Menyusuri Hutan Pinus Bulu Tanah Bone, Berwisata Sambil Berkemah

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 6 Januari 2021 16:10
Menyusuri Hutan Pinus Bulu Tanah Bone, Berwisata Sambil Berkemah
Lebih seru kalau ajak sahabat nih, guys.

Selain pantai dan pegunungan, hutan pinus juga jadi salah satu tempat wisata yang kerap dikunjungi para wisatawan untuk menghilangkan penat. Nah, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, terdapat obyek wisata hits di kalangan pencinta alam, yakni Hutan Pinus Bulu Tanah.

Sesuai namanya, hutan pinus ini berada di Bulu Tanah, Desa Mattampa Walie, Kec. Lappariaja, Kab. Bone. Saat berkunjung ke sini, kamu akan merasakan suasana pegunungan dan menghirup udara segar. Apalagi dengan memasang hammock dan camping bersama teman, pastinya bikin pengalaman yang menyenangkan, deh.

1 dari 2 halaman

Hutan Pinus Bulu Tanah BoneHutan Pinus Bulu Tanah Bone © instagram.com/deaaautari

Lokasi Hutan Pinus Bulu Tanah ini tidak jauh dari jalanan Poros Bone-Makassar, yakni sekitar 10 kilometer. Untuk datang ke sini, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Akan tetapi, kamu mesti berhati-hati karena aspal jalanannya tidak terlalu luas dan terdapat tanjakan serta turunan.

Meski begitu, selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan sawah, pegunungan, dan pepohonan yang bikin liburanmu makin seru. Ohiya, selain Hutan Pinus Bulu Tanah, di sekitaran hutan ini  juga terdapat pula air terjun serta gunung teletubbies, lho. Jadi, kalau kamu ingin menikmati momen tersebut, sebaiknya berkunjung pada siang hari supaya tidak kedinginan.

Salah satu yang membuat hutan pinus ini di kunjungi banyak wisatawan ialah karena keasrian hutannya serta sambutan hawa dingin yang membuatmu merasakan ketenangan, jauh dari bising kendaraan, dan jauh dari hiruk-pikuk setress.

2 dari 2 halaman

Hutan Pinus Bulu Tanah BoneHutan Pinus Bulu Tanah Bone © instagram.com/irwandhy17

Tak hanya itu saja, di hutan pinus ini kamu juga bisa melihat langsung produksi rumahan gula merah aren secara tradisional lho, guys. Gula merah asli Bulu Tanah ini bisa kamu jadikan buah tangan untuk orang-orang di rumah. Tenang, soal harga pun sangat bersahabat dengan kantong yakni berkisar Rp10.000 sampai Rp20.000 tergantung ukurannya.

Nah, untuk berwisata di hutan pinus Bulu Tanah, kamu bisa melewati Poros Lappariaja lalu mengikuti petunjuk yang terdapat di Desa Sengeng Palie. Sedangkan buat kamu yang berasal dari luar Bone terutama dari provinsi lain, maka kamu bisa menyewa mobil ataupun naik travel dari Bandara Sultan Hasanuddin atau Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Sayangnya di lokasi hutan ini belum ada penginapan, villa, maupun hotel, sehinggga disarankan kamu membawa perlengkapan sendiri kalau ingin bermalam dengan camping. So, tunggu apalagi untuk berwisata ke hutan pinus Bulu Tanah sembari berkemah? Ajak keluarga dan sahabatmu ya, guys!

Beri Komentar