu yang berkulit sensitif.

Minyak Rosehip

Minyak ini punya nilai terapi karena efek antioksidan dan komposisi fitokimia. Dari penelitian terbaru membuktikan, mengoleskan minyak rosehip secara terartur selama 12 bisa menjadi cara menghilangkan bekas cacar air dan meningkatkan penampakan akhir kulit.

Madu

Meski belum ada penelitian lebih lanjut mengenai madu sebagai cara menghilangkan bekas cacar air, namun keampuhannya dalam bidang kecantikan sudah banyak terbukti. Madu mengandung antioksidan untuk membentuk sel yang sehat dan memperbaiki kondisi kulit. Secara lebih lanjut, madu bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka cacar.

Pepaya

Pepaya dipercaya bisa mencerahkan kulit, dan produksi kolagen di kulit kamu. Dilansir dari newhealthguide.org, kombinasi dari pepaya dan madu ini akan menghasilkan banyak asam amino dan enzim yang akan membantu dalam cara menghilangkan bekas cacar.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Cacar

Ilustrasi Perawatan Wajah © Diadona

Pasca terkena cacar air, bekas luka yang ditinggalkan biasanya berupa cekungan  atau bopeng pada kulit yang sangat terlihat. Makanya banyak orang yang ingin mencari cara menghilangkan bekas cacar ini, terutama kalau lukanya berada di wajah.

Microdermabrasi

Perawatan ini memungkinkan terjadinya restrukturisasi kulit sehingga efektif melawan bekas luka. Dermabrasi dapat sepenuhnya menghilangkan bekas luka di permukaan dan secara signifikan bisa memberikan hasil optimal dalam cara menghilangkan bekas cacar air, karena dapat meningkatkan tampilan bekas luka yang dalam.

Filler

Jangan bayangkan cara menghilangkan bekas cacar air dengan filler sama seperti filler untuk kecantikan ya. Filler ini merupakan pengisian jaringan lunak yang bisa digunakan untuk menambal cekungan akibat bekas luka. Pengisi jaringan lunak, seperti asam hyaluronic, serta lemak, dapat disuntikkan langsung ke bekas luka untuk mengurangi penampakan cekung bekas cacar air.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Sudah Lama

Ilustrasi Perawatan Wajah © Diadona

Luka bekas cacar biasanya bertahan hingga bertahun kemudian dan nggak mau hilang. 

Laser

Cara menghilangkan bekas luka dapat dilakukan secara optimal dengan perawatan laser. Meski terdengar seram, perawatan ini dapat dilakukan secara rawat jalan tanpa memerlukan sedaso. Dokter akan mengoleskan anestesi lokal topikal sebelum memberikan terapi cahaya.

Intense Pulsed Light (IPL)

Cara menghilangkan bekas cacar air secara efektif bisa dilakukan dengan IPL oleh dokter di klinik kecantikan. Metode ini dilakukan dengan menggunakan sinar berintensitas tinggi. Saat terkena kulit, sinar tersebut akan mempromosikan perubahan pada komponen kulit yang berperan menyerap sinar kromofor.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang sudah Menghitam

Ilustrasi Perawatan Wajah Wanita © Diadona

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, maka pastikan kamu juga telah melakukan tindakan pencegahan mmunculnya bekas luka. Diantaranya, hindari menggaruk. Pakai sarung tangan untuk mencegah adanya goresan di kulit, dan gunakan lotion yang bisa menenangkan luka. Kalauperlu, coba antihistamin biar kamu nggak perlu mendapat luka bekas cacar dan mencari cara menghilangkan bekas cacar setelah sembuh.

Peeling

Cara menghilangkan bekas cacar dapat dilakukan melalui proses pengelupasan. Pengelupasan berarti menghilangkan sel-sel kulit lama, dan memberikan ruang bagi kulit yang lebih muda untuk muncul di permukaan. Pengelupasan bisa menajdi cara menghilangkan bekas cacar karena dapat membantu menghilangkan sebagian kulit yang berpigmen atau kasar.

Krim Penghilang Bekas Luka

Krim ini umum dijual dan digunakan sebagai cara menghilangkan bekas cacar. Kandungannya terdiri dari kombinasi bahan yang diperkirakan dapat membantu mencegah bekas luka atau mengurangi penampilannya. Meskipun cuman ada sedikit bukti klinis, banyak orang menganggapnya bermanfaat.

Retinol

Retinol merupakan salah satu jenis vitamin A yang punya banyak manfaat untuk kulit. Yang paling terkenal, retinol bisa melawan penuaan dini,menyamarkan bekas jerawat dan bisa jadi cara menghilangkan bekas cacar.

Retinol sebagai cara menghilangkan bekas cacar diperoleh dari fungsinya yang memabntu dalam pembentukan kolagen, sehingga bisa mengatasi bekas cacar yang cekung.

Beri Komentar