9 Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Sejuk dengan Pemandangan Paling Kece!

Reporter : Nasa
Jumat, 5 Februari 2021 14:28
9 Tempat Wisata Alam di Jakarta yang Sejuk dengan Pemandangan Paling Kece!
Masak iya ke Mall mulu? Yuk main ke rekomendasi 10 wisata alam Jakarta berikut ini.

Wisata alam Jakarta sebenernya bisa dengan mudah kamu temui loh. Meski dikenal sebagai kota Metropolitan, Jakarta ternyata masih memiliki deretan wisata alam yang sejuk dengan pemandangan kece.

Mengingat kondisi di Jakarta yang rentan banget sama polusi udara, boleh dong ya main-main ke kawasan wisata alam yang hijau dan kaya akan oksigen. Toh tubuh kamu juga butuh loh 'direfresh', biar bisa kembali semangat untuk menjalani beragam rutinitas.

Kebetulan nih ya, deretan rekomendasi wisata alam Jakarta yang dihadirkan sama Diadona berikut ini termasuk yang 'low budget' juga. Jadi kamu gak perlu merogoh kocek cukup dalam untuk berwisata alam bersama dengan orang-orang terdekatmu.

Ini dia rekomendasi wisata alam Jakarta yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 3 halaman

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Tempat Wisata Alam di Jakarta bisa banget kamu jadiin sebagai pilihan untuk menghabiskan akhir pekan. Atau sekadar melepas penat seharian, setelah penuh dengan aktivitas kerja di kota Metropolitan Jakarta.

1. Museum Tengah Kebun

Wisata Alam Jakarta - Museum Tengah Kebun © Diadona

Tempat wisata alam di Jakarta yang pertama adalah Museum Tengah Kebuh yang lokasinya ada di Jalan Kemang Timur No.66, Bangka, Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Museum ini terbilang unik karena menampung koleksi barang bersejarah dari dalam dan luar negeri.

Menurut info dari laman Antara, Jumat (5/4/2020), kalau ingin berkunjung ke sana kamu gak perlu bayar sepeserpun loh. Tapi kamu harus izin dulu ke pengelolanya dengan mengirim pesan ke nomor 081-3112-73300.

Museum Tengah Kebun ini juga cuma buka dari hari Sabtu-Minggu. Setiap harinya terdiri dari dua sesi, dan pada setiap sesi terdiri dibatasi maksimal 20 pengunjung. Dijamin deh, kalau bertandang ke sini pikiranmu langsung 'fresh'.

2. Taman Suropati

Wisata Alam Jakarta - Taman Suropati © Diadona

Terus, tempat wisata alam di Jakarta selanjutnya ada Taman Suropati yang lokasinya ada di Jalan Taman Suropati No.5, Menteng, Jakarta Pusat. Taman yang satu ini tak hanya dipenuhi pohon hijau, namun juga tanaman bunga-bungaan yang cantik.

Seperti halnya Museum Tengah Kebun, kamu tak perlu membayar untuk memasuki kawasan Taman Suropati ini. Menurut info dari laman Jejak Piknik (5/2/2021), taman ini juga buka selama 24 jam loh, jadi cocok deh buat kamu yang pengen 'refreshing' seharian di lingkungan yang asri.

3. Hutan Kota Srengseng

Wisata Alam Jakarta - Hutan Kota Srengsengan © Diadona

Tempat wisata alam di Jakarta yang selanjutnya adalah Hutan Kota Srengseng yang berlokasi di Jalan H Keli Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Buat kamu yang mencari ketenangan dan kesegaran harus banget datang ke hutan Kota ini.

Kalau menurut info dari laman Jalan Bareng, Jumat (5/2/2020), Hutan Kota Srengseng ini adalah hutan kota yang multifungsi. Selain bisa menemui beragam jenis pepohonan rimbun, kamu juga bisa menemui danau kecil dan juga taman bermain.

Makanya gak heran, kalau setiap akhir pekan, Hutan Kota Srengsengan selalu dipenuhi oleh warga yang melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berolah raga, piknik, hingga belajar bersama. Seru banget kan?

2 dari 3 halaman

Wisata Alam Sekitar Jakarta

Kali ini Diadona juga turut menghadirkan deretan wisata alam sekitar Jakarta yang bisa kamu jadikan sebagai bahasan referensi. Buat kamu yang sudah jenuh sama hiruk pikuk perkotaan di sekitarmu wajib banget dateng ke rekomendasi wisata alam sekitar Jakarta berikut ini.

4. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK)

Wisata Alam Jakarta - Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk © Diadona

Wisata alam sekitar Jakarta yang wajib banget kamu kunjungi adalah Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) yang lokasinya ada di Jalan Katamaran Indah, Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kawasan wisata hutan mangrove atau bakau yang satu ini memang udah gak usah diragukan lagi ya keindahan pemandangannya. Menurut info dari laman resmi Taman Mangrove Jakarta, Jumat (5/2/2021), tiket masuk kawasan ini terjangkau banget loh.

Untuk dewasa hanya dipatok Rp 30.000 per orang (Weekdays) dan Rp 35.000 per orang (Weekend/tanggal merah). Sedang untuk anak-anak dipatok Rp 15.000 per orang (Weekdays) dan Rp 20.000 (Weekend). Murah banget kan? Ayok tunggu apa lagi!

5. Setu Babakan

Wisata Alam Jakarta - Setu Babakan © Diadona

Selanjutnya ada Setu babakan Betawi yang lokasinya ada di Srengsengan Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Situ atau Setu Babakan ini adalah terdiri dari semacam kolam air berukuran besar. Sedang di sekelilingnya terdapat perkampungan yang melestarikan kebudayaan Betawi.

Menurut info dari laman Jejak Piknik (5/2/2021), Setu Babakan ini bisa kamu akses secara gratis. Namun, di sana terdapat sejumlah wahana air yang bisa kamu nikmati dengan hanya membayar mulai dari Rp 50.000. Tapi jangan lupa untuk menyiapkan uang parkir juga ya.

6. Taman Cattleya

Wisata Alam Jakarta - Taman Cattleya © Diadona

Siapa nih yang belakangan sudah jenuh banget sama yang namanya kemacetan Ibu Kota? Jika kamu salah satunya, maka kamu harus bertandang ke Taman Cattleya yang lokasinya ada di kawasan Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Pas dateng ke sini, dijamin kamu langsung terpesona dengan pemandangan indahnya.

Menurut info dari laman Native Indonesia, Jumat (5/2/2021) sebenernya taman ini sebelumnya diberi nama Taman Tomang. Namun dahulu, Taman Tomang identik dengan tempat yang dijadikan sebagai lokasi mesum.

Kemudian pada tahun 2013, taman ini dirombak menjadi lebih bersih dan ditambahi berbagai fasilitas umum. Seperti halnya peralatan olah raga 'out door'. Lebih lanjut, taman ini juga buka 14 jam loh. Jadi kamu bisa mengaksesnya kapanpun yang kamu mau.

3 dari 3 halaman

Wisata Alam Dekat Jakarta

Berikutnya, Diadona juga turut menghadirkan deretan wisata alam dekat Jakarta loh. Jadi kamu bisa dapat banyak referensi wisata alam yang bisa kamu kunjungi selagi merasa jenuh dan penat akan hiruk pikuk kota Metropolitan Jakarta.

7. Hutan Kota Tanah Tinggal

Wisata Alam Jakarta - Hutan Kota Tanah Tinggal © Diadona

Rekomendasi wisata alam dekat Jakarta yang pertama adalah Hutan Kota Tanah Tinggal yang lokasinya ada di Jalan Merpati No. 32B, Kelurahan Sawah Baru, Kecamatan Ciputan. Lokasi hutan kota yang satu ini hanya 15 menit jauhnya dari Stasiun Sudimara loh.

Menurut info dari laman Brisik.id, Jumat (5/2/2021), kamu bisa mengakses hutan kota Tanah Tinggal dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 (weekdays) dan Rp 10.000 (weekend). Sedang jam operasionalnya mulai dari jam 08.00-16.00 WIB.

Di sana, kamu bakal menemui beragam fasilitas lengkap seperti danau buatan, kawasan bermain anak, hingga permainan Outbond. Kapan lagi kan, bisa bermain di alam tapi deket banget sama tempat tinggalmu.

8. Allianz Ecopark

Wisata Alam Jakarta - Allianz Ecopark © Diadona

Wisata alam dekat Jakarta yang selanjutnya ada Allianz Ecopark yang lokasinya ada di Jalan Londan Timur No.7 Ancol, Pademangan, Kota Jakarta Utara. Sebelumnya, lokasi ini telah populer dengan nama Ocean Ecopark.

Namun pada Juli 2017, taman ini diubah namanya jadi Allianz Ecopark. Menurut info dari laman Allians, Jumat (5/2/2021), taman ini mengusung tema 'Nature Sport Edutainment'. Untuk tiket masuknya, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 25.000 - Rp 500.000.

9. Tribeca Park

Wisata Alam Jakarta - Tribeca Park © Diadona

Kemudian ada Tribeca Park yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman No.28 Kelurahan Tj. Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Lokasi wisata alam dekat Jakarta yang satu ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif tersendiri.

Soalnya, lokasinya ada di sekitar Mall besar di Jakarta Barat. Jadi buat kamu yang ingin belanja sekaligus refreshing ke tempat hijau bisa mencoba berkunjung ke Tribecca Park ini. Lokasinya pun juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas loh.

Nah, itu dia rekomendasi wisata alam Jakarta yang terdiri dari tempat wisata alam di Jakarta, wisata alam di sekitar Jakarta, dan juga wisata alam dekat Jakarta. Yuk-yuk siapa nih yang sudah gak sabar mau liburan di tempat yang hijau-hijau? Langsung cusss aja ya.

Beri Komentar