10 Wisata Halal Indonesia yang Berhasil Curi Perhatian Dunia

Reporter : Nasa
Kamis, 18 Maret 2021 13:29
10 Wisata Halal Indonesia yang Berhasil Curi Perhatian Dunia
Deretan wisata halal Indonesia ini memang bikin bangga!

Wisata halal Indonesia belakangan berhasil mencuri perhatian dunia dengan daya tariknya yang tak kalah menawan dibanding wisata konvensional. Populasi penduduk muslim dunia yang meningkat juga memberi pengaruh besar terhadap peningkatan tren wisata halal di Indonesia.

Menurut info dari laman Liputan6, Kamis (18/3/2021), Indonesia sendiri pernah meraih peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) pada tahun 2019 silam. Indonesia disebut memiliki aspek lengkap dalam memenuhi beragam kriteria wisata halal.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengembangkan sejumlah fasilitas utama untuk mengembangkan wisata halal. Alhasil, Indonesia berhasil unggul dibanding dengan negara lain. Seperti halnya Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Bahrain, Oman, hingga Brunei Darussalam.

Bersama dengan Malaysia, Indonesia menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia loh. Nah ini dia deretan wisata halal Indonesia yang sudah dirangkum dari berabagai sumber :

1 dari 2 halaman

Wisata Halal Indonesia

Sebagai negara dengan populasi umat muslim paling besar di dunia, membuat Indonesia jadi pusat wisata halal paling tepat. Beragam insfrastruktur dan juga fasilitas berbasis halal menjadi landasan utama wisata halal Indonesia tersebut.

1. Kepulauan Riau

Wisata Halal Indonesia - Kepulauan Riau © Diadona

Sejak menjadi bagian dari 10 daerah terbaik wisata halal di Indonesia, Kepulauan Riau terus menelurkan beraham kebijakan untuk terus berkembang. Salah satunya adalah pengembangan program yang menyasar turis dari Malaysia dan juga Singapura.

2. Sumatera Barat

Wisata Halal Indonesia - Sumatera Barat © Diadona

Meski sempat menimbulkan kontroverssi, perkembangan wisata halal Sumatera Barat tetap terus digalakkan. Penerapan wisata halal di Sumatera Barat diyakini mampu menarik perhatian para wisatawab muslim maupun wisatawan mancanegara secara umum.

3. DKI Jakarta

Wisata Halal Indonesia - DKI Jakarta © Diadona

Sebagai pusat segala kegiatan administrasi dan juga ekonomi Indonesia, DKI Jakarta disebut sudah memiliki beragam fasilitas mumpuni untuk mewujudkan wisata halal. Seperti yang kamu tahu, Jakarta sendiri juga memiliki beragam penawaran wisata religi yang sayang untuk dilewatkan.

4. Jawa Barat

Wisata Halal Indonesia -  Jawa Barat © Diadona

Kemudian ada Provinsi Jawa Barat yang juga terus mengembangkan potensi wisata halal di daerahnya. Jawa Barat diprediksi menjadi salah satu kawasan strategis terkait dengan pengembangan potensi wisata halal.

5. Jawa Tengah

Wisata Halal Indonesia - Jawa Tengah © Diadona

Wisata halal Indonesia yang berikutnya adalah Provinsi Jawa Tengah yang menghadirkan deretan wisata halal menarik. Tak hanya dari sisi kuliner, Jawa Tengah juga memenuhi sejumlah aspek dalam prospek pengembangan wisata halal di Indonesia.

6. Yogyakarta

Wisata Halal Indonesia - Yogyakarta © Diadona

Yogyakarta atau Jogja juga didapuk sebagai salah satu kawasan wisata halal di Indonesia loh. Sebagai salah satu destinasi yang paling diincar oleh para wisatawan domestik maupun mancangera. Kawasan Yogyakarta sendiri disebut menjadi kawasan yang tepat bagi para pecinta wisata halal.

7. Jawa Timur (Malang Raya)

Wisata Halal Indonesia - Jawa Timur (Malang Raya) © Diadona

Daerah Malang Raya, Jawa Timur, juga diyakini memiliki potensi besar terkait dengan pengembangan wisata halal loh. Kawasan seperti Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu disebut memiliki potensi mumpuni untuk menyokong kemajuan wisata halal di Indonesia.

8. Lombok

Wisata Halal Indonesia - Lombok © Diadona

Lombok digadang-gadang menjadi destinasi wisata halal terbaik di dunia. Menurut info dari laman iNews.id, Kamis (18/23/2021) ditetapkannya Lombok sebagai wisata halal terbaik di dunia adalah berdasar pada Global Muslim Travel Index (GMTI) tahun 2019.

9. Sulawesi Selatan

Wisata Halal Indonesia - Sulawesi Selatan © Diadona

Kemudian ada Sulawesi Selatan yang juga masuk dalam jajaran potensi terbaik wisata halal Indonesia. Selawesi Selatan jadi salah satu kawasan wisata halal paling berpotensi di kawasan Indonesia Timur yang masih terus dimaksimalkan.

10. Aceh

Wisata Halal Indonesia - Aceh © Diadona

Nangroe Aceh Darussalam (NAD) atau Aceh menjadi satu-satunya daerah di Indonesia yang menerapkan syariat Islam di seluruh aspek kehidupan masyarakatnya. Tak heran jika Aceh jadi salah satu daerah yang cukup mumpuni dalam hal potensi wisata halal.

2 dari 2 halaman

Wisata Halal Dunia

Wisata Halal Indonesia - Turki © Diadona

Tren wisata halal dunia terus berkembang ke arah positif. Meski awalnya konsep wisata halal memang didedikasikan pada para wisatawan muslim, namun perkembangannya justru semakin meluas.

Kebutuhan wisata halal yang mengedepankan beragam aspek ternyata cenderung memberikan kenyamanan bagi para pelancong pada umumnya. Aspek tersebut misalnya terkait dengan ketersediaan makanan halal, hotel syariah, sejarah keagamaan, lingkungan sosial, dan sebagainya.

Sejauh ini, cukup banyak negara yang menyuguhkan fasilitas wisata halal yang cukup populer. Seperti halnya Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Bahrain, Oman, hingga Brunei Darussalam. Namun Indonesia dan Malaysia dianggap menjadi negara yang memiliki potensi paling besar dalam hal ini.

Nah itu dia ulasan tentang Wisata Halal yang terdiri dari Wisata Halal Indonesia dan Wisata Halal Dunia. Nah buat kamu yang ingin berwisata halal, jangan ragu untuk segera mengunjungi 10 daerah di Indonesia tersebut ya. Enjoy your trip Diazens!

Beri Komentar