Dampak Gunung Semeru Erupsi, Pengunjung Dilarang Turun ke Air Terjun Tumpak Sewu

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 6 Desember 2021 11:36
Dampak Gunung Semeru Erupsi, Pengunjung Dilarang Turun ke Air Terjun Tumpak Sewu
Sementara ini, Air Terjun Tumpak Sewu tetap buka, hanya saja, pengunjung dilarang untuk turun ke bawah air terjun.

Gunung Semeru Meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 kemarin. Letusan ini berdampak besar pada warga Lumajang, khususnya warga Desa Sumberwuluh. Banyak warga yang harus mengungsi akibat dari hujan abu dan lumpur yang menyelimuti Desa Sumberwuluh akibat letusan Gunung Semeru.

Bencana ini juga berdampak pada sektor pariwisata di wilayah sekitar Gunung Semeru. Salah satunya adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Meskipun Air Terjun Tumpak Sewu tetap buka, namun pengunjung diimbau untuk tidak turun ke lokasi lembah air terjun.

1 dari 4 halaman

Tetap Buka

Air Terjun Tumpak SewuAir Terjun Tumpak Sewu © instagram.com/tumpak_sewu

Melansir dari berbagai sumber, Air Terjun Tumpak Sewu tetap beroperasi secara normal. Hal ini disampaikan oleh Abdul Karim, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tumpak Sewu Semeru sekaligus pengelola Air Terjun Tumpak Sewu. Hal ini menurutnya karena belum adanya imbauan dari pemerintah daerah Lumajang terkait penutupan tempat wisata.

2 dari 4 halaman

Tak Boleh Turun

Meskipun masih beroperasi secara normal, namun para wisatawan tetap diimbau untuk tak turun ke air untuk sementara waktu. Mereka hanya diizinkan untuk berada di view point Panorama yang terletak sekitar 10 menit jalan kaki dari pintu masuk wisata.

Sementara itu, melansir dari Liputan 6, sebuah video singkat di akun Instagram memperlihatkan panorama Air Terjun TUmpak Sewu disertakan gambar pagar menuju akses bawah air terjun yang diberi pengumuman.

" Mohon maaf untuk sementara dilarang turun," bunyi keterangan yang diletakkan di pagar warna biru tersebut.

3 dari 4 halaman

Insta Story Air Terjun Tumpak SewuInsta Story Air Terjun Tumpak Sewu © instagram.com/lumajangtourism20

Kabar ini dibagikan kembali oleh akun @lumajangtourism20.

" Perhatian, demi keamanan dan kenyamanan bersama untuk jalur ke bawah air terjun ditutup sementara," bunyi keterangan tersebut.

" Cukup sampai view point " panorama" atas perhatian dan kerja samanya disampaikan terima kasih," tutup keterangan tersebut.

4 dari 4 halaman

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu LumajangAir Terjun Tumpak Sewu Lumajang © unsplash.com / Ardito Ryan Harrisna

Air Terjun Tumpak Sewu menjadi salah satu air terjun unik yang ada di Lumajang. Air terjun ini berformasi unik karena aliran air yang melebar seperti tirai dan masuk dalam tipe air terjun Tiered. Air Terjun Tumapk Sewu berada di lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan laut. Bentuknya yang seperti tirai dan lebar ini membuat Air Terjun Tumpak Sewu memiliki julukan sebagai Niagaranya Indonesia.

Air Terjun Tumpak Sewu masuk dalam wilayah Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Tmpat ini bisa ditempuh lewat Kabupaten Lumajang melalui jalan nasional rute tiga lintas selatan Jawa Timur. Jika dari Malang, kamu bisa memilih rute Bululawang-Dampit-Tirtomoyo-Pronojiwo-perbatasan Lumajang dan Malang.

Sampai di Desa Sidomulyo, pengunjung akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan.

Beri Komentar