Gunung Tunak, Surga Tersembunyi di Pulau Lombok yang Mirip Twelve Apostles Victoria Australia

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 17 Desember 2020 08:10
Gunung Tunak, Surga Tersembunyi di Pulau Lombok yang Mirip Twelve Apostles Victoria Australia
Kalian udah tau belum?

Mungkin bagi sebagian wisatawan akan bingung saat memilih antara gunung atau pantai. Tapi kalau bisa milih keduanya kenapa harus dibuat susah? Ya, kamu akan mendapatkan kedua pemandangan alam antara pantai dan gunung di pulau Lombok, namanya Taman Wisata Alam Gunung Tunak.

Tempat ini ialah paket komplit bagi kamu yang suka dengan keindahan gunung sekaligus pantai. Lokasi TWA Gunung Tunak berjarak sekitar 85 kilometer dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan, tepatnya berada di Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

1 dari 2 halaman

Taman Wisata Alam Gunung Tunak © Diadona

Taman Wisata Alam Gunung Tunaka atau biasa disebut TWA Gunung Tunak adalah sebuah tanjung seluas 1.200 hektare yang menjorok langsung ke Samudera Hindia dan memiliki daratan perbukitan serta pulau-pulau tebing di sekitarnya. Sebab, tempat ini diapit oleh Teluk Bumbang di sebelah Barat - Utara dan Teluk Awang yang ada di sebelah timur.

Kalau kamu sudah pernah berkunjung ke tempat ini, sadar tidak jika Taman Wisata Gunung Tunak ini mirip dengan Twele Apostles yang berada di Victoria, Australia. Hanya saja yang membedakan ialah gugusan pulau tebing di kawasan ini tidak sampai berjumlah 12. Namun, tetap saja destinasi ini memiliki keindahan luar biasa yang nggak kalah dari Twele Apostles.

Selain itu, saat kamu memasuki kawasan Gunung Tunak, nantinya para pengunjung akan melalui sejumlah kawasan hutan lindung dengan satwa-satwa langka yang ada di dalamnya seperti rusa timor, burung gosong serta banyak sekali jenis kupu-kupu dalam taman penangkaran.

2 dari 2 halaman

Taman Wisata Alam Gunung Tunak © Diadona

Nah, setelah melewati kawasan hutan, barulah kamu akan menemukan pantai tersembunyi. Namanya Pantai Bilayasak, yakni pantai perawan dengan pasir putih yang langsung menghadap Samudera Hindia. Menariknya lagi, pantai ini juga di kelilingi tebing kapur melingkar, yang dari kejauhan terlihat berwarna keemasan. Wow!

Ohiya saat di dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tunak juga terdapat mercusuar setinggi 20 meter. Dari atas mercusuar tersebut kamu bisa menyaksikan secara keseluruhan keindahan Gunung Tunak. Apalagi TWA ini termasuk kawasan sepi dan belum banyak diketahui wisatawan, jadi saat kamu datang ke sini akan merasa termanjakan seperti berada di pulau pribadi, deh.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, kamu cukup merogoh kocek Rp 5.000 saja dengan fasilitas yang telah disebutkan di atas. Dan kalau ingin bermalam, ada hotel terdekat dari TWA Gunung Tunak, yaitu Endless Summer Lombok yang berjarak sekitar 2,8 kilometer dari lokasi wisata, lho.

Gimana, apakah Taman Wisata Gunung Tunak sudah masuk list libur akhir tahun mu? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar