Indahnya Danau Kerid, Bekas Kawah Vulkanik Dengan Air Berkilau Bak Surga

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 2 Oktober 2020 18:20
Indahnya Danau Kerid, Bekas Kawah Vulkanik Dengan Air Berkilau Bak Surga
Dunia tak habisnya menyajikan keindahan bak surga.

Islandia merupakan salah satu Negara yang banyak dikelilingi gunung berapi aktif. Meskipun banyak gunung berapi aktif, ada juga gunung yang sudah tak aktif lagi. Gunung-gunung yang sudah tidak aktif lagi inilah yang kemudian membentuk sebuah tempat baru yang sangat indah.

Salah sataunya adalah Danau Kawah Kerid. Saking indahnya, tempat ini juga dijuluki sebagai lingkaran emas. Seperti apa keindahannya?

1 dari 2 halaman

Danau Kerid

Danau Kerid © Diadona

Danau Kerid terbentuk karena letusan gunung berapi. Nggak heran jika tempat ini dikelilingi batuan vulkanik merah yang langka. Selain itu, Danau Kawah Kerid memiliki warna biru hampir neon.

Danau Kawah Kerid terletak di Islandia selatan. Namun, melansir dari Atlas Obscura, kabarnya Kerid ini termasuk Danau Kawah yang unik karena kemungkinan besar tidak terbentuk dari ledakan seperti kebanyakan. Gunung berapi Kerid diperkirakan terbentuk ketika magma di tengahnya habis dengan sendirinya, dan bilik kosong di bawahnya runtuh..

Sementara itu, melansir dari adventure.is, Danau Kawah Kerid adalah danau yang sudah berusia 3.000 tahun.

Danau Kerid © Diadona

Terlepas dari detail geologisnya yang menciptakan danau, warna yang dihasilkan oleh danau ini sangat nggak wajar. Selain perairan cerah berwarna safir, lereng curam mangkuk kaldera hampir seluruhnya tertutup batuan vulkanik merah. Ada satu sisi lereng yang tak terlalu curam yang ditutupi lumut hijau subur.

Saat musim dingin, danau ini akan membeku dan menjadi gelanggang es raksasa untuk para wisatawan yang suka berwisata di musim dingin. Sisa kawah seperti pemandangan sekitarnya, berlapis es dan salju.

Beri Komentar