Ekstrem, Gurun Lut di Iran Menjadi Tempat Terpanas di Dunia dengan Suhu 70,7 derajat Celcius

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 11 Maret 2020 13:34
Ekstrem, Gurun Lut di Iran Menjadi Tempat Terpanas di Dunia dengan Suhu 70,7 derajat Celcius
Panasnya sampai ke ubun-ubun!

Apakah kamu pernah berfikir adakah tempat yang paling panas yang ada di Bumi? Ternyata ada lho. Bahkan suhu di tempat ini 2 kali lipat lebih panas daripada suhu normal di Indonesia lho. Di mana ya tempatanya?

NASA sempat merilis data yang menunjukkan tempat terpanas yang ada di muka bumi. Ternyata letaknya berada di negara Iran. Sebuah gurun pasir bernama Dsht e Lut adalah tempat yang paling panas di dunia. Bahkan, suhu terpanasnya mencapai 70,7 derajat celcius pada tahun 2005 lalu. Hal ini terpantau dari instrumen NASA yang dipasang Thermal Infrared Sensor pada satelit Landsat-8. Kawasan terlihat gelap saat dipantau dari satelit dan daerah gelap itulah yang menjadi tempat terpanas di dunia.

1 dari 1 halaman

Gurun Lut

Dilansir dari BBC, gurun pasir Dasht e Lut memiliki ukuran panjang 480 km dengan lebar 320 km yang juga menempatkannya sebagai gurun pasir terluas ke 25 di dunia.

Selain menjadi kawasan terpanas di dunia, tempat ini juga menjadi kawasan yang paling kering sedunia. Sementara titik paling panas dari gurun pasir Dasht e Lut ini berada di Gandom Beryan. Area ini tertutup lava hitam yang memiliki banyak legenda yang konon katanya adalah berasal dari gandum yang terbakar. Dahulu ada kendaraan pembawa gandum yang terguling di sana. Saking panasnya area itu, gandum terbakar dan akhirnya menyisakan lava hitam yang terlihat hingga saat ini.

Gurun Lut Iran © Diadona

Meskipun tempat ini menjadi tempat terpanas di dunia, tetapi minat pengunjung masih ada lho. Beberapa yang penasaran dengan suhu gurun di tempat ini nekad datang langsung dan langsung merasakan panasnya permukaan gurun pasir ini. Apakah kamu juga tertantang untuk ke sini?

Beri Komentar