Aktivitas Outdoor yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Nasional

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 2 Januari 2020 10:46
Aktivitas Outdoor yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Nasional
Taman Nasional bias menjadi alternative tempat liburan yang kamu coba, mengingat berbagai aktivias outdoor yang bisa dilakukan di sana.

Bagi kamu yang suka menghabiskan waktu liburan di alam terbuka, tak ada salahnya mengunjungi Taman Nasional. Tak hanya menikmati keindahan alam, berlibur di Taman Nasional bisa meningkatkan adrenalin sekaligus menguji ketahananmu.

Namun kegiatan apa yang bisa di lakukan di Taman Nasional? Apakah tidak membosankan?

Nah, agar kamu tidak mengalami kebosanan, sebaiknya intip ulasan berikut. Seperti yang dikutip dari Fodor's (27/11), berikut adalah berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan di Taman Nasional.

1 dari 5 halaman

Hiking

Ilustrasi Hiking © Diadona

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan manakala mengunjungi Taman Nasional adalah hiking. Kamu bisa memilih berjalan santai beberapa jam, seharian penuh, atau bahkan berencana melakukan perjalanan berhari-hari. Lakukan hiking sesuai dengan tingkat kebugaran yang kamu miliki.

Saat melakukan hiking di Taman Nasional, sebaiknya kamu mempersiapkan fisik dengan baik. Jangan sampai kesehatanmu terganggu manakala sedang melakukan aktivitas ini atau mungkin ketika pulang dari berlibur. Jangan ragu untuk menanyakan kondisi perjalanan pada orang yang lebih mengerti, agar kamu tidak terlalu 'buta' dengan perjalanan yang akan kamu lalui.

2 dari 5 halaman

Mendaki Gunung

Ilustrasi Mendaki Gunung © Diadona

Pendakian gunung merupakan salah satu aktivitas yang bisa dibilang 'tidak main-main', mengingat beratnya perjalanan yang akan dilalui. Ada beberapa pendaki gunung yang bahkan harus memanjat tebing untuk mencapai puncak.

3 dari 5 halaman

Panjat Tebing

Ilustrasi Panjat Tebing © Diadona

Sebelum memulai panjat tebing di alam liar, kamu sebaiknya mengikuti kursus panjat tebing di dalam ruangan. Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan kamu akan memahami pengetahuan dasar mengenai teknik memanjat sekaligus mengenali berbagai peralatan yang nantinya akan kamu gunakan.

Usahakan untuk berlatih dengan bimbingan instruktur, agar kamu bisa mengetahui hal-hal apa yang dianjurkan dan dilarang selama melakukan panjat tebing.

Setelah kamu siap melaksanakan panjat tebing, jangan lupa melengkapi peralatan yang diperlukan. Misalnya sabuk pengaman, helm, sepatu khusus untuk memanjat, carabiner pengunci dan berbagai perangkat pelengkap lainnya.

4 dari 5 halaman

Arung Jeram

Ilustrasi Arung Jeram © Diadona

Beberapa kawasan Taman Nasional menawarkan area untuk melakukan olahraga akuatik, mulai dari perairan yang santai bahkan sampai yang memicu adrenalin tinggi.

Saat melaksanakan arung jeram, ada baiknya kamu memulai dengan perairan yang sedikit lembut dengan jeram yang terlalu banyak. Hal ini bertujuan agar membuatmu tidak 'kaget' di pertemuan pertama. Jika memang kamu sudah pernah melakukan arung jeram, maka tak ada salahnya mencoba perairan dengan arus yang deras.

Jangan lupa memperhatikan keamanan dan kenyaman saat melakukan aktivitas ini, agar tidak mengganggu liburanmu.

5 dari 5 halaman

Berkemah

Ilustrasi Berkemah © Diadona

Hal yang satu ini sulit dilewatkan, yakni berkemah di Taman Nasional. Bagaimana tidak, berkemah di alam terbuka dengan bintang bertaburan di atas kepala merupakan salah satu hal terindah yang bisa kamu nikmati.

Untuk membuat momen berkemah menjadi hal yang tak terlupakan, maka tentu membutuhkan persiapan. Kamu bisa memeriksa ramalan cuaca dan berbagai peralatan yang kamu perlukan, utamanya tenda.

Jika kamu menggunakan jasa yang menyediakan aktivitas kemah, sebaiknya kamu benar-benar memilih paket yang bisa menguntungkanmu.

 

Dari berbagai rekomendasi yang diberikan, manakah aktivitas yang paling ingin kamu coba? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar