Melihat Potret Pulau Buru di Maluku, Tempat Karantina Bella Shofie dari Virus Corona

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Rabu, 1 April 2020 04:47
Melihat Potret Pulau Buru di Maluku, Tempat Karantina Bella Shofie dari Virus Corona
Nggak cuma indah, pulau Buru ternyata punya kisah kelam dan harta yang terpendam

Pandemi corona yang kian hari kian mewabah di mana-mana tentu membuat banyak orang khawatir. Tentu banyak hal yang dilakukan untuk mencegah wabah ini semakin menyebar. Salah satunya social distancing, tapi atris cantik Bella Shofie malah memilih mengasingkan diri ke pulau Buru, Maluku loh!

Hal ini diketahi dari laman instagram Bella @bellashofi_ringan. Nggak kayak orang pada umunya, ia justru melakukan isolasi dii bersama suami dan anaknya di sebuah pulau. Dalam unggahan di Instagramnya terlihat foto dirinya berlataran pantai. Nggak hanya itu, nampaknya Bella juga berenang dan snorkeling di pantai belakang rumahnya. Tapi seperti apa sih pulau Buru yang dihuni Bella dalam rangka social distancing ini?

1 dari 4 halaman

Terkenal Akan Keindahan Alamnya

      Lihat postingan ini di Instagram

#KarantinaLife #Ourloveourfamily #kampunghalamansuami

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mrs. DANIEL RIGAN ???????????? (@bellashofie_rigan) pada

Pulau yan terletak di gugusan kepulauan Maluku ini sungguh sangat indah. Populasnya terdiri dari banyak etnis seperti Buru, suku Ambon, Ambalau, Buton, Bugis dan Jawa. Seperti gugusan kepulauan Maluku kebnayakan, rata-rata pantai di pulau ini memiliki pasir yang putih bersih serta pemandangan bahwa laut yang indah banget!

2 dari 4 halaman

Pernah Jadi Pulau Pengasingan Tapol Orba

      Lihat postingan ini di Instagram

Good Vibes ???? - Photo Explore today at Tomahu Island, Kepala Madan - Pulau Buru #buruislands_indonesia . . ???? Photo by @laode_jaya_ramadhan . . #buruislands #caribeta #tukangbajalang #exploreambon #wisatamaluku

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pulau Buru - Indonesia (@buruislands_indonesia) pada

Belasan ribu orang yang tuduh sebagai simpatisan PKI epernah loh diasingkan ke pulau ini pada tahun 1969 sampai 1976. Mereka tentu dikirim secara bertahap dan dirampas hak-hak kewarganegaraannya. Mereka juga dilarang untuk kembali ke tempat asalnya.

3 dari 4 halaman

Tempat Terasingkannya Pramoedya Ananta Toer

      Lihat postingan ini di Instagram

Memerintah pekerja pun kau tidak bisa karena kau tak bisa memerintah dirimu sendiri, Memerintah diri sendiri kau tak bisa karena kau tak mau bekerja. -Bumi Manusia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pramoedya Ananta Toer (@pramoedyaanantatoer) pada

Salah satu tapol yang diasingkan pada masa pemerintahan Soekarno yaitu sastrawan legendaris, Pramoedya Ananta Toer. Di pulau inilah almarhum menulis gagasannya ke dalam tulisan. Walaupun saat itu suasana sangat tidak kondusif, ia masi memiliki waktu menulis walaupun terbatas.

4 dari 4 halaman

Tambang Emas

      Lihat postingan ini di Instagram

#KarantinaLife #Ourloveourfamily #kampunghalamansuami

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mrs. DANIEL RIGAN ???????????? (@bellashofie_rigan) pada

Nggak cuma pemandangannya yang keren dan kisah kelam di baliknya, ternyata pulau ini juga menyimpan harta yang berlimpah. Uniknya, dulu mayoritas pekerjaan di pulau ini adalah penati kayu putih, namun saat tahun 2011 mereka semua berganti peran menjadi penambang emas. Hal ini berawal dari mimpi seorang warga yang menunjukan lokasi bernama gunung Botak dan ditemukan emas.

Setelah akhirnya ditemukan, semua warga kemudian banting stir menajdi penambang emas karena lebih banyak menghasilkan uang. Di balik keindahannya, ternyata pulau ini menyimpan banyak kisah pilu dan harta yang terpendam. Tertarik jalan-jalan ke sana?

Beri Komentar