19 Tempat Wisata Alam di Berbagai Kota, dari Jogja sampai Semarang

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 7 Januari 2020 17:33
19 Tempat Wisata Alam di Berbagai Kota, dari Jogja sampai Semarang
Destinasi wisata menarik di Pulau Jawa yang sayang jika kamu lewatkan!

Traveling memang menjadi salah satu hobi yang banyak digemari orang. Nggak melulu ke luar negeri, Indonesia juga memiliki beragam wisata yang nggak kalah menarik dengan panorama yang indah. Salah satunya yaitu Pulau Jawa.

Pulau Jawa sendiri memiliki beragam kota dengan menyuguhkan pesona wisata yang berbeda-beda. Dari wisata budaya, sejarah, hingga alam bisa kamu jumpai di berbagai kota di pulau ini. nah, kali ini kita akan membahas tentang wisata alamnya.

Wisata alam memang sangat pas buat kamu yang ingin menyegarkan pikiran setelah lama beraktivitas. Beberapa destinasi wisata alam di kota berikut ini bisa menjadi referensi kamu. Dilansir dari berbagai sumber (07/01), ini dia beragam tempat wisata alam yang menarik di beberapa kota di Pulau Jawa.

1 dari 5 halaman

Wisata Alam Jogja

Sebagai destinasi terkenal di Jawa Tengah, Jogja menyuguhkan berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu wisata alam. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata alam yang ada di Jogja. Cek di bawah ya untuk selengkapnya.

1. Goa Jomblang

      View this post on Instagram

Now Discovering Goa Jomblang in Semanu, Indonesia, with @thewayfaress. "Hidden in the Karst Hills in southern Central Java is a system of hundreds of caves, including Goa Jomblang. When soil and vegetation collapsed beneath the surface of the earth thousands of years ago, a sinkhole was formed, and an ancient underground forest began to grow." #thediscoverer #nowdiscovering

A post shared by The Discoverer (@nowdiscovering) on

Goa unik ini berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Di Goa Jomblang, kamu bisa melihat cahaya yang menembus ke lubang goa dan berfoto di bawahnya. Kamu bisa melihat cahaya ini dari pukul 10.00 sampai 12.00 WIB.

2. Tebing Watu Mabur

Salah satu spot terbaik melihat sunrise di Jogja apalagi jika bukan di Tebing Batu Mabur. Pemandangan perbukitan yang asri ditambah dengan kabut tebal akan sangat memnajkan matamu saat berkunjung ke wisata alam stau ini. Spot foto cantik yang berada di pinggir tebing ini juga menjadi daya tarik dari Tebing Watu Mabur.

3. Bukit Isis Kulon Progo

      View this post on Instagram

Bukit Isis . Bukit Isis (atau Bukit Ngisis) terletak di Kawasan Desa Wisata Nglinggo, tepatnya di Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo (koordinat : -7.645475,110.143453). . Bukit Isis merupakan tempat wisata dataran tinggi, dgn keindahan alam khas Perbukitan Menoreh. Tempat ini sangat cocok dijadikan sbg tempat liburan bersama keluarga, rekan, atau teman terdekat. Hijaunya daun, keindahan perbukitan nan asri & udara yg sangat sejuk dapat membantu pengunjung utk merefleksikan diri. . Selain menikmati keindahan alam, pengunjung jg dapat ber-swafoto di tempat yg sudah disediakan, seperti taman, papan yg menjorok di atas tebing, mobil offroad di atas tebing, serta rumah pohon. . ???? : Unggah ulang dari @jogjakartaid . . #rotapem #jogjaprov #JogjaIstimewa #BudayaJogja #KesenianJogja #WisataJogja #BukitIsis #BukitNgisis #Samigaluh #KulonProgo #BelaBeliKulonProgo #jogja24jam

A post shared by Biro Tapem Setda DIY (@birotapemsetdadiy) on

Bukit satu ini menawarkan keindahan alam Kulon Progo dari ketinggian. Dari Bukit Isis, kamu bisa melihat panorama cantik dari beberapa gunung di sekitarnya seperti Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi. Selain itu, di kawasan ini juga ada beberapa spot menarik untuk berfoto dengan latar pemandangan yang indah. Menarik, kan?

4. Kalibiru

Kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Jogja, khususnya daerah Kulon Progo. Di kawasan ini, kamu bisa menikmati keindahan alam di sekelilingnya sambil berfoto di beberapa spot menarik yang banyak tersebar di Kalibiru. Wisata alam ini juga menyediakan beberapa wahana seru seperti sepeda udara dan flying fox.

2 dari 5 halaman

Wisata Alam Bogor

Terletak di dataran tinggi, membuat Bogor memiliki beragam destinasi wisata alam yang mempesona. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk menjadikan kota hujan ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Jawa Barat. Apa saja wisata menariknya?

1. Telaga Biru Cipanas

Sama seperti namanya, Telaga Biru Cipanas memiliki warna air kebiruan yang menjadi daya tarik utama dari wisata alam satu ini. Warna biru ini sebenarnya berasal dari ganggang biru yang banyak tumbuh di dalam telaga. Di sekeliling telaga ini juga terdapat pepohonan hijau yang sangat menyegarkan mata. Telaga Biru Cipanas sendiri masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Parangro.

2. Taman Wisata Gunung Pancar

      View this post on Instagram

.Menelusuri hutan dibawah mentari pukul 09.00 pagi. Suara angin tertiup diantara ribuan pohon pinus berdiri. Terhempas angin menari nari. Menengok ke kanan dan ke kiri mengelilingi nya mengikuti.. . .Menyatukan nalar dalam alam yg begitu alami, membuat pikiranku menjadi ikut menari nari. Rupanya aku jadi jatuh hati, ya kamu yg membuat ku tersenyum sendiri tanpa henti. Jadi gila katanya! Ahh tidak ini hanya narasi insan jatuh hati... -SF- . . . . #gunungpancar #gunungpancarbogor . #pesonaindonesia #visitbogor #visitindonesia #bogorpisan #ayodolan #wisataindonesia

A post shared by Syifa Fauziah Sofyan ???? (@syifafsofyan) on

Taman Wisata Gunung Pancar menawarkan pemandangan deretan pohon pinus yang indah. Di kawasan ini, kamu juga bisa merasakan sensasi berkemah dengan di kelilingi pohon pinus. Menarik, kan? Selain itu, tarif masuknya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 5 ribu di weekdays dan Rp. 7.500 di weekend.

3. Puncak Pass Cipanas

Puncak Pass merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset dari atas ketinggian. Di kawasan ini, kamu bisa menyaksikan bentangan alam berupa area persawahan, perbukitan, dan juga perkebunan teh yang mempesona. Karena itulah, Puncak Pass menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Bogor.

4. Curug Cibaliung

      View this post on Instagram

Libur lebaran kamu kemana nih? Kayanya explore curug-curug yang ada di daerah sentul dan nikmati kesegaran airnya asik deh. Salah satu nya Curug Cibaliung Satu kawasan dengan Curug Leuwi Hejo dan beberapa curug lainnya. Jadi, dalam satu kawasan kamu bisa explore banyak curug. _ Photo By : @baehakisyukrilah _ ???? Partner : @hellojabar , @helloindonesia_co _ Lokasi ???? : ???? Curug Cibaliung, Curug Baliung, Pabuaran, Sukamakmur, Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. _ ??Tetap menjaga kebersihan lingkungannya agar tetap bersih, dan patuhi aturan saat berkunjung ke tempat ini. _ #bogorkotahijau #bogor #infobogor #wisatabogor #hello_jabar #infojawabarat #helloindonesia_ #explorejawabarat #jawabarat #exploreindonesia #indonesia #wisata #curugcibaliung

A post shared by #Bogorkotahijau (@bogorkotahijau) on

Curug Cibaliung menawarkan pengalaman yang berbeda dari curug pada umunya. Jika biasanya curug memiliki air terjun yang tinggi, Curug Cibaliung malah sebaliknya. Tapi, hal ini malah membuatnya menjadi destinasi wiata yang menarik lho karena akan membuatmu serasa di kolam renang pribadi. Perpaduan air yang jernih dan pemandangan yang cantik membuat Curug Cibaliung populer di kalangan wisatawan.

3 dari 5 halaman

Alam Wisata Cimahi

Jawa Barat memang terkenal dengan beragam wisata alamnya, salah satunya kota Cimahi. Ini dia beberapa destinasi wisata alam yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Cimahi. Yuk, langsung simak di bawah ini, ya.

1. Curug Cimahi

      View this post on Instagram

Wilujeng enjing kasadayana.. Selamat beraktivitas hari ini.. . . . Photo by @sigit_sugiyono . . . Lokasi : Curug Cimahi

A post shared by Explore Bandung | DestinasiBdg (@destinasibandung) on

Curug Cimahi merupakan salah satu destinasi populer di kalangan wisatawan saat berlibur di Cimahi. Selain indah, curug yang memiliki ketinggian sekitar 85 meter ini menawarkan hal unik. Pasalnya, saat malam hari di tempat wisata ini terdapat lampu yang berubah-ubah warna di sekitar area belakang air terjun sehingga membuatnya seperti pelangi. Nah, karena itu juga kenapa curug ini juga mendapat julukan Curug Pelangi.

2. Situ Ciseupan

Lingkungan yang asri dan sejuk bisa kamu rasakan saat berkunjung ke Situ Ciseupan. Selain menikmati keindahan danau dan panorama di sekitarnya, kamu juga bisa mencoba berbagai kegiatan menarik yang ditawarkan di kawasan ini seperti flying fox, naik perahu, outbond, dan lainnya. Di Situ Ciseupan juga ada tempat pemancingan terluas di Cimahi, lho. Cocok banget kan buat kamu yang hobi memancing.

3. Alam Wisata Cimahi

      View this post on Instagram

Selamat siang selamat beraktivitas kembali wargi cimahi. . . . #cimahibanget from : @opickosaurus Lokasi : Alan wisata cimahi Line : klik link pads bio . . . #alamwisatacimahi #cimahi #good #see #picture #hijau #siang #awc #alam #like4like #instalike #instafollow #explorecimahi #explorebandung #bandung #liveauthentic #architecture #cybercity #beautiful #holiday #instasunda #wisata #city #love #livestyle #style #fresh #nice #photo

A post shared by Cimahi Banget (@cimahi_banget) on

Tempat wisata satu ini sangat pas jika kamu ingin mencari destinasi wisata yang pas untuk keluarga. Selain kamu bisa menikmati suasana yang asri, wisata ini juga dilengkapi dengan pusat kuliner khas Cimahi. Banyak beragam fasilitas yang ditawarkan di Alam Wisata Cimahi seperti outbond, jembatan gantung, ATV, flying fox, berkuda, dan masih masih banyak lagi.

4. All About Strawberry

Kamu penyuka buah stroberi? Jika iya, kamu harus nih mencoba berkunjung ke tempat wisata satu ini. All About Strawberry merupakan perkebunan stroberi luas yang berada di Jl. Cihanjuang kilometer 2,5 Cimahi Utara. Di kawasan ini, kamu bisa memanen buah stroberi dan membawanya pulang, setelah membayar tentunya. Selain itu, All About Strawberry juga menawarkan berbagai pernak-pernik lucu bertemakan stroberi. Menarik kan?

4 dari 5 halaman

Wisata Alam Semarang

Selain wisata budayanya, Semarang juga memiliki beragam wisata alam yang nggak kalah menarik. Di bawah ini beberapa destinasi wisata alam yang bisa menjadi rekomendasi liburan kamu. Yuk, gulir ke bawah untuk lebih lanjut.

1. Air Terjun Kali Pancur

      View this post on Instagram

Indahnya alam #semarang dan air terjun yang menjulang. Siapa nih yang sudah pernah ke sini? . Lokasi: Air Terjun Kalipancur, Getasan, Kab Semarang. Foto: @indahw__ - IF: @listyandl . #airterjunkalipancur #seputarsemarang

A post shared by Seputar Semarang (@seputarsemarang) on

Panorama alam yang cantik dengan suasana hijau yang asri akan menyambutmu saat menginjakkan kaki ke tempat wsiata satu ini. Air Terjun Kali Pancur memiliki tinggi sekitar 100 meter yang mengarah ke danau Rawa Pening. Kamu bisa mengunjungi air terjun cantik ini di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

2. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran sangat cocok bagi kamu yang hobi mendaki. Gunung ini memiliki tiga puncak yaitu Ungaran, Botak dan Gendol. Jika kamu nggak ingin mendaki sampai ke puncak, kamu bisa camping di area Kebun Teh Promasan atau Mawar Camp.

3. Hutan Pinus Kayon

      View this post on Instagram

Hutan Pinus Kayon , Semarang, Jawa Tengah ? Tag sahabatmu, ajak dia piknik???? ? Repost foto @diephaphuw #semarang #jatenggayeng #galerijogjajateng #hutanpinuskayon #pesonaindonesia #wonderfulindonesia

A post shared by galeri jogja jateng (@jogjajateng) on

Hutan pinus satu ini berada di sisi utara Gunung Merbabu, lebih tepatnya di Desa Batur, Kecamatan Gertasa, Kabupaten Semarang. Kamu bisa menikmati panorama cantik hutan pinus sekaligus udara yang menyejukkan. Kawasan ini juga bisa jadi spot foto yang instagenik, lho.

5 dari 5 halaman

Wisata Alam Malang

Terakhir, ada kota Malang. Memiliki udara yang sejuk dan panorama yang indah, Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Jika kamu berencana berlibur ke kota ini, berikut wisata alam yang bisa kamu kunjungi.

1. Pantai Balekambang

      View this post on Instagram

. vitamin Sea... . . ?????????? ???? from #kakakmbois @arrek_malang ????Loc. PANTAI BALEKAMBANG ????Jalan Balekambang, Srigonco, Bantur, Kab. Malang . ???? ???? MboisApp.com ???? ?????????? . . . #PantaiBalekambang #PantaiMalangSelatan #KabupatenMalang #TheHeartOfEastJava #mboisApp #indonesian #exploremalang #livefolkindonesia #exploreindonesia #batikindonesia #pesonaindonesia #visitindonesia #tourism #photooftheday #instagram #wonderfulindonesia #malangmbois #malangmboisdotcom #vacation #holiday #malangraya #MalangRaya2018 #longweekend

A post shared by Malang Mbois (@malang_mbois) on

Pantai Balekambang sering juga disebut dengan Tanah Lotnya Jawa Timur. Hal ini nggak lepas dari kesamaan Pantai Balekambang yang juga memiliki bangunan pura di atas pulau yang berada di tengah laut. Pantainya yang biru dan panoramanya yang indah juga menjadi daya tarik lainnya dari wisata alam satu ini.

2. Pantai Tiga Warna

Selain Pantai Balekambang, Malang juga memiliki pantai yang ngggak kalah menarik dan unik yaitu Pantai Tiga Warna. Disebut dengan tiga warna karena memang pantai ini memiliki pemandangan air laut yang seolah memiliki tiga warna yakni hijau, biru, dan bening. Hamparan tebing yang hijau di sekitar kawasan ini juga menambah keindahan Pantai Tiga Warna.

3. Kebun Teh Wonosari

      View this post on Instagram

Lebaran udah H-2 nih ker. Taun ini mudik gak? ???? . . Tag temen mu ???????? . Reposted from : @deavnra Lokasi : Bukit Kuneer Kebun Teh Wonosari . #amazingmalang #exploremalang #lingkarmalang #explorejatim #explorebatu #explorejawatimur #malangkipa #malangkipalop #malangmbois #malangkece #malangkeren #panoramamalang #pehmalang #yoikimalang #keluarbentar #malang #ayodolan #bukitkuneer #kebuntehwonosari #ayodolanmalang #ayodolanbatu #dolanmalang #wisatamalang #wonderfuljatim #wonderfulmalang #malangbeautiful #beautifulmalang

A post shared by Malang (@amazingmalang) on

Kawasan Kebun Teh Wonosari memang sangat cocok buat kamu yang ingin menyegarkan pikiran. Selain menikmati hamparan perkebunan teh yang menyegarkan mata, kamu juga bisa mencoba berbagai wahana yang ditawarkan tempat wisata ini. Dari flying fox, wall climbing hingga berkuda bisa kamu coba.

4. Air Terjun Sumber Pitu

Air terjun satu ini terbilang unik. Seperti namanya yaitu sumber pitu yang berarti tujuh sumber, air terjun ini memiliki tujuh sumber mata air. Dengan air terjun berjumlah tujuh ditambah dengan tumbuhan hijau disekelilingnya pasti bakal membuatmu betah berlama-lama di wisata alam ini.

Itulah beragam destinasi wisata alam yang bisa kamu coba saat berkunjung ke berbagai kota di atas. Ada nggak nih yang jadi favoritmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar