Jejak Kota Sodom, Peradaban Terkutuk yang Sudah Hilang Ditelan Zaman

Reporter : Bagus Prakoso
Minggu, 19 April 2020 08:20
Jejak Kota Sodom, Peradaban Terkutuk yang Sudah Hilang Ditelan Zaman
Masyarakat yang hidup di zaman Nabi Luth AS yang berada di wilayah pesisir Laut Mati.

Bagi yang belum tahu, Kota Sodom adalah kota yang ada di Zaman Nabi Luth AS. Masyarakat Kota Sodom memang dikenal dengan perzinahan dan orang-orang yang melakukan penyimpangan seksual. Bahkan, kota ini telah diazab berupa kehancuran melalui gempa bumi yang dahsyat.

Meskipun telah lenyap berabad-abad lalu, jejak Kota Sodom nyatanya masih bisa ditelusuri. Dilansir dari berbagai sumber, penelitian arekologis menemukan bahwa Kota Sodom terletak di tepi Laut Mati. Kota ini memanjang di antara perbatasan Israel-Yordania.

1 dari 2 halaman

Jejak Kota Sodom © Diadona

Para arkeolog menemukan bahwa kota Sodom ini memang berada di dataran yang mudah diguncang gempa. Di samping itu, tim geolog juga menemukan banyak lapisan lahar dan batu basal bukti pernah terjadinya etusan gunung berapi dan gempa bumi maha dahsyat di pesisir Laut Mati.

Peneliti asal Jerman, Werner Keller, mengungkap fakta bahwa gempa bumi yang pernah mengguncang Kota Sodom ini terjadi dari tepi Gunung Taurus, lalu memanjang ke pantai selatan Laut Mati dan berlanjut melewati Gurun Arabia ke Teluk Aqaba melintasi Laut Merah hingga mengguncang Afrika.

2 dari 2 halaman

Jejak Kota Sodom © Diadona

Ia menambahkan, Kota Sodom terjerumus ke dalam jurang yang sangat dalam akibat guncangan gempa yang sangat hebat. Saat ini tempat itu dinamakan Lembah Siddim. Ia juga memperkirakan gempa tersebut disertai letusan, petir, keluarnya gas alam bahkan munculnya lautan api yang dahsyat.

Ada yang berani mengunjungi tempat ini untuk napak tilas? Silahkan tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar