Gang Venus Tambora, Kawasan di Indonesia yang Tak Tersentuh Hangatnya Sinar Matahari

Reporter : Nasa
Senin, 30 November 2020 11:14
Gang Venus Tambora, Kawasan di Indonesia yang Tak Tersentuh Hangatnya Sinar Matahari
Bukan Eropa, kawasan ini ada di Jakarta

Sebagai negara tropis dengan dua musim, seluruh kawasan Indonesia hampir selalu terkena sinar matahari dengan beragam instensitas. Namun ternyata fakta tersebut tak sepenuhnya benar. Di Jakarta, ada satu kawasan yang kabarnya tak pernah terkena sinar matahari.

Namanya adalah Gang Venus di Kelurahan Jembatan Besi Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Sebagian gang tersebut kabarnya lebih mirip gua, yang sama sekali tak terkena sinar matahari sepanjang waktu. Menariknya, kawasan itu adalah salah satu kawasan paling padat penduduk di Jakarta.

Untuk kawasan Tambora sendiri ada sejumlah pemukiman padat di kawasan Tambora. Nah, RW 03 ini adalah salah satu wilayah terpadat di Tambora dengan jumlah penduduk mencapai 6.000 jiwa di wilayah seluas 6 hektar.

Menurut info dari laman Merdeka, pada 2016 silam terdapat setidaknya 180 KK yang tinggal di kawasan tersebut. Namun data itu sebenarnya belum bisa menggambarkan kepadatan wilayah tersebut, mengingat banyaknya pendatang baru yang tak terdaftar oleh RT dan RW setempat.

1 dari 2 halaman

Dipadati Rumah Semi Permanen

Gang Venus Tambora © Diadona

Gang Venus sendiri dikenal sebagai kawasan yang dipadati rumah-rumah semi permanen. Kebanyakan rumah-rumah di sana terdiri dari dua hingga 3 lantai. Uniknya, setiap lantai rumah biasanya dihuni oleh keluarga yang berbeda-beda.

Masih menurut info dari laman Merdeka sekitar 75 persen penduduk adalah perantau yang menyewa tempat tinggal di kawasan tersebut. Banyak dari mereka yang tinggal di kamar-kamar di atas rumah keluarga penduduk setempat.

Menariknya lagi, saking padat dan sempitnya, jalan-jalan di antara rumah-rumah warga jadi gelap karena bagian atap beberapa ruas gang ditutup oleh hunian warga di lantai atas. Alhasil, ada sebagian warga yang harus menyalakan lampu 24 jam, karena tak tersentuh sinar matahari.

2 dari 2 halaman

Tanpa Sinar Matahari dan Tak Pernah Terkena Hujan

Gang Venus Tambora © Diadona

Karena lokasinya benar-benar tertutup oleh bangunan-bangunan yang sangat rapat, Gang Venus di Tambora ini juga tak pernah terkena air hujan. Jadi sudah tak pernah terkena sinar matahari, tapi tak pernah kena air hujan juga. Gak kebayang gimana sirkulasi udara di sana kan ya.

Untuk mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, biasanya warga setempat memilih untuk pergi ke jalan besar selama beberapa saat. Mereka yang punya bayi biasanya akan melakukan hal ini secara rutin. Kondisi semacam ini kabarnya sudah terjadi lama di Gang Venus.

Warga setempat benar-benar hanya mengandalkan penerangan listrik untuk beraktivitas sehari-hari. Kalau lampu pas mati, kawasan tersebut sudah bisa dipastikan bakalan gelap gulita. Wah sedih juga ya lihat fakta di Gang Venus ini. Gimana nih guys menurut kamu?

Beri Komentar