Mencari Ketenangan di Telaga Kumpe, Spot Syahdu di Pedalaman Banyumas

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 3 Desember 2020 16:20
Mencari Ketenangan di Telaga Kumpe, Spot Syahdu di Pedalaman Banyumas
Air yang tenang ditambah pemandangan pegunungan yang hijau membuat tempat ini bisa menjadi spot untuk mencari ketenangan.

Berwisata merupakan cara yang paling ampuh untuk menghilangkan stres setelah 6 hari bekerja. Berwisata dengan hanya melihat pemandangan hijau adalah salah satu cara yang paling tepat untuk me-relax-kan badan dan pikiran.

Nah, bersyukur kita berada di Indonesia yang memiliki banyak spot wisata dan surga tersembunyi. Salah satu surga tersembunyi yang bisa menjadi rekomendasi mencari tempat tenang adalah Telaga Kumpe. Seperti apa keindahan Telaga Kumpe ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 4 halaman

Telaga Kumpe

Telaga Kumpe © Diadona

Telaga Kumpe terletak di Grumbul Pesawahan, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Sekitar 18 km dari kota Purwokerto dan memerlukan waktu sekitar 40 menit-1 jam untuk sampai di lokasi.

Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan syahdu yang memberikan ketenangan sesampainya kamu di lokasi. Nuansa hijau dikelilingi perbukitan telaga menambah nuansa eksotis di Telaga Kumpe.

2 dari 4 halaman

Sejarah Telaga Kumpe

Telaga Kumpe © Diadona

Tempat ini diberi nama Telaga Kumpe bukan tanpa alasan. Kumpe sendiri merupakan nama tanaman yang tumbuh subur di tengah telaga. Kumpe awalnya merupakan singkatan dari bahasa jawa " Dikum lan dipe" yang berarti dierendam dan dijemur.

Istilah inilah yang kemudian digunakan untuk menamai tanaman yang ada di tempat tersebut. Sampai akhirnya, warga sekitar juga menamakan tempat ini sebagai Telaga Kumpe.

Kumpe sendiri, menurut warga sekitar merupakan tanaman yang tak ditemukan di telaga manapun. Tanaman ini hanya ada di dua telaga, yakni Telaga Kumpe dan Telaga Ranjeng yang berada di daerah Kaligua, Brebes. Warga pun percaya tanaman kumpe di telaga Kumpe berjenis kelamin perempuan, sedankan tanaman kumpe di Telaga Ranjeng berjenis kelamin laki-laki.

3 dari 4 halaman

Fasilitas

Telaga Kumpe © Diadona

Selain menikmati keindahan alam yang ada di Telaga Kumpe, kamu juga bisa menikmati sensasi menaiki perahu dan mengarungi telaga. Biayanya cukup murah. Hanya dengan Rp 5000 kamu sudah bisa menikmati sensasi naik perahu selama 30 - 40 menit per orang. Kamu bisa mendayung perahu sendiri atau bisa didampingi oleh petugas. Jangan khawatir, kamu juga akan dilengkapi dengna baju pelampung untuk tetap aman.

4 dari 4 halaman

Rute menuju Telaga Kumpe

Jika ingin berlibur ke Telaga Kumpe, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, tak ada kendaraan umum yang melintas di tempat ini.

Untuk menuju lokasi dari Purwokerto yang berjarak 18 km bisa ditempuh dengan waktu 40 menit sampai satu jam. Namun, kamu perlu juga memperhatikan kondisi kendaraan. Hal ini dikarenakan jalanan saat mendekati lokasi cukup menanjak dan terjal.

Tiket masuknya hanya Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Bagaimana? Tertarik untuk kelokasi?

Beri Komentar