Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina, Hadirkan Pengalaman Liburan yang Tak Terlupakan

Reporter : Aditia
Kamis, 12 Januari 2023 15:22
Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina, Hadirkan Pengalaman Liburan yang Tak Terlupakan
Liburan penuh petualangan yang bakal bikin pengen menetap di Filipina

Dengan kekayaan budaya, sejarah, kuliner, pemandangan alam dan nilai keramahan, Filipina jadi negara yang akan menyajikan pengalaman berwisata baru. Ini juga selaras dengan upaya Filipina melalui Departemen Pariwisata Filipina untuk menarik wisatawan Indonesia.

Sebelum pandemi, jumlah wisatawan Indonesia ke Filipina berkisar antara 70 sampai 80 ribu wisatawan setiap tahun. Jumlah ini kemudian naik per akhir November kemarin. Nggak heran sih karena berwisata ke Filipina akan menghadirkan pengalaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

 

1 dari 13 halaman

Central Visayas

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Central Visayas © Diadona

Central Visayas atau Bisayak Tengah yang secara resmi ditetapkan sebagai Wilayah VII merupakan region yang berada di bagian tengah filipina dan mencangkup empat provinsi. Pintu masuk daerah ini yaitu melalui Mactan Cebu International Airport yang berada di pulau Mactan. Ada lebih dari 150 penerbangan internasional dan lebih dari seribu benerbangan domestik dari sini. 

Central Visayas adalah satu-satunya region di Filipina yang wilayahnya terpisah oleh laut. Jadi, keindahan wisata laut telah menanti di tempat ini.

 

2 dari 13 halaman

Apo Island

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Apo Island © Diadona

Pulau Apo merupakan pulau kecil yang masih sangat terjaga keasliannya. Pulau Apo memiliki perairan yang tenang dan jernih. Di tempat yang dinilai sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia ini, wisatawan dapat menikmati aktivitas bawah laut seperti snorkeling dan diving.

Snorkeling di Apo Island menawarkan daya tarik keindahan beragam spesies karang, penyu dan juga ikan. Ada banyak varieta, warna dan juga ukuran karang yang sangat cantik. Yang menarik adalah berbagai spesies kura-kura juga bisa ditemukan di seluruh area pantai. Singkatnya nih Apo Island menawarkan pengalaman berlibur di pulau yang harus dinikmati sekali seumur hidup.

 

3 dari 13 halaman

Mabini

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Mabini © Diadona

Mabini adalah rumah bagi beragam pilihan liburan dengan pengalaman mengesankan. Bingung memilih wisata gunung atau pantai dalam satu hari? Di Mabini, wisatawan dapat menikmati keduanya. 

Ada Gunung Gulugod-Baboy dengan puncak berada di ketinggian 525 meter di atas permukaan air laut sehingga sangat mudah didaki untuk pemula. Di sore hari, nikmati senja di Pulau Sobrero yang hanya beberapa menit naik mobil dari Mabini. Dengan pantai pasir putih, wisatawan bisa menikmati berjemur sambil menonton senja yang indah.

 

4 dari 13 halaman

Mambajo Cave

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Mambajo Cave © Diadona

Merupakan gua indah sepanjang 670 meter yang terletak sekitar 2 km timur laut Barangay Bulwang. Terdapat dua pintu masuk gua ini di mana satu dengan rappelling sejauh 30 meter dan yang kedua melalui tangga. Mambajo cave Ini memiliki sungai bawah tanah yang mengalir ke arah utara dan menjadi saluran yang melewati bawah Mambajo cave 2.

 

5 dari 13 halaman

FMA Circuit and Sinulog Festival

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - FMA Circuit and Sinulog Festival © Diadona

Wisatawan bisa menikmati pengalaman warisan budaya Cebu yang diintegrasikan dengan Festival Sinulog dan Filipino Martial Arts (FMA) atau Seni Bela Diri Filipina. Sebagai seni bela diri, telah menarik banyak pelajar Filipina dan internasional serta ahli kerajinan untuk pelatihan dan juga kompetisi. Ini merupakan anugerah industri pariwisata Filipina. 

 

6 dari 13 halaman

Petualangan Outdoor

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Petualangan Outdoor © Diadona

Filipina juga mengembangkan jalur dan aktivitas petualangan luar ruangan. Bersepeda di daerah selatan Bohol di sepanjang pantai dari Tagbilaran mungkin akan membuat lelah di 10 km pertama, namun selanjutnya wisatawan bisa menikmati hamparan alam laksana surga berupa pemandangan laut yang akan nampak di sepanjang waktu. 

Selanjutnya ada jalur trekking gunung di Negros Oriental dan salah satu yang paling terkenal untuk melakukan kegiatan ini adalah di gunung Talini, gunung berapi yang sudah tidak aktif di Valencia. Tempat seru lainnya untuk trekking adalah di gunung Kanlaon yang merupakan titik tertinggi di seluruh pulau Negros.

 

7 dari 13 halaman

Farm-Fork-Fitness Circuits

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Farm-Fork-Fitness Circuits © Diadona

Berwisata di kebun, wisatawan bisa menikmati santapan yang diolah dari bahan-bahan hasil kebun sekaligus melatih kebugaran. Ini menarik banget karena bisa meningkatkan nilai wisata pertanian, kuliner dan kesehatan sebagai suatu pengalaman penuh bagi wisatawan.

 

8 dari 13 halaman

Wisata Kuliner Halal Asli Filipina

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Wisata Kuliner Asli Filipina © Diadona

Mencicipi sajian lezat dalam resep asli dan produk pertanian segar yang melukiskan cita rasa daerah yang penuh warna. Makanan asli Filipina bakalan bikin kamu kaget dengan rasa, kreativitas dan juga keragamannya.

Alasan mengapa sajian mereka sangat unik karena terpengaruh dari dari berbagai kebudayaan Spanyol, Cina, India, dan barat pada setiap hidangan. Nah, kamu bisa mencicipi beragam hidangan khas Filipina seperti Chicken Adobo, Halo-halo, Turon, hingga Buko Pandan yang lezat dan tentunya halal.

 

 

9 dari 13 halaman

Wisata Menyelam

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Wisata Menyelam © Diadona

Sebagai satu-satunya wilayah di Filipina yang dikelilingi oleh perairan, Central Visayas memiliki banyak tujuan menyelam kelas dunia.

Beberapa waktu yang lalu, Departemen Pariwisata Filipina bersama Astindo (Asosiasi Travel Agent Indonesia) menggelar acara B2B Roadshow untuk mengenalkan negara Kepulauan Filipina kepada masyarakat Indonesia. Daftar tempat wisata berikut ini dijamin akan langsung masuk dalam wishlist liburanmu mendatang.

 

10 dari 13 halaman

North Manila (Heritage and Culture)

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - North Manila (Heritage and Culture) © Diadona

Tagalag Fishing Village, bagi kamu yang memiliki hobi mancing, kamu bisa berwisata sekaligus mengikuti pelatihan memancing ala warga lokal dalam menjadikan profesi nelayan sebagai mata pencaharian.

Fish Port, di pelabuhan ikan yang satu ini kamu akan menjumpai beragam jenis ikan dari nelayan khususnya ikan Tuna. Oleh karenanya Fish Port mendapat julukan “ Ibukota Tuna Filipina”.

Thai to Taoist Viit Temple, dibangun di daerah Cebu, lokasinya berada di perbukitan yang permai.

Valenzuela City Hall Museum yang menyimpan koleksi artefak dan memorabilia tentang sejarah Valenzuela. Museum bertempat di sebuah bangunan bergaya kolonial Spanyol, dan merupakan tempat populer untuk acara budaya dan seni, seminar publik, dan konvensi.

 

 

11 dari 13 halaman

East Manila (Open Space & Parks)

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - East Manila (Open Space & Parks) © Diadona

La Mesa Eco Park adalah pusat konservasi keanekaragaman hayati dan pendidikan lingkungan dengan tumbuhan yang rimbun seluas 33 hektar. Ada kolam renang, pemandian, tempat bermain dan masih banyak lagi.

Quezon Memorial yang merupakan tugu peringatan untuk mengenang mendiang Presiden Manuel Luis M. Quezon. Museum ini menampilkan barang-barang pribadi dan politik mantan Presiden, buku, artikel dan dokumen, serta foto dari masa mudanya hingga kematiannya.

Marikina Shoe Museum, pernah denger nggak kalau mantan Ibu Negara Imelda Marcos punya koleksi ribuan sepatu? Nah kamu bisa melihat sekitar 700 pasang koleksinya di museum ini. 

Mind Museum. Sebuah museum yang menawarkan pengalaman pengetahuan yang luar biasa melalui 250 pameran interaktif, pertunjukan teater dan planetarium, demonstrasi eksperimen, dan banyak lagi.

Gondola Ride. Di Venice Grand Canal Mall yang digambarkan sebagai mal " paling romantis" di Filipina, pengunjung bisa menikmati naik gondola dengan pemandangan palazzi di sekitarnya dalam nuansa yang indah.

Pateros Balut.  Kota Pateros dikenal dengan balut, telur unggas yang telah dierami selama berminggu-minggu lalu sebelum berkembang, kemudian dikukus dan dimakan langsung dari cangkangnya.

 

12 dari 13 halaman

West Manila (Culture & Heritage Sites)

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - West Manila (Culture & Heritage Sites) © Diadona

Manila Ocean Park. Merupakan taman hiburan laut kelas dunia pertama yang ada di Filipina.

El Deposito, peninggalan era kolonial Spanyol tua berupa museum sejarah yang kaya reservoir air bawah tanah di kota San Juan di Metro Manila dengan kapasitas 15 juta galon air. 

Macati Poblation Food and Bar Crawl yang merupakan pusat makanan dan seni di Makati.

National Museum of Natural History atau museum sejarah alam nasional Filipina.

Rizal Park & Pako Park. Rizal Park adalah oasis tanaman hijau dan bunga-bunga seluas 60 hektar sementara Pako Park adalah pusat hiburan modern di Manila di bekas situs pemakaman kota, yang menempati lebih dari 4 ribu meter persegi

China Town Museum. Ini adalah ruang komunitas yang bertujuan untuk berbagi cerita visual tentang Binono sebagai salah satu kawasan Pecinan tertua di dunia.

Intramuros yang dikenal sebagai 'Kota Bertembok', sebuah kawasan yang kaya akan sejarah dan budaya dengan jalanan berbatu dan arsitektur Spanyol yang tetap terjaga selama ratusan tahun.

 

13 dari 13 halaman

Manila Selatan

Sederet Destinasi Wisata Seru di Filipina - Manila Selatan © Diadona

Lakbay Museo. Museum yang berada di komplek mal mewah S Maison akan mengajak pengunjung  mengenal langsung budaya Filipina dengan kemasan berbeda

Desert Museum. Digambarkan sebagai tempat yang merupakan persilangan antara museum, taman hiburan dan toko permen dengan karya seni dan instalasi berupa desert.

Entertainment City yaitu kompleks permainan dan hiburan yang sedang dikembangkan seluas 8 km persegi di Bay City, Metro Manila.

Fountain of Okada,  menghadirkan atraksi air mancur yang super indah dan menjadi ikon global dari Okada.

LPPCHEA Wetland Park adalah kawasan lahan basah yang dilindungi di bawah Konvensi UNESCO.

Nayong Pilipino Bike Trails yaitu jalur bersepeda dan pemandangan alam di Nayong Filipina.

 

Memadukan nilai budaya, keindahan alam serta pembangunan yang modern, setiap daerah wisata di Filipina menjadi alasan kuat mengapa kamu harus menghabiskan waktu liburan di sini.

 

 

 

Beri Komentar