Pemandangannya Cantik, Ini 7 Puncak Gunung yang Cocok untuk Upacara 17 Agustusan

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 17 Agustus 2021 07:20
Pemandangannya Cantik, Ini 7 Puncak Gunung yang Cocok untuk Upacara 17 Agustusan
Udah pernah upacara di gunung mana aja, nih?

Tanggal 17 Agustus menjadi tanggal yang bersejarah bagi Indonesia. Ya, 17 Agustus merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia. Setiap tanggal 17 Agustus, selalu diadakan upacara untuk mengenang perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah melakukan upacara di puncak gunung yang ada di Indonesia. Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah beberapa gunung yang kerap dijadikan tempat untuk upacara 17 Agustusan.

1 dari 8 halaman

1. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu © Diadona

Gunung merbabu merupakan gunung yang berada di Jawa Tengah. Dengan ketinggian mencapai 3.145 mdpl, dan pemandangannya yang cantik, Gunung Merbabu menjadi salah satu gunung yang cocok untuk upacara 17 Agustusan.

2 dari 8 halaman

2. Gunung Lawu

Gunung Lawu © Diadona

Gunung Lawu terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tepatnya terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Gunung Lawu memiliki ketinggian mencapai 3.265 mdpl. Gunung Lawu menjadi tempat yang biasa dituju oleh para pendaki untuk melakukan upacara 17 Agustusan.

3 dari 8 halaman

3. Gunung Prau

Gunung Prau © Diadona

Gunung Prau terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung Prau ini memiliki ketinggian 2.565 mdpl.

Gunung ini menjadi salah satu gunung favorit yang cocok untuk upacara 17 Agustusan.

4 dari 8 halaman

4. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango © Diadona

Gunung Gede Pangrango berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat. Ketinggian Gunung Gede mencapai 2.958 mdpl.

Gunung ini juga menjadi favorit para pendaki untuk melakukan upacara 17 Agustusan.

5 dari 8 halaman

5. Gunung Semeru

Gunung Semeru © Diadona

Gunung Semeru menjadi jalur pendakian yang gak pernah absen dijadikan tempat upacara 17 Agustusan. Gunung tertinggi di Jawa ini memiliki pemandangan indah disertai dengan pemandangan semburan abu vulkanik yang selalu terlihat tiap beberapa menit.

Gunung Semeru berada di Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 3.676 mdpl.

6 dari 8 halaman

6. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci © Diadona

Gunung Kerinci menjadi salah satu gunung di Sumatera Barat yang kerap jadi tempat upacara 17 Agustusan untuk para pendaki, loh.

Ketinggian Gunung Kerinci mencapai 3.805 mdpl. Gunung ini memiliki pemandangan indah sehingga cocok banget untuk upacara 17-an.

7 dari 8 halaman

7. Gunung Merapi

Gunung Merapi © Diadona

Gunung Merapi juga menjadi favorit para pendaki untuk dijadikan tempat upacara 17 Agustusan.

Gunung Merapi terletak di provinsi Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 2.930 mdpl. Siapa nih yang pernah upacara di sini juga?

8 dari 8 halaman

Itulah 7 Gunung di Indonesia yang cocok untuk upacara 17 Agustusan. Sayangnya, karena pandemi Covid-19 yang melanda seluruh wilayah di dunia tak terkecuali di Indonesia, membuat beberapa jalur pendakian harus ditutup untuk sementara waktu.

Sebenarnya, masih ada banyak puncak di Indonesia yang biasa dijadikan tempat upacara 17-an. Nah, kalau diazens biasa upacara 17-an di gunung mana, nih? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar