Pengertian Objek Wisata, Daya Tarik Wisata, Wisata Alam, dan Definisi Menurut Para Ahli

Reporter : Nasa
Senin, 12 Juli 2021 12:44
Pengertian Objek Wisata, Daya Tarik Wisata, Wisata Alam, dan Definisi Menurut Para Ahli
Ini dia pengetian objek wisata yang wajib kamu simak..

Pengertian Objek Wisata menurut Ridwan (2012:5) merupakan segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaean atau tujuan kunjungan wisatawan.

Selain itu, pengertian objek wisata lainnya adalah tempat yang dikunjungi dengan berbagai keindahan yang didapatkan, tempat untuk melakukan kegiatan pariwisata, tempat untuk bersenang-senang dengan waktu yang cukup lama demi mendapatkan kepuasan, pelayanan yang baik, serta kenangan yang indah di tempat wisata.

Sedang menurut SK Menparpostel No. Km 98 PW. 102 MPPT-87, pengertian Objek wisata adalah suatu tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya alam yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik yang diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan.

Selain itu, menutip dari salah satu penelitian uny.ac.id, pengertian objek wisata yang lainnya adalah segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik wisata menurut Undang0Undang No.10 tentang kepariwisataan.

1 dari 5 halaman

Pengertian Daya Tarik Wisata

Pengertian Wisata-Pengertian Daya Tarik Wisata © Diadona

Mengutip dari laman cvinspireconsulting.com, pengertian daya tari wisata menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan disebutkan bahwa daya tarik wisata adalah segala sesuatu yang menjadi sarana atau tujuan kunjungan wisatawan.

Lebih lanjut, menurut Suwantoro dalam bukunya yang bertajuk Dasar--dasar Pariwisata (1997:19) pengertian daya tarik wisata juga disebut objek wisata yang merupakan potensi dan menjadi pendorong kehadiran wisatawan ke suatu daerah tujuan wisata.

Sedang menurut Undang-Undang No 10 tentang kepariwisataan, pengertian daya tarik wisata merupakan segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan dan daerah tujuan pariwisata yang juga disebut sebagai destinasi wisata.

2 dari 5 halaman

Jika merujuk pada buku Dasar-dasar Pariwisata (1997:19) yang ditulis oleh Suawantoro, objek wisata dan daya tarik wisata dikelompokkan atas sejumlah aspek berikut ini :

  • Pengusahaan objek dan daya tarik wisata dikelompokkan ke dalam pengusahaan objek dan daya tarik wisata alam, pengusahaan objek dan daya tarik wisata budaya, pengusahaan objek dan daya tarik wisata minat khusus.
    Umumnya daya tarik suatu objek wisata berdasar pada:
  • Adanya sumberdaya yang dapat menimbulkan rasa senang, indah, nyaman dan bersih.
  • Adanya aksesbilitas yang tinggi untuk dapat mengunjunginya.
  • Adanya ciri khusus/spesifikasi yang bersifat langka.
  • Adanya sarana dan prasarana penunjang untuk melayani para wisatawan yang hadir.
  • Objek wisata alam mempunyai daya tarik karena keindahan alam, pegunungan, sungai, pantai, pasir, hutan dan sebagainya.
  • Objek wisata budaya mempunyai daya tarik tinggi karena memiliki nilai khusus dalam bentuk atraksi kesenian, upacara-upacara adat, nilai luhur yang terkandung dalam suatu objek buah karya manusia pada masa lampau.
  • Pembangunan suatu objek wisata harus dirancang dengan bersumber pada potensi daya tarik yang memiliki objek tersebut dengan mengacu pada kriteria keberhasilan pengembangan yang meliputi berbagai kelayakan.
    Kelayakan Finansial

3 dari 5 halaman

Pengertian Wisata Alam

Pengertian Wisata-Pengertian Wisata Alam © Diadona

Dalam buku yang ditulis oleh Saragih pada tahun 1993, pengertian wisata alam merupakan bentuk kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budidaya.

Sehingga memungkinkan wisatawan memeroleh kesegarab jasmaniah dan rohaniah, men-dapatkan pengetahuan dan pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam.

 

4 dari 5 halaman

Lebih lanjut, pengertian wisata alam merupakan kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi alam untuk menikmati keindahan alam baik yang masih alami atau sudah ada usaha budidaya, agar ada daya tarik wisata ke tempat tersebut.

Wisata alam sendiri juga digunakan sebagai penyeimbang hidup. Sebab, setelah melakukan wisata alam tubuh dan pikiran bisa menjadi segar kembali dan bisa bekerja dengan lebih kreatif, karena dengan wisata alam memungkinkan kita memeroleh kesenangan jasmani dan rohani.

5 dari 5 halaman

Pengertian Wisata Menurut Para Ahli

Pengertian Wisata - Pengertian Wisata Menurut Para Ahli © Diadona

Pengertian wisata menurut para ahli yang pertama ada suatu proses bepergian yang bersifat sementara yang dilakukan seseorang untuk menuju tempat lain di luar tempat tinggalnya. Motif kepergiannya tersebut bisa karena kepentingan ekonomi, kesehatan, agama, budaya, sosial, politik, dan kepentingan lainnya (Gamal : 2004)

Kemudian pengertian wisata menurut para ahli yang kedua adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia ke luar daerahnya dan sifatnya sementara tidak lebih dari 1 tahun. Tujuannya adalah untuk bersenang-senang, urusan bisnis, dsb. (WTO:1999)

Selanjutnya ada pengertian wisata menurut para ahli yang ketiga adalah perjalanan yang dilakukan manusia bagik perorangan maupun kelompok untuk mengunjungi destinasi tertentu dengan tujuan rekreasi, mempelajari keunikan daerah wisata, pengembangan diri dsb dalam kurun waktu yang singkat atau sementara waktu (UU RI no 10 th 2009)

Itu dia deretan pengertian wisata, yang terdiri dari pengertian objek wisata, juga pengertian daya tarik wisata, dan pengertian wisata menurut para ahli yang sudah dihadirkan oleh Diadona. Semoga artikel kali ini bermanfaat ya, enjoy your day Diazens!

Beri Komentar