Italia Lockdown, Ini Potret Air Kanal Venesia yang Jadi Lebih Jernih

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 20 Maret 2020 16:51
Italia Lockdown, Ini Potret Air Kanal Venesia yang Jadi Lebih Jernih
Sepi pengunjung, kanal Air menjadi lebih jernih.

Banyak yang bilang kalau wabah Virus Corona ini pertanda bahwa bumi butuh istirahat dan membersihkan seluruh isinya. Ternyata hal ini memang terlihat di Italia. Efek tak terduka tampak di Venesia di tengah negara perjuangan dunia melawan penyebaran corona COVID-19 ini. Yakni Air Kanal di Venesi jauh lebih jernih dari sebelumnya.

Venesia memang salah satu destinasi populer di Italia yang biasanya dipenuhi wisatawan sepanjang tahun. Tapi, karena Italia saat ini sedang lockdown, pemandangan yang berbeda justru nampak di tempat ini, yakni sepi pengunjung. Dilansir dari CNN, di tengah kondisi ini, penduduk Venesia memperhatikan air di kanal-kanal jadi lebih jernih. Saking jernihnya, mereka jadi bisa melihat ikan-ikan kecil berenang di sekitarnya.

1 dari 1 halaman

Kanal Venesia © Diadona

Ternyata fenomena ini juga dibagikan beberapa orang lewat foto-foto yang diunggah ke grup facebook. Mengutip dari cnn, Wali Kota di Venesia mengatakan, perubahan air menjadi jernih karena sedikitnya lalu lintas di kanal yang membuat endapat tetap di dasar laut. Jadi, polusi air mungkin tidak menurun, hanya saja lalu lintas tidak banyak.

Kanal Venesia © Diadona

Ternyata, Corona ini adalah sereangkaian masalah baru yang harus dihadapi oleh Venesia. Pasalnya pada November tahun lalu, kanal ini telah dilanda banjir terburuk dalam 50 tahun terakhir yang mengakibatkan kerusakan dengan kerugian ratusan juta Euro. Venesia juga berjuang melawan overtourism.

Mungkin ini bisa jadi hal positif dari sebuah musibah. Bagaimanapun juga, semoga hal ini cepat berlalu ya, travelers.

 

Beri Komentar