Aturan Unik, Pulau Ini Melarang Penduduknya untuk Memakai Mobil!

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 18 Agustus 2020 15:20
Aturan Unik, Pulau Ini Melarang Penduduknya untuk Memakai Mobil!
Bahkan di Pulau ini, seluruh penduduknya hanya diperbolehkan menggunakan kuda dan gerobak!

Mobil dan kendaraan bermotor lainnya memang sudah lumrah ada di setiap kota besar. Bahkan di berbagai desa terpencil pun, kendaraan bermotor sudah kerap dipakai untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Namun bagaimana jika ada sebuah tempat yang justru tidak memperbolehkan penduduknya untuk memakai kendaraan bermotor?

Ternyata ada beneran, lho, sebuah tempat yang benar-benar melarang penduduknya untuk memakai mobil. Bahkan, mereka hanya menggunakan kendaraan yang ditarik oleh seekor kuda. Seperti apa, sih, tempat ini? Melansir dari Daily Mail, yuk kita jalan-jalan ke Pulau Sark!

1 dari 3 halaman

Pulau Sark

Pulau Sark © Diadona

Pulau Sark atau Channel Island of Sark merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di antara Guernsey dan Jersey. Pulau ini masuk dalam bagian dari Bailwick Guernsey, Kepulauan Channel, Britania Raya.

Yang menjadikan tempat istimewa adalah karena terkenal sebagai salah satu dari sedikit tempat yang tersisa di dunia di mana mobil dilarang masuk ke jalan dan hanya kendaraan yang ditarik oleh kuda saja yang diperbolehkan untuk masuk ke pulau ini.

Pulau Sark © Diadona

Pulau ini merupakan salah satu negara terkecil di Britania Raya. Hanya traktor dan kendaraan yang ditarik kuda saja yang diizinkan di pulau yang telah diatur secara independen sebagai 'Crown dependency' sejak 1565.

2 dari 3 halaman

Masalah Populasi

Pulau Sark © Diadona

Meskipun pulau ini cukup unik dan menjadi destinasi wisata, pulau ini memiliki masalah terhadap populasi yang makin hari makin sedikit. Hal ini membuat properti banyak yang kosong sehingga pemasukan untuk pulau ini menjadi berkurang.

Bahkan, menurut Daily Mail, populasi yang ada di pulau ini sekarang hanya tinggal 492 saja. Nah, untuk mengatasi hal ini, seorang pengusaha Jerman, Swan Lorenz, yang berbasi di pulau Sark sejak 2004, telah meluncurkan Sark Society sebagai upaya untuk menyelamatkan populasi pulau yang makin berkurang.

3 dari 3 halaman

Pulau Sark © Diadona

Pulau ini hanya berukuran 5,5 kilometer persegi. Bahkan, pulau ini juga ditak memiliki lampu jalan. Sehingga nuansa klasik Britania akan kental saat memasuki pulau ini.

Pulau Sark © Diadona

Meskipun begitu, pulau ini tetaplah menarik karena bebas polusi. Tempat ini menawarkan pemandangan tebing dan lautan Britania yang indah. Nggak heran kalau pulau ini juga menjadi surga untuk para pendaki, pejalan kaki, dan pesepeda.

Tertarik untuk tinggal di pulau ini?

Beri Komentar