Boarding Pass Bisa Digunakan Peretas Untuk Melakukan Tindak Kejahatan

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 3 Januari 2020 10:02
Boarding Pass Bisa Digunakan Peretas Untuk Melakukan Tindak Kejahatan
Berbahaya jika kamu selalu meninggalkan boarding pass kamu di bangku pesawat. Padahal, semua informasi data diri tersimpan apik dalam secarik kertas ini dan bisa terjadi kemungkinan diretas.

Melakukan perjalanan wisata merupakan hal yang sangat menyenangkan. Setiap orang tidak terkecuali kamu, tentunya menginginkan bepergian hanya sekedar melepas jenuh rutinitas bekerja. Apalagi kamu berkesempatan untuk melakukan perjalanan yang cukup jauh dan memungkinkan kamu untuk naik pesawat terbang sebagai salah satu alat transportasi yang cepat.

Ketika kamu memilih moda transportasi ini tentunya kam tidak aka bisa lepas dari moment boarding pass. Dalam istilah penerbangan komersial, boarding pass adalah dokumen akses menaiki pesawat yang diberikan pihak maskapai penerbangan kepada enumpang yang telah melakukan konfirmasi keberangkatan ata check in. Boarding pass digunakan sebagai dokumen resmi untuk memasuki gate penumpang dan saat memasuki pesawat. Boarding pass berisi sejumlah informasi penting selain nama penumpang dan nomor penerbang. Hal yang perlu kamu waspadai adalah terkait barcode yang ada dalam boarding pass kamu.

Boarding Pass yang Sering Ditinggakan

Ilustrasi Boarding Pass


Tanpa disadari atau tidak mungkin kamu pernah atau sering meninggalkan boarding pass kamu di seat pesawat atau membuang nya tanpa disobek terlebh dahulu. Padahal, semua informasi data diri kamu tersimpan apik dalam secarik kertas yang dirangkum pada barcode boarding pass.

Dilansir dalam Huffpost (21/12/2019), Etay Maor, kepala petugas keamanan di perusahaan intelijen Global IntSights bahwa ia mengambil lebih dari 100 penerbangan selama setahun terakhir dan ia melihat tren penumpang yang meninggalkan boarding pass mereka di belakang pesawat. Orang tidak menyadari bahwa semua informasi pribadi kamu dikpdekan di sana.

Bagaimana Peretas Dapat Menggunakan Boarding Pass?

Ilustrasi Hacker


Dikutip dari laman yang sama, pemindai barcode dapat dengan mudah ditemukan di berbagai situs web dan di toko aplikasi, seringkali gratis. Setiap pemindai dasar akan berfungsi, meskipun Etay mengatakan dia sangat menyukai BP Scanner karena menerjemahkan dan mengkategorikan data sehingga mudah dibaca. Sama seperti itu, Etay sekarang memiliki kemampuan untuk memindai barcode pada boarding pass apa pun dan mendapatkan akses ke semua informasi terkait penumpang, seperti nama dan rincian penerbangan mereka. Tetapi barcode juga akan mengungkapkan satu informasi kunci: Nomor rekening penerbangan penuh penumpang. Terkadang, detail tambahan milik akun, seperti alamat email, nomor telepon, dan lainnya, juga akan tersedia.

Wah, kalau dipikir lebih teliti lagi boarding pass sama pentingnya degan dokumen lain seperti pasport dan visa. Jika kamu masih meninggalkan boarding pass kamu atau membuangnya secara sembarangan harap untuk tidak melakukannya lagi, ya. Ingat, kejahatan semakin banyak dan kompleks seiring dengan berkembangnya informasi dan teknologi digital. Bagaimana pendapat kamu tentang fenomena ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar