Daftar Wisata Religi Paling Menarik di Surabaya, Cocok Buat Ibadah Sampai Hunting Foto!

Reporter : Kurnia
Kamis, 6 Oktober 2022 12:24
Daftar Wisata Religi Paling Menarik di Surabaya, Cocok Buat Ibadah Sampai Hunting Foto!
healing sambil mencari pahala

Siapa bilang liburan ke Surabaya cuma bisa menikmati keindahan mall dan wisata kuliner yang itu-itu saja?

Punya sejarah panjang dalam perjalanan umat muslim di Pulau Jawa, Surabaya juga menyajikan wisata religi yang begitu menarik loh, Diazens. Ya, meski Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua setelah Jakarta, namun kota Pahlawan ini menyimpan banyak ruang dan sudut indah untuk ditelisik.

1 dari 5 halaman

Tak sekedar berwisata, berburu foto bagi kamu yang doyan banget hunting fotografi bisa menjadi hal menarik saat kamu berkunjung ke wisata religi Surabaya ini. Ada apa saja?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata religi paling menarik yang bisa kamu kunjungi saat di Surabaya.

2 dari 5 halaman

Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel © Diadona

Sudah jadi rahasia umum jika makam Sunan Ampel menjadi destinasi wisata religi yang paling ramai dan sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Tampak biasa, namun Makam Sunan Ampel memiliki sejarah panjang di balik jasa-jasa Sunan Ampel semasa hidupnya yang turut menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Gedung dan bangunan lawas di Makam Sunan Ampel yang berada di Jalan Petukangan I, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya ini bisa menjadi spot menarik buat kamu yang suka mengabadikan momen.

Terlebih saat menjelang Ramadan, jumlah wisatawan makam Sunan Ampel akan semakin meningkat dan membuat hiruk pikuk wilayah Makam Sunan Ampel kian padat.

3 dari 5 halaman

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya © Diadona

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya menjadi simbol perdamaian umat beragama yang menarik untuk dikunjungi.

Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya merupakan masjid pertama di Indonesia yang menggunakan nama muslim Tionghoa dengan desain interior sampai eksterior pun didesain seapik mungkin.

Pintu Masjid Muhammad Cheng Hoo menyerupai pagoda. Di puncak pagoda terdapat relief naga serta patung singa yang terbuat dari lilin dengan tulisan Arab berlafaz Allah.

Mau hunting foto di Masjid Muhammad Cheng Hoo? Diazens bisa langsung menyusuri Jalan Gading, tepatnya di No. 2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

4 dari 5 halaman

Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel © Diadona

Masih di wilayah Sunan Ampel. Kali ini mengunjungi Masjid Sunan Ampel yang di pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel bersama Mbah Sholeh, Mbah Sonhaji, dan santrinya ini bisa jadi wisata religi paling menarik.

Interiornya penuh dengan kayu-kayu yang dipertahankan sejak awal pembuatannya. Ya, meski tidak diketahui secara pasti kapan Masjid Sunan Ampel ini dibangun namun pada tahun 1972 Pemerintah Kota Surabaya menetapkan Kawasan Masjid Sunan Ampel sebagai tempat wisata religi.

Saat Ramadan Masjid Sunan Ampel menjadi salah satu kawasan yang paling dicari. Bahkan, jumlah pengunjung masjid ini bisa mencapai dua kali lipat. Apalagi kalau memasuki masa-masa malam lailatul qadar, bisa lebih dari 10 ribu pengunjung.

Beri Komentar