Mirip Kisah Dongeng, Desa Penyihir Ternyata Ada di Tempat Ini

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 17 Juli 2020 17:06
Mirip Kisah Dongeng, Desa Penyihir Ternyata Ada di Tempat Ini
Desa Trasmoz adalah Desa terkutuk yang ada di Spanyol karena dianggap sebagai sarang bagi para penyihir!

Jika berbicara tentang Desa Penyihir, yang ada di pikiran kita adalah sebuah desa kecil yang sangat suram dan mengerikan.

Dihuni oleh para penyihir dengan sosok tua berambut putih dengan tawa yang mengerikan tinggal di sebuah pondok kecil yang dikelilingi oleh burung gagak.

Ternyata, nggak cuma di dongeng saja, ada sebuah Desa yang dipercaya sebagai Desa Penyihir. Di mana ya itu?

1 dari 2 halaman

Desa Trasmoz Spanyol

Desa Trasmoz © Diadona

Ada sebuah Desa kecil di Spanyol yang hanya dihuni oleh 62 jiwa. Dilansir dari BBC, Desa Trasmoz berada di antara pegunungan Moncayo di wilayah Aragon, Provinsi Zaragoza.

Adapun sejarah singkat mengapa desa ini dijuluki sebagai Desa penyihir. Banyak yang mengatakan jika selalu ada bunyi-bunyi aneh dari dalam kastil.

Seseorang bernama Lola Ruiz Diaz menjelaskan bagaimana keadaan sebenarnya yang ada di sana. Trasmoz dulunya adalah sebuah komunitas yang berkembang, dan merupakan wilayah dengan kekuasaan yang kuat, penuh dengan tambang besi dan perak serta dikelilingi oleh hutan.

Ketika ada gosip tentang Trasmoz sebagai surga para penyihir, kepala biara Veruela memiliki kesempatan untuk menghukum masyarakat, dengan meminta Uskup Agung Tarazona, di kota besar terdekat degnan mengucilkan desa tersebut.

Namun, pihak dari Trasmoz tidak terima dan memilih perang angkat senjata dengan berperang melawan pihak-pihak gereja. Bahkan ada yang mengatakan jika kaum Trasmoz melakukan perang dengan bantuan sihir.

Kabar ini akhirnya terdengar sampai pemerintah pusat Spanyol, di bawah Raja Ferdinand II. Pada 1511, dengan bantuan Paus Julius II dari Italia, ia mengutuk desa dengan ayat 108 Kitab Mazmur.

Raja Ferdinand II mengatakan jika masyarakat Desa Trasmoz sudah dibutakan oleh sihir. Dengan kutukan tersebut, Desa ini berhasil dikalahkan. Bahkan kastilnya yang masih berdiri saat ini kala itu dibakar karena dianggap sarang penyihir.

2 dari 2 halaman

Desa Trasmoz © Diadona

Desa ini kini hanya dihuni oleh puluhan orang saja. Namun, Ruiz masih tetap di sana sebagai pemandu wisata bagi para turis yang datang ke sana dan mau diceritakan tentang sejarah Kota ini. Para turis bahkan diantar ke reruntuhan Kastil Trasmoz dan temapt-tempat para penyihir dieksekusi.

Menurutnya, saat ini masih ada segelintir penyihir yang hidup di Desa Trasmoz. Seseorang yang dianggap penyihir itu membuat ramuan-ramuan dan mantra-mantra untuk menangkal roh jahat.

Berani untuk ke tempat ini?

Beri Komentar