12 Tempat Wisata Lamongan yang Wajib Dikunjungi sekaligus Informasi tentang WBL dan WEGO

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 13 Februari 2020 22:50
12 Tempat Wisata Lamongan yang Wajib Dikunjungi sekaligus Informasi tentang WBL dan WEGO
Banyak wisata Lamongan yang sangat menarik dijadikan destinasi liburan. Berikut ini beragam tempat wisata Lamongan sekaligus infomasi lengkap tentang WBL dan WEGO.

Mendengar kata Lamongan, apa nih destinasi wisata yang terlintas di pikiranmu. Jika kamu menjawab Wisata Bahari Lamongan dan Goa Maharani itu memang benar. Memang, keduanya menjadi wisata populer di kabupaten ini.

Sebelum lebih jauh, Lamongan sendiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki beragam destinasi wisata yang pastinya seru dan menarik. Tak hanya WBL dan Goa Maharani saja, namun juga ada destinasi wisata lainnya yang patut untuk dikunjungi.

Untuk itu, melansir dari beragam sumber (13/02), berikut ini berbagai tempat wisata Lamongan yang wajib kamu kunjungi. Selain itu, juga sederet informasi tentang WBL dan WEGO. Nah, langsung saja kita simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Lamongan

Kabupaten Lamongan memang menyajikan wisata yang beraneka ragam. Mulai dari alam hingga wisata religi semua bisa kamu temui di kabupaten ini. Berikut ini sederet rekomendasi wisata Lamongan yang wajib kamu kunjungi. Cek yuk ada apa saja wisatanya!

1. Goa Maharani

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh MasRud (@rudimascokrodiningrat) pada

Goa Maharani ini menjadi salah satu wisata yang terkenal di Lamongan. Panorama stalagtit dan stalagmit yang dipadu dengan lampu aneka warna menjadikannya terlihat lebih indah. Kamu bisa menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit ini dengan panjang rute jalan sekitar 350 meter.

Akses ke dalam goa ini juga sangat mudah. Karena, bagian dalam goanya sudah dilengkapi dengan anak tangga. Fasilitas lainnya pun juga terbilang lengkap. Lokasi Goa Maharani beralamat di Jl. Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, jawa Timur.

2. Maharani Zoo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????????????????????????????????????? (@maharanizoo) pada

Masih berada satu kawasan dengan Goa Maharani, Maharani Zoo atau Kebun Binatang Maharani juga bisa sekalian kamu nikmati. Tak hanya kamu bisa menyaksikan berbagai jenis satawa, namun juga beragam fasilitas menarik yang ditawarkan.

Berbagai fasilitas menariknya antara lain bird show, taman satwa dimana kamu bisa berfoto dengan lebih dari 400 satwa, galeri satwa, bird park, galeri topeng satwa 3D, dan beragam fasilitas lainnya.

Biasanya, tiket masuk Kebun Binatang Maharani ini merupakan tiket terusan langsung dengan Goa Maharani. Untuk harga tiketnya, dibanderol dengan harga Rp. 52.500 pada hari Senin - Kamis dan Rp. 70.000 di hari Jumat - Minggu.

3. Indonesian Islamic Art Museum

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indonesia Islamic Art Museum (@islamic_artmuseum) pada

Museum ini tempat yang tepat buat kamu yang ingin lebih mengenal sejarah peradaban Islam di dunia. Indonesian Islamic Art Museum memiliki beragam koleksi tentang benda-benda bersejarah peninggalan dari kerajaan Islam dunia. Seperti diantaranya peninggalan dari kerajaan Mughal India, Samudera Pasai, Ottoman Turki, dan sebagainya.

Indonesian Islamic Art Museum sendiri terbagi menjadi tiga zona yang bisa kamu nikmati. Pertama, zona audio visual yang berisi tentang film pendek peadaban Islam di dunia. Selanjutnya, zona galeri peninggalan kerajaan Islam dunia. Yang terakhir, zona diorama yang didalamnya kamu bisa menjumpai miniatur tiga dimensi.

4. Pantai Kutang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh LAMONGAN TOURISM (@lamongantourism) pada

Pantai Kutang terletak di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Brengkok, Lamongan. Pantai Kutang bisa jadi destinasi wisata yang sangat menarik. Tak hanya menawarkan panorama pantai dengan pasir putihnya, di sini kamu juga bisa menikmati hutan mangrove yang terletak tak jauh dari pantai. Di sini, juga terdapat ayunan pepohonan yang bisa kamu buat sejenak bersantai atau juga bisa jadi spot foto yang kece.

5. Monumen Van Der Wijck

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh LAMONGAN TOURISM (@lamongantourism) pada

Pasti sebagaian dari kita pernah mendengar atau bahkan menonton film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ya. Di Lamongan, ada sebuah monumen yang didirikan untuk memperingati tenggelamnya kapal ini. Monumen ini sendiri dibuat pada masa pemerintahan Hindia-Belanda. Menarik, ya. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi Monumen Van Der Wijck di Jl. Tuban-Gresik, Sedayulawas, Lamongan.

6. Plengsengan Pantai Penanjan

Buat kamu penyuka panorama sunset, Lamongan memiliki sederet spot menarik untuk menikmati fenomema alam ini. Salah satunya Plengsengan Pantai Penanjan. Plengsengan Pantai Penanjan sendiri terletak di bibir pantai Desa Penanjan. Pemandangan matahari terbenam dari plengsengan ini sangat memanjakan mata. Tertarik berkunjung ke sana?

7. Gunung Pegat

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh LAMONGAN TOURISM (@lamongantourism) pada

Wisata Lamongan selanjutnya yang tak kalah menarik yakni Gunung Pegat. Meski bernama gunung, Gunung Pegat sebenarnya adalah perbukitan kapur yang memanjang dan dipisahkan oleh jalan lintas Lamongan-Jombang.

Selain menawarkan panorama yang indah, wisata Lamongan ini juga menyimpan mitos tentang percintaan lho. Kabarnya, jika sepasang kekasih melewati gunung ini, kemungkinan hubungan meraka enggak akan bertahan lama.

8. Alun-Alun Kota Lamongan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh LAMONGAN FRIENDS???? (@lamonganfriends) pada

Buat kamu yang mencari tempat wisata yang murah meriah di Lamongan, kamu bisa nih mengunjungi alun-alun kotanya. Alun-Alun Lamongan sendiri terletak di Jl. Lamongrejo, Tumenggungan. Seperti kebanyakan alun-alun lainnya, kamu juga bisa menjumpai taman dan beragam wahana permainan di sekitarnya. Tempat ini sangat cocok juga sebagai tempat bersantai atau sekedar menghabiskan hari.

9. Tlogo Sadang

      Lihat postingan ini di Instagram    

Ada yang tau ini dimana? Bukit jaddih? Eitts salah???? Ini adalah Tlogo Sadang, yang terletak di Paciran, Lamongan #ayodolan kesini, tag dan ajak teman kamu main kesini. Untuk kesini masih gratiss loh. Tetap berhati-hati dan jaga kebersihan ya???? Foto dolan dari @bendottetapsemangat #ayodolanlamongan #tlogosadang #lamongan

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Tlogo Sadang dulunya merupakan tambang galian batu kapur yang sekarang berubah menjadi destinasi wisata menarik. Di sini, kamu bisa menyaksikan tebing batuan kapur yang dipadu dengan kolam berwarna hijau. Sekilas mirip dengan Bukit Jaddih yang ada di Madura ya. Kamu bisa mengunjungi wisata Lamongan ini di Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan.

10. Makam Sunan Drajat

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh LAMONGAN TOURISM (@lamongantourism) pada

Bagi kamu pemeluk agama Islam, mungkin enggak asing lagi ya dengan Sunan Drajat. Sunan Drajat merupakan salah satu dari wali songo yang berjasa menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Nah, saat ke Lamongan kamu bisa mengunjungi makam beliau.

Lokasi makam Sunan Drajat sendiri terletak di daerah Drajat Paciran, Kabupaten Lamongan. Daerah ini berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Lamongan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kamu bisa berziarah ke makam Sunan Drajat dari jam 8 pagi hingga 6 sore.

2 dari 4 halaman

Wisata WBL Lamongan

Wisata Bahari Lamongan © Diadona

Berbicara tentang wisata terkenal di Lamongan, pasti banyak dari kita akan menyebut WBL salah satunya. Memang, WBL atau Wisata Bahari Lamongan menjadi salah satu wisata populer di kabupaten ini. WBL sendiri terletak di Jl. Raya Paciran, Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Objek wisata WBL ini juga masih berada satu kawasan dengan Goa Maharani dan Maharani Zoo. Wisata Bahari Lamongan menawarkan berbagai fasilitas seru seperti rotary coaster, rumah sakit hantu, anjungan wali songo, waterboom, dan masih banyak lagi fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati lainnya.

Wisata Lamongan yang populer satu ini buka setiap harinya dari jam 08.30 - 16.30 WIB. Untuk menikmati wisata ini kamu perlu menyiapkan dana Rp. 70 ribu di hari Senin - Kamis dan Rp. 100 ribu di hari Jumat - Minggu.

 

3 dari 4 halaman

Wisata Bahari Lamongan 2019

      Lihat postingan ini di Instagram    

Fasilitas BAYAR Banana Boat di Wisata Bahari Lamongan Selengkapnya www.wisatabaharilamongan.com #wbl #wisata #bahari #travel #kunjungan #hotel #lamongan #tempatwisata #sotolamongan #obyekwisata #tanjungkodok #wahanapermainan #jatimpark #kota #laut #pantai #wisatapantai

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wisata Bahari Lamongan (@wisatabaharilamongan) pada

Sebelumnya kita sudah membahas ya sekilas tentang Wisata Bahari Lamongan. Nah, kali ini kita bahas yuk beragam permainan seru yang bisa kamu nikmati di WBL. Ada lebih dari 20 permainan yang ditawarkan Wisata Bahari Lamongan. Wahana permainan ini dibagi menjadi dua yakni gratis dan berbayar.

Beberapa wahana gratis yang bisa kamu nikmati di WBL yakni samba jet, playground pasir pantai, goa insectarium, permainan air, sarang bajak laut, galeri kapal dan kerang, rumah kucing, rodeo, bioskop 3D, paus dangdut, drop zone, istana boneka, crazy car, ranger, dan beragam permainan seru lainnya.

Untuk wahana permainan berbayarnya, ada 10 permainan yang ditawarkan yaitu flying fox, ATV, sepeda air, banana boat, king donut boat, long boat, aqua shuttle boat, waterball, gokart, dan area panahan. Harga setiap permainannya sendiri berbeda-beda mulai dari Rp. 5 ribu - Rp. 225 ribu.

Bila kamu ingin berkunjung ke WBL, namun enggak ingin terlalu ramai kamu bisa menghindari berkunjung saat musim liburan WBL. Untuk mengetahui kapan saja musim liburan WBL, langsung saja kamu bisa mengecek jadwalnya di website resmi mereka.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket Masuk Wisata Wego Lamongan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Islanda Chesaria Putri ???? (@putriislanda) pada

Wisata WEGO Lamongan merupakan salah satu destinasi menarik yang berkonsep ekowisata. WEGO sendiri adalah singkatan dari Wisata Edukasi Gondang Outbound. Dengan luas sekitar 23 hektar, wisata Lamongan ini menawarkan beragam fasilitas menarik di dalamnya. Seperti diantaranya outbound, kolam renang bergaya Eropa, dan juga bumi perkemahan.

Selain itu, banyak spot menarik yang menjadi daya tarik dari WEGO. Salah satunya pulau berbentuk love dengan jembatan cintanya. Di dalam pulaunya, kamu bisa menjumpai rumah pohon dan taman yang indah. Ada juga pesawat tak terpakai yang disulap menjadi salah satu wahana edukasi bagi anak.

Lokasi WEGO Lamongan berada di Jl. Raya Waduk Gondang Juwet, Deketagung, Sugio, Kabupaten Lamongan. Harga tiket masuk wisata Lamongan ini yakni Rp. 25 ribu per orangnya di hari biasa maupun hari libur.

Begitulah beragam wisata Lamongan termasuk WBL dan WEGO. Lumayan menarik ya semuanya. Jadi, kapan nih kamu berkunjung ke Lamongan?

Beri Komentar