12 Tempat Wisata Gresik Jawa Timur yang Terkenal dan Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 20 Februari 2020 22:50
12 Tempat Wisata Gresik Jawa Timur yang Terkenal dan Terbaru
Sebelum berwisata ke Gresik, cek dulu rekomendasi wisatanya yang terbaru dan terkenal di sini ya!

Mendengar nama gresik sebagian dari kita langsung terlintas dengan industri semennya ya. Semen Gresik memang sangat terkenal kok. Tapi, potensi Gresik enggak hanya semen saja lho, pariwisatanya juga sangat menarik buat dilirik. Banyak destinasi wisata ciamik yang bisa kamu explore di Kota Santri ini seperti hutan mangrove, pantai, hingga air terjun.

Nah, buat kamu yang ingin berlibur ke kota ini, simak dulu yuk sederet tempat wisata Gresik terbaru dan terkenal yang dilansir dari berbagai sumber (20/02) di bawah ini. Banyak destinasi wisatanya yang instagramable juga lho. Yuk, langsung gulir ke bawah!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Gresik

Di Kota Gresik, cukup banyak nih tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Panorama yang ditawarkan juga sangat ciamik. Seperti beberapa tempat wisata berikut ini.

1. Pulau Gili Noko

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mampir Gresik Official (@mampirgresik) pada

Pulau Gili Noko ini memiliki panorama yang menawan. Pantai yang landai dengan hamparan pasir putih dan laut yang biru akan memanjakan matamu saat berkunjung ke wisata Gresik satu ini.

Tak hanya kamu bisa menikmati keindahan panorama pantainya saja, namun juga bawah launtnya. Bawah laut Pulau Gili Noko juga sangat menarik lho sebagai spot snorkeling. Nah, kamu bis membuktikannya sendiri di Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik.

2. Bukit Jamur

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mampir Gresik Official (@mampirgresik) pada

Meski bernama bukit jamur, bukan hamparan jamur yang akan kamu temui ya. Melainkan bukit batu yang memiliki bentuk menyerupai jamur. Salah satu wisata Gresik ini terbentuk secara alami karena adanya gesekan angin yang terus menerus. Tempat ini tentunya sangat menarik sebagai spot foto. Bukit Jamur sendiri terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

3. Telaga Ngipik

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh GRESIK APIK ???? ~ East Java (@gresikapik) pada

Dulunya, Telaga Ngipik ini merupakan tempat penampungan air yang digunakan untuk kebutuhan industri di sekitarnya. Namun, saat ini Telaga Ngipik telah beralih fungsi sebagai destinasi wisata. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya telaga dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Lokasi salah satu wisata Gresik ini juga cukup terjangkau yakni sekitar 1,5 km dari Alun-Alun Kota Gresik.

2 dari 4 halaman

Wisata Kota Gresik

Jika kamu belum puas dengan sederet wisata di atas, kamu bisa juga nih menjadikan beragam wisata di bawah ini sebagai opsi. Yuk, cek selengkapnya di bawah ya.

1. Bukit Larangan Panceng

      Lihat postingan ini di Instagram    

Hayo...siapa nih yang pas liburan pernah ngecamp di Bukit Larangan, Panceng, Kabupaten Gresik ini gaes? Viewnya yang mempesona bakal bikin kalian betah berada di atas bukit yang satu ini gaes. Foto : @dyniefadillah #gresiktourism #gresik #kabupatengresik #gresikpunya #bukitlarangan #bukitlaranganpanceng #bukitlarangangresik #exploregresik #wisata #wisatagresik #travelinggresik #traveler #destinasiwisata #wisataalam #pariwisata #camping #ngecamp #bukit

Sebuah kiriman dibagikan oleh GRESIK TOURISM (@gresiktourism) pada

Bukit Larangan Panceng menyuguhkan panorama indah dari ketinggian. Bukit ini terletak di Desa Prupuh, Kecamatan Panceng, Gresik. Kawasan sekitar Bukit Larangan Panceng juga terbilang asri dan alami dengan hutannya yang masih lebat. Kamu juga bisa lho berkemah dan menghabiskan waktu lebih lama di wisata Gresik satu ini. Karena memang kawasan Bukit Larangan Panceng sering juga dijadikan spot camping oleh wisatawan.

2. Bukit Gosari

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh THIS IS EAST JAVA (@thisiseastjava) pada

Masih tentang wisata bukit, namun kali ini jenis bukit yang berbeda. Dulunya Bukit Gosari merupakan area pertambangan kapur yang sekarang beralih fungsi menjadi tempat wisata. Pertambangan kapur ini meninggalkan tebing-tebing dengan pahatan yang indah. Untuk memasukinya, kamu juga enggak perlu mengeluarkan biaya. Sama seperti namanya, kamu bisa menyaksikan keindahan Bukit Gosari di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

3. Dynaty Water World

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh GRESIK TOURISM (@gresiktourism) pada

Destinasi wisata selanjutnya yang juga menyuguhkan hal seru di Gresik yakni Dynaty Water World. Banyak fasilitas permainan air yang bisa kamu nikmati. Seperti lazy river, raft slide, mandi busa, dan lainnya. Menariknya lagi, Dynaty Water World memiliki berbagai macam pilihan kolam yang bisa kamu pilih.

Salah satu kolam yang menarik yakni dynasty jacuzzi. Kolam ini mengusung konsep unik zaman romawi kuno. Jika kamu ingin merasakan keseruan beragam permainan air dan kolam renangnya secara langsung kamu bisa menuju Jalan Rantau 1 No. 27-29, Manyar, Gresik.

3 dari 4 halaman

Wisata Gresik Lamongan

Saat berwisata di Gresik, kamu juga bisa lho sekalian mampir ke Lamongan. Gresik sendiri berbatasan langsung dengan kabupaten yang terkenal dengan jajanan wingkonya ini di sebelah barat. Nah, berikut ini destinasi wisata keduanya.

1. Mangrove Ujungpangkah

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh GRESIK TOURISM (@gresiktourism) pada

Mangrove Ujungpangkah bisa menjadi sarana rekreasi sekaligus edukasi tentang tumbuhan mangrove. Selain kamu bisa menikmati hijaunya hutan mangrove, di wisata Gresik ini kamu juga bisa mendapat pengetahuan menegenai cara menanam mangrove yang baik.

Di kawasan ini juga tersedia jembatan kayu yang bisa kamu gunakan untuk menyusuri area hutan mangrove. Lokasi Mangrove Ujungpangkah sendiri terletak di Desa Banyuurip dan Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

2. Tlogo Sadang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???? jawa timur (@spot_photos_jatim) pada

Tlogo Sadang dulunya merupakan tambang galian batu kapur yang sekarang menjelma jadi destinasi wisata menarik. Di sini, kamu bisa menyaksikan tebing batuan kapur yang dipadu dengan kolam berwarna hijau. Sekilas mirip ya dengan Bukit Jaddih yang ada di Madura. Kamu bisa mengunjungi destinasi wisata ini di Desa Bluri, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan.

3. Alun-Alun Kota Lamongan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ALUN-ALUN LAMONGAN OFFICIAL (@alun_alun_lamongan_official) pada

Alun-Alun Lamongan bisa jadi alternatif menarik buat kamu yang mencari tempat wisata yang murah meriah di Lamongan. Alun-Alun Lamongan sendiri terletak di Jl. Lamongrejo, Tumenggungan. Seperti kebanyakan alun-alun lainnya, kamu juga bisa menjumpai taman dan beragam wahana permainan di sekitarnya. Tempat ini sangat cocok juga sebagai tempat bersantai atau sekedar menghabiskan hari.

4 dari 4 halaman

Wisata Gresik Jawa Timur

Eits, belum cukup sampai di situ saja. Gresik masih memiliki beragam destinasi wisata seru yang bisa kamu kunjungi. Yuk, langsung gulir ke bawah ya. 

1. Pantai Dalegan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh GRESIK TOURISM (@gresiktourism) pada

Pantai Dalegan ini salah satu pantai dengan panorama cantik yang ada di Gresik. Sama seperti namanya, Pantai Dalegan berada di Desa Dalegan, Kecamatan Panceng, Gresik. Di wisata Gresik ini kamu bisa mneyaksikan panorama indah hamparan pasir putih dan lautnya yang biru. Tempatnya yang instagramable bisa jadi spot foto yang keren buatmu.

2. Bukit Sekapuk

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Langkah Sang Penjelajah (@langkahpenjelajah) pada

Bukit Sekapuk yang instagramable ini dulunya adalah area pertambangan kapur. Pahatan yang dihasilkan aktivitas pertambangan itu membuat bukit ini memiliki panorama yang unik. Termasuk juga adanya pilar-pilar yang seakan seperti bangunan bergaya masa Yunani kuno. Menarik banget, ya. Kamu bisa menjelajahi Bukit Sekapuk ini di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

 

3. Pulau Bawean

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh JEJAKLANGKAH_ADVENTOUR (@jejaklangkah_adventour) pada

Pulau Bawean ini juga enggak kalah menghadirkan wisata yang menarik. Malah, pulau ini memiliki banyak spot wisata yang bisa kamu nikmati seperti Pantai Pulau Cina, penangkaran rusa, Danau Katsoba, Air Terjun Laccar, dan Pantai Gili. Nah, kamu bisa berwisata ke banyak tempat sekaligus dalam satu pulau. Selain itu, rata-rata pantai di Pulau Bawean juga memiliki pasir putih yang cantik.

Menarik banget kan berbagai wisata Gresik yang terkenal di atas. Bagaimana, siap berlibur ke Gresik?

Beri Komentar