Sungai Terbersih di Dunia Ada di India, Begini Penampakannya

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 8 Desember 2021 12:09
Sungai Terbersih di Dunia Ada di India, Begini Penampakannya
Saking beningnya, bikin perahu seolah melayang.

Sebagai salah satu negara yang erat akan budaya, India memang punya beberapa tempat-tempat unik yang dianggap suci. Salah satunya adalah Sungai Gangga. Ya, Sungai Gangga menjadi salah satu sungai yang cukup unik karena kerap dipakai untuk ritual-ritual tertentu.

Namun, ternyata Sungai Gangga bukan jadi satu-satunya sungai unik yang ada di India. India juga punya satu lagu sungai yang unik yang bisa jadi referensi wisata ketika berkunjung ke negeri yang punya julukan Anak Benua ini. India punya sungai terbersih di dunia. Seperti apa penampakannya? Yuk kita kunjungi!

1 dari 3 halaman

Sungai Umngot

Sungai UmngotSungai Umngot © instagram.com/paradiseofnortheast

Sungai Umngot berada di Desa Shnongpdeng, tepatnya 100 Km dari Shillong, di negara bagian Meghalaya, India. Sungai ini banyak disebut oleh masyarakat sebagai sungai terbersih di India dan menjadi salah satu sungai terbersih di dunia. Beberapa gambar yang diunggah di media sosial memperlihatkan perahu seolah nampak melayang saat menyusuri sungai ini.

Melansir dari Live Mint, keindahan sungai ini diunggah leh Kementerian Perairan di India (Jal Shakti). Dalam unggahan tersebut, ia menyebut jika Sungai Umngot merupakan salah satu sungai terbersih di dunia.

" Salah satu sungai terbersih di dunia. Ada di India. Sungai Umngot, 100 Km dari Shillong, di negara bagian Meghalaya. Seolah-olah perahu itu berada di udara. Airnya sangat bersih dan transparan. Semoga semua sungai kami bersih. Bangga untuk orang-orang Meghalaya," tulisnya di akun Twitter @MoJSDoWRRDGR.

 

2 dari 3 halaman

Sungai yang Jernih Banget

Sungai UmngotSungai Umngot © instagram.com/solopassport

Yang menjadi keunikan di sungai ini adalah airnya yang sangat jernih. Banyak yang ke tempat hanya untuk berfoto di atas perahu sembari menikmati jernihnya sungai.

Melansir dari Matador Network, ternyata dulunya sungai Umngot digunakan untuk perdagangan antarnelayan dari dua negara. Seiring berjalannya waktu tempat ini menjadi kawasan wisata karena masyarakat yang takjub karena jernihnya Sungai Umngot ini.

3 dari 3 halaman

Aktivitas di Sungai Umngot

Sungai UmngotSungai Umngot © instagram.com/swollen_foot

Di sini, ada banyak perahu nelayan yang bisa kamu sewa untuk menjelajahi sungai ini. Nah, agar kamu bisa menikmati jernihnya sungai, disarankan untuk datang ke tempat ini di seketar bulan Oktober saja.

Hal ini karena saat itu, musim huan sudah mulai berlalu, sehingga air sungai akan nampak jernih.

Bagaimana? Tertarik untuk ke tempat ini?

Beri Komentar