37 Wisata Kuliner Berbagai Kota, dari Jogja sampai Malang

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 20 Januari 2020 19:49
37 Wisata Kuliner Berbagai Kota, dari Jogja sampai Malang
Tak hanya mengunjungi destinasi wisatanya, kamu juga harus mencoba wisata kuliner di berbagai kota di bawah ini.

Pulau Jawa memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dibahas, tak terkecuali wisata kulinernya. Setiap kota di Pulau Jawa memang mempunyai ciri khas sendiri dalam kulinernya yang menarik untuk dicoba. Terlebih buat kamu pecinta kuliner pasti nggak ingin kan melewatkan mencoba kudapan nikmat saat berwisata.

Selain terkenal dengan destinasi wisatanya yang beraneka ragam, beberapa kota di bawah ini juga terkenal dengan kulinernya yang memanjakan lidah. Mulai dari Kota Jogja hingga Malang, berbagai kuliner ini bisa menjadi rekomendasi menarik saat mengunjungi kota tersebut. Yuk, langsung saja simak rekomendasi 30 wisata kuliner yang dirangkum dari berbagai sumber (20/01) di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Jogja

Berbicara tentang wisata, pasti nggak bisa lepas dari kuliner di Jogja. Kali ini kita bahas tentang wisata kulinernya. Simak yuk beragam wisata kulinernya berikut ini.

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

      View this post on Instagram

A post shared by Desty Natalia (@destynataliaa) on

Gudeg memang nggak bisa dilepaskan dari Jogja ya. Di Jogja, ada satu gudeg legendaris yaitu Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan. Saat berjalan-jalan ke Malioboro bisa nih kamu menyempatkan berkunjung ke tempat wisata kuliner satu ini karena lokasinya sendiri berada di depan Hortel Grace Yogyakarta. Gudeg Mbah Lindu ini buka mulai pagi jam 5 sampai jam 11 siang. Jangan sampai kehabisan, ya.

2. Sate Klatak Pak Bari

Penggemar film AADC 2 pasti inget kan adegan dimana Rangga dan Cinta makan sate klatak waktu malam. Nah, Sate Klatak Pak Bari ini tempatnya. Warung sate ini berada di Pasar Wonokromo, tepatnya di Jl. Imogiri Timur No. 5, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Buka setiap jam 06.30 sore sampai 1 dini hari, sate klatak ini menjadi salah satu kudapan yang cukup terkenal di Jogja. Tertarik mencoba sate yang pernah disantap Rangga dan Cinta?

3. Angkringan KR

Angkringan bisa menjadi salah satu pilihan wisata kuliner yang murah meriah di Jogja. Salah satunya mencoba kulner di Angkringan KR. KR sendiri seingkatan dari Kedaulatan Rakyat.

Angkringan ini juga menjadi salah satu angkringan yang terkenal di Kota Gudeg, lho. Seperti angkringan pada umumnya, tempat wisata kuliner ini menyajikan nasi kucing, aneka sate, gorengan, serta es dan minuman hangat. Lokasi angkringan ini berada di Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis.

4. Angkringan Lik Man

      View this post on Instagram

A post shared by JOGJA SENI (@jogjaseni) on

Berjalan-jalan di kawasan Malioboro saat malam hari, kamu bisa sekalian mampir ke Angkringan Lik Man yang terkenal ini. Salah satu menu andalan dari angkringan ini adalah kopi jossnya. Kopi Joss sendiri sangat unik karena disajikan dengan arang panas yang dimasukkan ke dalam gelasnya. Nah, kamu bisa mencoba minuman ini di Jl. Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Tempat wisata kuliner yang ada sejak 1967 ini buka setiap jam 2 sore sampai 3 dini hari.

5. SGPC (Sego Pecel) Bu Wiryo

Memang, nasi pecel bisa kamu temui di mana saja. Tapi, di Jogja ada satu warung nasi pecel yang sangat menggugah selera yaitu Sego Pecel Bu Wiryo. Wisata kuliner satu ini sangat terkenal dan termasuk salah satu nasi pecel legendaris yang ada sejak 1959.

Terletak di Jl. Agro No. 10, Sleman, nasi pecel ini selalu ramai pembeli setiap harinya. Yang membuat nasi pecel ini sangat terkenal yaitu bumbu kacangnya yang terasa. Kamu juga bisa menambahkan sate telur puyuh, gorengan, atau telur ceplok sebagai pelengkap.

6. Mangut Lele Mbah Marto

Jika kamu belum tahu mangut, mangut adalah lele yang lebih dulu diasap selama 5 jam. Mangut Lele Mbah Marto ini salah satu warung mangut lele yang populer di Jogja karena kelezatannya. Untuk menemukan lokasinya, kamu perlu sedikit blusukan karena berada cukup tersembunyi. Tempat wisata kuliner ini berada di Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta.

7. Mie Ayam Tumini

      View this post on Instagram

A post shared by ??????? ????? | ??? (@jogjabikinlaper) on

Di Jogja juga ada mie ayam yang cukup populer yaitu Mie Ayam Tumini. Mie ayam di wisata Kuliner Jogja ini memiliki ciri khas kuah yang kental berwarna cokelat dan potongan daging ayam dan ceker yang besar. Tertarik mencobanya? Langsung saja menuju lokasinya di Jl. Imogiri Timur, Umbulharjo, Yogyakarta sekitar jam 10 pagi dampai 5 sore.

2 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Bogor

Seperti halnya tempat wisatanya, wisata kuliner di Bogor juga banyak ragamnya. Ini dia beberapa wisata kuliner di Bogor yang memanjakan lidah. Cari tahu di bawah, yuk.

1. Es Bir Kotjok Si Abah

Meski bernama bir, jangan khawatir karena minuman ini nggak mengandung alkohol sama sekali. Malah, es bir kocok terbuat dari bahan alami yaitu kayu manis, jahe, dan gula aren yang kemudian dikocok. Ditambah dengan es yang dingin, minuman ini akan membuatmu segar kembali setelah seharian berkeliling kota Bogor. Berlokasi di Jl. Suryakencana No. 291-299, Gng Aut, Bogor, Es Bir Kotjok Si Abah biasa buka mulai pukul 09.30 sampai 17.30 WIB.

2. The Lake House

      View this post on Instagram

A post shared by CINDY LULABY (@cnlulaby) on

The Lake House menawarkan pengalaman wisata kuliner yang berbeda dan unik. Di resto ini, kamu bisa menikmati makanan di tengah-tengah kolam sembari menikmati pemandangan sekitar yang asri. Tempat ini juga instagenic, jadi sangat pas buat kamu yang hobi berfoto. The Lake House menyajikan Asian dan Western food yang bisa kamu pilih sesuai selera seperti ayam goreng, nasi bagar, pizza, steak, dan lainnya.

3. Cungkring Pak Jumat

Buat kamu yang belum tahu, cungkring dalam bahasa Sunda memiliki arti kikil sapi. Kuliner ini terdiri dari cungkring yang dimasak bumbu kuning, lontong, rempeyek, dan tempe goreng. Lalu, disiram dengan bumbu kacang yang lezat. Menggoda selera banget, kan?

4. Soto Bogor Pak Salam

Saat berwisata ke Bogor belum lengkap jika kamu belum mencoba soto khas Bogor. Soto Bogor Pak Salam termasuk salah satu wisata kuliner Bogor yang melegenda dan sudah ada sejak 80-an. Soal rasa pastinya nggak usah di tanyakan lagi ya.

Di tempat ini, kamu bisa memilih jenis daging yang kamu inginkan seperti limpa, paru, kikil sapi, babat, dan usus. Tapi, siap-siap untuk antre panjang ya karena biasanya orang-orang sudah datang bahkan sebelum soto ini buka.

5. Sop Buah Pak Ewok

      View this post on Instagram

A post shared by Kuliner Bandung InfoBandung (@bdgsociety) on

Kamu mencari yang segar-segar di kota Bogor, sop buah Pak Ewok jawabannya. Di wisata kuliner Bogor ini kamu bisa menikmati nikmatnya buah segar yang dipadukan dengan susu serta es yang dingin. Tempatnya pun juga cukup nyaman. Saat ini, Sop Buah Pak Ewok sudah memiliki dua cabang yaitu di Jl. Haur Jaya dan di samping IPB Botani. Bisa langsung pilih nih lokasi yang paling dekat denganmu.

6. Toko Asian "Asli Bogor"

Toko Asian "Asli Bogor" bisa dibilang sebagai pelopor asinan di kota Bogor. Toko ini menjual berbagai macam asinan buah dengan disiram saus pedas yang nikmat. Cocok banget kan sebagai santapan saat cuaca sedang panas. Kamu bisa menikmati kuliner yang berdiri sejak tahun 1967 ini di Jl. H. Juanda No. 90, Bogor.

7. Kluwih Sunda Authentic

Mengusung tema modern yang unik, tempat wisata kuliner Bogor ini menjadi salah satu destinasi yang nggak boleh kamu lewatkan saat berwisata ke kota Bogor. Tempat ini menyajikan hidangan khas Sunda yang dibalut dengan gaya modern. Menu di Kluwih Sunda Authentic juga sangat beragam yakni sampai 300 varian menu,lho. Banyak banget, kan?

8. Mie Kocok Pak Husen

      View this post on Instagram

A post shared by justfoodies.id (@justfoodiesid) on

Saat berada di dekat Stasiun Bogor, jangan lupa mencicipi makanan legendari kota hujan satu ini. Guyuran kuah yang lezat dengan disajikan bersama potongan daging sapi atau kikil yang nikmat menjadikan kuliner ini sebagai destinasi wisata yang nggak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Bogor. Seporsi mie kocok sendiri dibanderol dengan harga sekitar Rp. 25 ribu.

9. Bubur Ayam kabita

Menyantap bubur di pagi hari memang sangat menggiurkan. Salah satu tempat makan bubur legendaris di Kota Bogor yang wajib kamu coba yaitu Bubur Ayam kabita. Kuah kaldu yang super gurih dan melimpah menjadi ciri khas dari wisata kuliner Bogor yang sudah berdiri sejak 1971 ini. Bubur Ayam kabita terletak di Jl. Raya Gunung Batu No. 67, Bogor.

10. Toge Goreng Pak Gebro

Meski namanya toge goreng, ternyata kuliner khas Bogor ini direbus, lho. Tauge goreng ini disajikan bersama irisan tahu goreng, irisan ketupat, mie kuning dan diguyur dengan tauco panas yang menggugah selera. Lokasi Toge Goreng Pak Gebro tak jauh dari Stasiun Bogor, lebih tepatnya di Jl. Pengadilan.

3 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Semarang

Selain wisatanya yang terkenal, Semarang juga memiliki kulner yang nggak kalah populer dan nikmat. Apa saja sih rekomendasi kuliner legendaris dan enak di Semarang? Yuk, simak!

1. Gulai Kambing Bustaman

Saat menjelajahi kota lama sekalian kamu bisa mampir ke wisata kuliner satu ini. Gulai kambing Bustaman Pak Sabar merupakan salah satu gulai kambing legendaris di Semarang dan berdiri sejak tahun 1996. Dengan porsi yang lumayan besar dan disajikan bersama jeroan, wisata kuliner gulai ini akan membuatmu puas. Kuahnya yang encer tapi tetap bercita rasa gurih menjadi ciri khas dari Gulai Kambing Bustaman.

2. Loenpia Gang Lombok

      View this post on Instagram

A post shared by -Richard S- (@richardcemora) on

Semarang memang terkenal dengan Kota Lumpia. Salah satu kedai lumpia atau loenpia yang nggak boleh kamu lewatkan saat berada di Semarang yakni Loenpia Gang Lombok. Di kedai loenpia ini ada dua jenis loenpia yang bisa kamu pilih yakni loenpia basah dan kering.

Kedai Loenpia Gang Lombok ini termasuk kedai Loenpia tertuadi Semarang. Di wisata kuliner ini, kamu bisa merasakan keaslian cita rasa loenpia khas Semarang. Untuk menikmati kelezatannya, siap-siap antre ya karena kedai ini selalu dipadati pembeli setiap harinya.

3. Leker Paimo

Biasanya, kita mengenal kue leker dengan cita rasa yang manis dan isian buah pisang dan meses. Tapi, leker di Kota Semarang cukup berbeda. Salah satu kedai leker yang favorit dan populer di Kota Lumpia ini adalah Leker Paimo.

Di wisata kuliner ini, kamu akan menjumpai leker yang disajikan dengan isian telur, keju, dan sosis. Jika kamu ingin merasakan nikmatnya Kue Leker Paimo kamu bisa langsung meluncur ke Jl Karanganyar no 37 atau tepat di seberang SMA Kolose Loyola.

4. Es Puter Cong Lik

Setelah menjelajahi Kota Semarang di siang yang terik memang paling enak menyantap kuliner yang segar-segar, es krim misalnya. Di Jl. Ahmad Dahlan A no 11, Karangkidul, ada kedai es krim yang berdiri sejak tahun 1984 silam dan bisa dibilang salah satu kuliner legendaris di Kota Searang. Rasa es krim yang autentik dengan beragam pilihan rasa menjadi daya tarik dari Es Puter Cong Lik. Es puter ini biasanya disajikan bersama irisan roti tawar, kelapa, dan biji mutiara. Es Krim Cong Lik sendiri buka dari jam 6 sore sampai 11 malam.

5. Angkringan Blendoek

      View this post on Instagram

A post shared by DH - Eat & Travel (@dh.eatntravel) on

Wisata Kuliner ini sangat pas buat kamu yang suka berburu kuliner malam. Angkringan Blendoek sendiri buka selama 24 jam. Pas banget kan buat kamu yang suka lapar di tengah malam. Seperti namanya, angkringan ini berada di Semarang Utara, tepatnya di belakang Gereja Blendoek. Nasi kucing menjadi salah satu menu favorit dari wisata kuliner satu ini. Apalagi ditambah dengan sate telur atau jerohan, menyantap nasi kucing ini akan semakin nikmat.

6. Babat Gongso Pak Karmin

Berdiri sejak 1971, Warung Babat Gongso Pak Karmin menjadi salah satu kuliner yang nggak boleh kamu lewatkan saat berada di Kota Semarang. Letaknya berada tak jauh dari Jembatan Berok, tepatnya di Jl. Pemuda. Rasa babat yang nikmat dengan cita rasa manis dari kecap yang khas siap memanjakan lidah. Satu lagi, kamu nggak perlu khawatir dengan bau amis dari babat saat menyantap kuliner babat gongso Pak Karmin.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Surabaya

Berwisata ke Surabaya memang terasa kurang jika belum mencoba kuliner khasnya. Di bawah ini beberapa rekomendasi kuliner di Kota Pahlawan.

1. Es Krim Zangrandi

      View this post on Instagram

A post shared by Raditya DK - Adhit (@radityadk) on

Surabaya memang terkenal dengan suhunya yang panas, kadang malah sering disandingkan dengan Ibukota. Nah, saat cuaca sedang panas sangat cocok jika menyantap hidangan yang dingin seperti es krim. Kamu bisa mencoba es krim yang cukup legendaris di Surabaya yakni es krim Zangrandi.

Kedai es krim ini telah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Surabaya. Es krim di kedai ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 24 ribu. Selain rasanya yang enak, kamu juga bisa menikmati suasana lama Surabaya karena kedai ini tetap mempertahankan bangunan dengan nuansa tempo dulu.

2. Rawon Setan Mbak Endang

Mungkin kamu sering mendengar nama rawon yang satu ini, tapi berbeda dengan yang lainnya Rawon Setan Mbak Endang merupakan rawon setan pertama dan asli di Indonesia. Selain rawon saja, kamu juga bisa menambah lauk lain seperti perkedel kentang, tempe, empal, atau telur asin. Untuk harganya sendiri, satu porsi rawon setan dipatok dengan harga mulai dari Rp. 25 ribu.

3. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Saat berwisata ke Surabaya paling enak memang mencicipi makanan khasnya. Salah satu makanan yang nggak boleh kamu lewatkan yakni lontong balap. Kuliner khas Surabaya ini terdiri dari tahu goreng, lontong, lentho, taoge, kecap, dan sambal yang diguyur dengan kuah segar. Terakhir, tak lupa ditaburi dengan bawang goreng sebagai pelengkap.

Berdiri sejak 1958, Lontong Balap Garuda Pak Gendut menjadi salah satu pilihan warung lontong balap legendaris yang ada di Kota Surabaya. Kuah yang segar dengan perpaduan rasa manis, asin dan gurih siap menggugah seleramu saat menyantap lontong balap ini. Dulunya, wisata kuliner satu ini berada di depan eks. Bioskop Garuda, tapi sekarang telah pindah di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11, Surabaya.

4. Rujak Cingur Delta

      View this post on Instagram

A post shared by KULINER SURABAYA (@foodmaxsby) on

Salah satu kuliner yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Surabaya yakni rujak cingur. Salah satu tempat rujak cingur legendaris dan wajib kamu coba yaitu rujak cingur Delta yang terletak di jalan Kayon Blok D no.46 Embongh Kemiri, Surabaya. Terlebih, resep rujak cingur di tempat ini merupakan resep warisan turun-temurun sejak dua dekade yang lalu. Untuk menikmati seporsi rujak cingur Delta kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp. 30 ribu.

5. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Satu kuliner unik ini harus kamu coba saat berkunjung ke Surabaya. Meski bernama klopo atau dalam bahasa Jawa berarti kelapa, kuliner ini nggak sepenuhnya terbuat dari kelapa lho. Sate Klopo sendiri tetap berbahan dasar daging ayam, sapi, udang, sumsum atau usus yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti pada umumnya.

Yang membedakan dan membuat sate ini lebih nikmat adalah penggunaan kelapa parut sebagai bumbu yang dibalurkan saat sate dibakar. Hal inilah yang membuat sate klopo memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Ada banyak warung sate klopo di Surabaya. Salah satu yang cukup legendaris adalah warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Kamu bisa mencicipi kelezatan sate klopo ini di Jl. Walikota Mustajab No. 36, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya.

6. Kepiting Cak Gundul 1992

      View this post on Instagram

A post shared by Eat and Treats | Foodies (@currentlyeating.at) on

Wisata kuliner satu ini sangat pas buat kamu pecinta sea food. Di Kepiting Cak Gundul 1992 kamu bisa menjumpai beragam aneka olahan masakan laut. Meski seperti itu, kepiting menjadi andalan dari warung yang sudah berdiri sejak tahun 1992 ini.

Di Kepiting Cak Gundul 1992, kamu bisa memilih beragam ukuran kepiting sesuai selera. Tak ketinggalan juga beragam sausnya yang nikmat juga bisa kamu pilih. Jika berkunjung ke wisata kuliner ini, jangan lupa mencoba kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare-nya ya karena keduanya merupakan menu populer dari restoran yang berlokasi di Jl. Raya Kupang Indah No. 45 C-D ini.

7. Sego Sambel Mak Yeye

Banyak wisata kuliner malam di Surabaya yang menggugah selera. Buat kamu yang mencari kuliner pedas di malam hari, kamu bisa mencicipi Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye. Nasi hangat dengan lauk ikan pe atau ikan pari yang dipadukan dengan sambal pedas bakal membuatmu ketagihan. Selain ikan pari kamu juga bisa memilih beragam menu lainnya sesuai selera. Kamu bisa langsung meluncur ke Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Jagir, Wonokromo.

5 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Malang

Seperti kota di Pulau Jawa lainnya, Malang juga memiliki wisata kuliner yang nggak kalah menggiurkan. Nah, berikut ini beragam wisata kulinernya. Simak langsung di bawah, yuk!

1. Soto Ayam Lombok

      View this post on Instagram

A post shared by M (@allergictoassholes) on

Soto Lombok ini menjadi salah satu kuliner yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Malang. Kuah berwarna keruh kecoklatan dan agak kental menjadi ciri khas tersendiri dari soto ayam yang telah berdiri sejak 1955 ini. Soto ini disajikan bersama nasi dengan potongan kentang rebus, mie su'un, irisan kubis segar, telur bebek rebus, potongan daging, taoge, dan nggak ketinggalan taburan koya. Akan semakin nikmat lagi jika soto ini disantap bersama kerupuk rambak.

2. Soto Geprak Mbah Djo

Berdiri sejak tahun 1935, Soto Geprak Mbah Djo sudah terkenal dengan rasanya yang nikmat sejak dulu. Nama soto geprak ini bermula dari kebiasaan Mbak Djo yang menggeprak atau menghancurkan daging dengan cara memukul-mukulnya hingga empuk. Nah, dari sini lah nama Soto Geprak ini berasal.

Meski soto menjadi menu andalannya, warung soto ini juga menyajikan menu kuliner lainnya seperti bakso, bebek goreng, pecek deplok, dan ayam goreng. Kamu bisa mencoba sendiri kenikmatan Soto Geprak Mbah Djo di Jl. Letjen S. Parman, Malang.

3. Putu Lanang Celaket

Salah satu tempat berburu jajanan tradisional Malang di kala malam yaitu di Putu Lanang Celaket. Wisata kuliner satu ini menyajikan beraneka jajanan tradisional seperti kue putu, klepon, cenil, lupis, dan lainnya. Jadi inget masa kecil, ya. Kamu bisa langsung menuju Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gang Buntu RT. 03, Samaan, Klojen. Selain rasanya yang lezat pastinya harga jajanan di warung yang sudah dirintis sejak 1935 ini cukup terjangkau.

4. Toko Oen

      View this post on Instagram

A post shared by Vincentius Kuori (@vincentius_kuori) on

Tak hanya di Semarang saja, Kota Malang juga memiliki Toko Oen yang terkenal dengan sajian es krim legendarisnya. Wisata kuliner yang terletak di Jl. Basuki Rahmad ini menyajikan olahan es krim berbagai rasa dengan tetap mempertahankan cita rasa sejak satu abad silam.

Tak hanya es krim, kedai ini juga menyajikan menu lainnya seperti aneka kue, steak, nasi goreng, dan masih banyak lagi lainnya. Kesan tempo dulu yang masih dipertahankan seperti piano tua dan meja kursi dari rotan membuatmu akan merasakan kembali sensasi kembali ke masa lalu.

5. Rumah Makan Cairo

Pasti sudah terlihat ya dari namanya jika rumah makan ini menyajikan aneka kuliner khas Timur Tengah. Di sini, kamu harus mencoba menu dari olahan kambingnya. Berbeda dari kebanyakan olahan daging kambing lainnya, tekstur daging kambing di rumah makan ini lebih lembut dan gurih.

Tak hanya olahan daging kambing seperti gulai kambing dan nasi kebuli, Rumah Makan Cairo juga menyajikan beragam menu lainnya seperti roti maryam dan martabak telor. Lokasinya sendiri berada di Jl. Kapten Piere Tendean No. 1, Malang.

6. Depot Rawon Nguling

Depot Rawon Nguling menjadi salah satu depot yang terkenal dengan rawonnya yang menggugah selera. Salah satu ciri khas dari tempat wisata kuliner satu ini adalah kuahnya yang nggak terlalu pekat dan berlemak ditambah dengan potongan daging yang empuk sekaligus besar. Sangat menggiurkan, ya. Kamu bisa mencicipinya langsung di Jl. Zainal Arifin No. 62, Malang.

7. Mie Gajah Mada

      View this post on Instagram

A post shared by Yulinda (@yulindanunggalaa) on

Mie Gajah Mada memang sayang banget dilewatkan buat kamu pecinta olahan dari mie. Tempat wisata kuliner satu ini menyajikan aneka hidangan mie dengan rasa yang lezat. Salah satu menu favorit yang patut kamu coba yakni mie ayam jamur. Mie Gajah Mada ini buka setiap harinya di Jl. Pasar Besar 17A, Malang. Tak hanya mie saja, kamu juga bisa mencoba kuliner lainnya yang tak kalah nikmat seperti bakso, siomay, bakso ikan, es sari kelapa, dan masih banyak lagi lainnya.

Sudah cukup menggugah selera semua kuliner di atas? Kira-kira kuliner mana nih yang menjadi favoritmu? Yuk, tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar