Nggak Harus ke Bali, 4 Kota Ini Bisa Kamu Jadikan Destinasi Pilihan untuk Liburan, lho

Reporter : Sheila Fathin
Senin, 16 Agustus 2021 08:00
Nggak Harus ke Bali, 4 Kota Ini Bisa Kamu Jadikan Destinasi Pilihan untuk Liburan, lho
Banyak wisata di Indonesia yang bisa kamu explore selain Bali

Pulau Bali memang sudah sering menjadi destinasi wisata yang paling sering digemari dan dikunjungi oleh semua orang di penjuru dunia. Lautnya yang indah, pemandangan sawah dan pegunungan yang tak kalah indahnya, membuat Bali menjadi destinasi wisata alam yang sangat bagus. 

Sayangnya, Indonesia tidak hanya punya pulau Bali saja yang memiliki tempat wisata yang apik. Terdapat sekitar 17.504 pulau di Indonesia yang punya segudang tempat wisata yang nggak kalah bagusnya dari Bali. 

Mungkin kalian bisa mempertimbangkan beberapa tempat ini untuk kamu jadikan wisata selanjutnya selain pergi berlibur ke Bali. Apa saja? Yuk, simak baik-baik ya.

1 dari 4 halaman

Balikpapan

Balikpapan © Diadona

Balikpapan © Diadona

Kota Balikpapan yang terletak di provinsi Kalimantan Timur ini bisa menjadi tujuan destinasi wisata kamu yang ingin menjelajahi hutan belantara Kalimantan yang masih asli dengan Hutan Lindung Sungai Wain yang terletak tepat di timur laut kota. Daerah ini merupakan lokasi utama untuk melihat spesies asli seperti orangutan dan beruang madu, meskipun operasi pembalakan liar dan kebakaran hutan masih merupakan ancaman besar bagi permata keanekaragaman hayati ini. Bagi mereka yang kurang menyukai penjelajahan hutan, garis pantai kota ini dipenuhi dengan pantai berpasir lembut yang indah, sempurna untuk relaksasi.

2 dari 4 halaman

Bandung

Bandung © Diadona

Bandung © Diadona

Selain Bali, Bandung juga nggak kalah bagusnya untuk dijadikan tempat wisata. Bandung terletak kira-kira dua jam di tenggara Jakarta, Bandung adalah tujuan wisata sehari yang populer bagi mereka yang tinggal di ibu kota Indonesia. Kota ini merupakan kota peristirahatan terkemuka di awal abad ke-20, dengan banyak yang menyebutnya sebagai “ Paris-nya Jawa” berkat arsitektur kolonial Gaya Hindia Baru yang indah, yang sebagian besar masih dapat ditemukan hingga saat ini tersebar di antara gedung-gedung tinggi yang menjulang tinggi. Penggemar petualangan alam bisa menuju timur laut ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda untuk menemukan jalur pendakian yang berkelok-kelok, air terjun, dan satwa asli Jawa.

3 dari 4 halaman

Medan

Medan © Diadona

Medan © Diadona

Medan merupakan pusat ekonomi Sumatera yang merupakan pulau terbesar keenam di dunia. Medan membuat kota ini sangat menarik bagi imigrasi, mendorong populasi beragam yang terdiri dari warga Batak, Jawa, Cina, Aceh, dan India - kualitas yang memungkinkan Medan mengembangkan lanskap kuliner yang sangat kaya. Meskipun kota itu sendiri bukanlah objek wisata yang sangat populer, kota ini berfungsi sebagai titik awal untuk menjelajahi hutan belantara pedesaan Sumatera yang kusut, dengan situs alam seperti Gunung Bandahara dan Danau Toba yang terletak beberapa jam jauhnya.

4 dari 4 halaman

Makassar

Makassar © Diadona

Makassar © Diadona

Siapa sangka ternyata Makassar punya segudang tempat wisata yang apik dan masih terjaga keindahannya. Makassar terletak di Pulau Sulawesi Selatan. Meskipun hanya sedikit orang luar yang menyadarinya, Makassar adalah ibu kota kuliner tercinta di Indonesia, terkenal dengan Coto Makassar yang lezat dan berlimpahnya makanan laut segar. Selain itu kamu juga bisa banget untuk mengunjungi Rammang-rammang. Di sana kamu akan disuguhkan dengan wisata alam yang luar biasa cantik.

Di Indonesia banyak tempat wisata yang bisa kamu explore lebih dalam. Selain Bali kamu juga bisa banget kok mengunjungi kota-kota tersebut. Mereka juga nggak kalah bagusnya dengan Bali.

Beri Komentar