Jadi Tempat Wisata, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Terkenal Angker

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 12 November 2020 19:20
Jadi Tempat Wisata, 7 Pulau di Indonesia Ini Ternyata Terkenal Angker
Pulau-pulau ini menyimpan kisah kelam yang membuatnya menjadi pulau angker di Indonesia.

Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar. Mulai dari pulau besar, hingga pulau-pulau kecil, semuanya memiliki keindahan yang membuatnya menjadi destinasi wisata.

Selain destinasi wisata beberapa pulau juga memiliki nuansa mistis yang bikin bulu kuduk merinding. Nggak heran kalau beberapa pulau di Indonesia ini terkenal angker. Di mana saja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 8 halaman

Pulau Onrust

Pulau Onrust © Diadona

Pulau Onrust termasuk dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki daya tarik dengan banyaknya bangunan bekas peninggalan Belanda yang sudah terbengkalai.

Di sana juga ada sumur tua dan makam yang dikenal angker. Warga setempat mengaku jika sering mendengar suara-suara misterius dari bangunan Belanda tersebut.

2 dari 8 halaman

Pulau Cipir

Pulau Cipir © Diadona

Pulau Cipir juga masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu. Tempat ini dulunya adalah tempat karantina bagi penderita kusta. Karena itulah cukup banyak gedung rumah sakit yang terbengkalai di Pulau Cipir.

Melihat ke dalam, bangunnan rumah sakit di pulau ini memang terlihat angker dan menyeramkan. Warga lokal yang kebetulan melewatinya mengaku sering mendengar suara minta tolong dan rintihan kesakitan. Meraka meyakini jika itu adalah suara pasien yang meninggal ketika dikarantina di tempat tersebut.

3 dari 8 halaman

Pulau Kembang

Pulau Kembang © Diadona

Pulau Kembang ini berada di Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Pulau ini menjadi habitat monyet ekor panjang, dan juga sesekali melihat bekantan berkeliaran di pulau ini.

Masyarakat di sekitar pulau ini percaya jika Pulau Kembang terbentuk akibat tenggelamnya kapal perang Belanda. Monyet dan bekantan di sana dianggap prajurit penjajah yang dikutuk oleh penunggu pulau tersebut.

4 dari 8 halaman

Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidung © Diadona

Pulau Tidung Kecil berada di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung juga memiliki kisah mistis yang tersebar di masyarakat.

Kisah ini berasal dari kisah seorang raja dari Suku Tidung, Kalimantan Timur, Raja Pandita. Ia diasingkan Belanda ketika masa penjajahan.

Setelah menjadi penduduk pertama di sana, datanglah Panglima Hitam ke Pulau Tidung. Mereka berdua menghabiskan hidupnya di sana dan dimakamkan di pulau Tidung Kecil.

Konon katanya, kedua tokoh itu kerap terlihat di sekitar pesisir Pulau Tidung Kecil. Padahal, sampai saat ini, pulau ini tak berpenghuni sama sekali.

5 dari 8 halaman

Pulau Nusa Barong

Pulau Nusa Barong © Diadona

Pulau Nusa Barong berada di sebelah selatan Pulau Jawa, tepatnya di Jember, Jawa Timur. Di balik keindahannya, Pulau ini memiliki cerita horor yang bikin bulu kuduk merinding.

Warga sekitar meyakini jika pulau ini dihuni oleh seekor ular raksasa. Tempat ini juga kerap dijadikan lokasi bagi mereka yang ingin belajar ilmu hitam.

6 dari 8 halaman

Pulau Galang

Pulau Galang © Diadona

Pula Galang terletak di Kepulauan Riau. Pulau ini ternyata memiliki sejarah yang cukup kelam. Pada tahun 1976-1996, Pulau Galang menjadi tempat mengungsi ribuan tentara asal Vietnam yang meninggalkan negaranya saat tragedi Perang Vietnam. Mereka yang tak lolos melanjutkan perjalanan ke Australia dan Amerika Serikat kemudian dirampok dan dibunuh dengan keji. Ada juga yang memutuskan untuk bunuh diri.

Karena cerita kelam itulah yang membuat pulau ini diselimuti aura angker. Beberapa nelayan yang melewati pulau ini mengaku melihat pulau ini sangat gelap dari kajauhan. Bahkan ada juga yang mengaku melihat penampakan tentara di pinggir pantai yang melambaikan tangan ke kapal.

7 dari 8 halaman

Pulau Kelor

Pulau Kelor © Diadona

Pulau Kelor ini berada di gugusan Kepulauan Seribu yang menjadi wilayah administratif DKI Jakarta. Pulau ini memiliki ikon Benteng Martelo peninggalan VOC.

Benteng ini kemudian hancur pada 1883 karena letusan Gunung Krakatau. Hal ini juga yang menewaskan hampir seluruh tentara yang ada di pulau tersebut.

Banyak yang menganggap pulau ini angker. Beberapa saksi seringkali mendengar suara tentara berbaris di sekitar bekas Benteng Martello.

Beri Komentar